Self Lifehacks

Memahami Diri Secara Otentik

Nabila Gasani

@nabilagasani

Praktisi Hipnoterapi dan Human Design Reader

Human design merupakan metode alternatif yang dapat membantu kita untuk mengenali diri, metode ini menyajikan peta diri kita meliputi cara kerja tubuh secara energi, potensi diri, peran, tujuan hidup, cara pengambilan keputusan, serta strategi yang tepat untuk masing-masing individu. Setiap orang lahir dengan rancangan diri masing-masing dan tentu saja berbeda-beda. Human design adalah salah satu jenis tes kepribadian yang bersifat natural, jadi kita bisa memahami blueprint kita sebagai manusia. Kepribadian manusia sebenarnya terbentuk dari dua sisi yaitu nature (alami) dan nurture (lingkungan atau pola asuh). Berbeda dengan jenis tes kepribadian yang berbentuk isian singkat atau kuis, hasilnya bisa saja berubah, sedangkan hasil yang ditampilkan oleh chart human design akan selalu sama. 

Human design merupakan metode alternatif yang dapat membantu kita untuk mengenali diri, metode ini menyajikan peta diri kita meliputi cara kerja tubuh secara energi, potensi diri, peran, tujuan hidup, cara pengambilan keputusan, serta strategi yang tepat untuk masing-masing individu.

Untuk mendapatkan chart human design sebenarnya kita bisa input sendiri data yang diperlukan meliputi tanggal lahir, jam lahir yang presisi termasuk jam dan menitnya, serta kota kelahiran ke website human design yang bisa kita cari di search engine. Ketika sudah mendapatkan chart human design, sebenarnya kamu juga bisa mencoba mencari penjelasannya di internet, tetapi memang akan lebih komprehensif jika dibacakan oleh human design reader. 

Perkenalan saya dengan human design berawal dari informasi yang saya dapat dari coach hipnoterapi saya. Latar belakang saya sebagai seorang praktisi hipnoterapi membuat saya akhirnya juga tertarik untuk juga mendalami ilmu mengenai human design. Akhirnya sejak tahun 2017, saya mengikuti beberapa kelas human design untuk mempelajarinya lebih dalam. Chart human design bisa menggambarkan bagaimana sistem mekanik tubuh kita. 

Ketika kita lahir di dunia ternyata tubuh manusia terpengaruh oleh energi yang ada di sekelilingnya. Energi atau medan energi yang ada di sekitar kita ini lah yang memengaruhi bagaimana diri kita beroperasi sebagai manusia. Ketika kita paham bagaimana diri kita beroperasi kita bisa lebih nyaman dalam menerima diri dan akhirnya dapat mengoptimalkan apa yang kita miliki. Pada dasarnya pengaplikasian ilmu human design sangat luas, mulai dari pengembangan diri, meningkatkan hubungan dengan pasangan, parenting, hingga bisnis.

Ketika kita paham bagaimana diri kita beroperasi kita bisa lebih nyaman dalam menerima diri dan akhirnya dapat mengoptimalkan apa yang kita miliki. Pada dasarnya pengaplikasian ilmu human design sangat luas, mulai dari pengembangan diri, meningkatkan hubungan dengan pasangan, parenting, hingga bisnis.

Mungkin dalam keseharian kita sering mendengar istilah bahwa dalam mengambil keputusan kita harus logis. Ternyata dalam human design cara pengambilan keputusan setiap orang berbeda-beda. Ada yang menunggu sampai emosi stabil, mengikuti respons dari sacral center (gut feeling), serta intuisi dan beberapa cara kerja inner authority lainnya. Ada lima tipe dalam human design yaitu manifestor, generator, manifesting generator, projector, dan reflector. Populasi paling banyak adalah generator, sebanyak 35% dari populasi dunia adalah seorang generator

Peran seorang generator adalah untuk membangun peradaban, untuk bekerja dan menjadi penggerak di dunia. Seorang generator punya banyak energi di dalam dirinya, tetapi ia perlu mengerjakan hal yang ia sukai untuk bisa bekerja dengan optimal. Jika seorang generator merasa mudah lelah dan energinya dengan mudah terkuras mungkin ini bisa jadi pertanda bahwa ia sedang memaksakan diri untuk mengerjakan hal yang tidak disukai. Contoh lainnya, tipe manifestor. Pada dasarnya manifestor adalah satu-satunya tipe yang dapat memanifestasikan keinginannya dengan cepat. Strategi yang dapat dilakukan oleh seorang manifestor adalah dengan menginformasikan pihak yang terdampak akan keputusan yang diambil. Sehingga tidak akan muncul resistensi dari lingkungan sekitar karena merasa tidak dilibatkan oleh seorang manifestor

Setiap manusia memiliki pusat energi yang memegang otoritas dalam mengambil keputusan, bagian ini disebut juga dengan inner authority. Salah satu tipe inner authority adalah solar plexus sebagai pusat kesadaran emosi. Jika bagian ini adalah inner authority kamu, maka kamu adalah tipe individu yang perlu menunggu gelombang emosimu stabil kembali sebelum mengambil keputusan. Kamu akan mengalami gelombang emosi naik turun terlebih dahulu sampai kamu bisa mendapat kejernihan dalam dirimu. Maka dari itu disarankan untuk tidak mengambil keputusan secara impulsif atau tergesa-gesa. Coba pahami dahulu emosimu dan tunggu beberapa hari hingga emosimu kembali stabil, barulah kamu siap ambil keputusan. 

Jadi, tujuan memahami human design adalah agar kita bisa menjadi diri kita yang otentik apa adanya. Bukan lagi menjadi seperti orang lain, karena ketika kita berusaha menjadi orang lain, akhirnya tentu tidak akan nyaman. Ketika kita sudah tahu dan nyaman dengan diri kita, akhirnya hidup bisa berjalan lebih mengalir karena kita tidak memberikan resistensi lagi terhadap kehidupan melainkan mengikuti aliran kehidupan. Saat kita bisa menerima diri kita apa adanya, kita bisa menyadari bagian dalam diri kita yang belum optimal, dan bekerja sama dengan diri kita agar bisa menjadi versi terbaik dari diri dan menjalani kehidupan dengan utuh dan bahagia.

Saat kita bisa menerima diri kita apa adanya, kita bisa menyadari bagian dalam diri kita yang belum optimal, dan bekerja sama dengan diri kita agar bisa menjadi versi terbaik dari diri dan menjalani kehidupan dengan utuh dan bahagia.

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024