Self Lifehacks

Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia. Aku sendiri sudah mulai memasuki industri musik khususnya di musik RnB sejak sekitar tahun 2019. Awalnya aku mulai memasuki dunia musik melalui cover lagu di media sosial, sampai akhirnya aku berkenalan dengan beberapa musisi Indonesia yang kemudian membuka peluang baru bagiku untuk lebih banyak tampil di berbagai panggung musik.

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

Kesempatan untuk bisa bergabung dengan label musik juga hal yang tentu saja menjadi pengalaman menarik untukku. Dari awal aku sudah mengungkapkan bahwa aku ingin menulis semua laguku sendiri. Syukurnya aku tetap diberikan kebebasan dalam mengekspresikan diri melalui proses kreatif saat menulis musik. Dengan segala perkembangan dan perubahan yang terjadi aku merasa kini tidak bisa hanya menjadi seorang penyanyi saja, tetapi kita juga harus menjadi content creator dan tokoh publik di saat yang bersamaan.

Jika berkaca dengan pengalaman lima tahun lalu, tentu saja sudah banyak sekali perubahan baik yang terjadi. Aku melihat sendiri bagaimana saat ini publik sudah mulai terbuka dan bersedia mencari tau berbagai genre musik dari nama-nama baru yang muncul di industri musik tanah air saat ini. Perubahan ini pula yang kemudian membuatku memberanikan diri untuk merilis lagu yang sudah sempat lama tersimpan.

Lagu “come ‘n find me” sebenarnya sudah sejak lama ingin aku perdengarkan ke publik, namun anggapan bahwa lagu ballad masih menjadi genre yang aman bagi para musisi untuk mendapatkan hati publik membuatku sempat ragu untuk menulis lagu ini. Dengan adanya banyak referensi musik baru di TikTok, aku merasa ini adalah saat yang tepat untuk merilis lagu “come ‘n find me” dengan sentuhan nuansa afrobeat ke para pendengar di Indonesia.

Sesuai dengan nuansa musik di lagu ini, tidak banyak hal yang ingin aku ceritakan melalui lirik. Lagu ini pada dasarnya hadir sebagai energi boost bagi teman-teman khususnya perempuan yang nantinya akan mendengarkan lagu ini. Aku merasa, sebagai perempuan tidak ada salahnya untuk merayakan diri kita sendiri, bersenang-senang dengan hidup yang sedang kita jalani hari ini. Semoga lagu ini bisa menambah kepercayaan diri serta kebahagiaan bagi siapapun yang mendengarkan.

Aku merasa, sebagai perempuan tidak ada salahnya untuk merayakan diri kita sendiri, bersenang-senang dengan hidup yang sedang kita jalani hari ini.

Keragaman di industri musik Indonesia, khususnya dalam hal genre menurutku adalah sebuah tren positif yang aku rasa perlu dijaga. Dengan perkembangan dan kesediaan pendengar musik Indonesia untuk mencari tau lebih lanjut tentang musisi baru dengan berbagai genre yang berbeda aku harap bisa membuat lebih banyak orang dapat berkarya dengan lebih leluasa tanpa harus khawatir bahwa karyanya sulit diterima oleh publik.

Related Articles

Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024
Card image
Self
Pendewasaan dalam Hubungan

Pendewasaan diri tidak hadir begitu saja seiring usia, melainkan hasil dari pengalaman dan kesediaan untuk belajar menjadi lebih baik. Hal yang sama juga berlaku saat membangun hubungan bersama pasangan.

By Melisa Putri
06 April 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan

By Greatmind
31 March 2024