Self Lifehacks

Keputusan dan Pengalaman

Pertama kali aku bersinggungan dengan dunia musik sebenarnya sudah terjadi sejak masih duduk di bangku SD. Seperti anak SD pada umumnya aku juga ikut ekstrakulikulier di sekolah, kemudian guruku menyarankan untuk ikut lomba bernyanyi karena beliau melihat sepertinya aku punya potensi di dunia musik yang bisa dikembangkan. Jadi, sejak SD aku sudah sering ikut lomba di Bali.

Lalu saat SMP Mama menyarankan ikut ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi, akhirnya aku pun ikut audisi dan ternyata beruntungnya aku lanjut terus ke tahap selanjutnya di Jakarta hingga akhirnya masuk enam besar.

Setelah lulus dari ajang pencarian bakat, aku juga melanjutkan sekolah di Bali sembari juga masih aktif bernyanyi di media sosial. Hingga akhirnya tahun 2020 aku merilis lagu yang aku produksi sendiri di YouTube, ternyata respon teman-teman sangat positif dan akhirnya aku bergabung dengan salah satu label  musik. Tawaran ini sebenarnya sempat membuat aku ragu tapi setelah bertanya dan meminta masukan pada orang tua dan juga teman-teman dekat akhirnya aku mengambil kesempatan ini untuk bisa lebih berkembang di dunia musik.

Menurutku sangat wajar kalau kita merasa kesulitan dalam mengambil sebuah keputusan, apalagi kalau hal ini berhubungan erat dengan perjalanan hidup kita di masa mendatang. Aku rasa berbicara dengan orang-orang terdekat bisa sangat membantu kita dalam mengambil keputusan. Kita juga harus paham nilai diri yang kita miliki.

Kesempatan besar tidak datang dua kali, terkadang kita harus nekat untuk bisa berani memulai dan mengambil keputusan.

Baru-baru ini akhirnya aku juga merilis lagu baru berjudul “Hilang Tanpa Bilang”, lagu ini juga sekaligus menjadi lagu pertama yang aku rilis setelah bergabung dengan label musik. Bercerita tentang perasaan dan sudut pandang seorang perempuan yang mengalami ghosting. Cerita dalam lagu ini terasa sangat dekat untukku pribadi, karena saat proses rekaman dilakukan aku baru saja mengalami situasi yang kurang lebih serupa.

Saat bertemu dengan seseorang yang sudah membuat kita nyaman, lalu hilang tiba-tiba, tentu ada perasaan yang tak bisa dijelaskan dengan kata-kata di dalam kepala kita. Bahkan mungkin kita mulai beranda-andai bagaimana kalau kita harus bertemu dengan orang tersebut.

Perasaan memang sering kali menjadi hal yang sulit untuk dikendalikan, tapi ada baiknya untuk tidak berekspektasi berlebihan pada seseorang. Agar ketika realita yang terjadi tidak sesuai harapan kita tidak akan merasa sesakit itu. Saat mengalami momen ditinggal seseorang yang kita sayang tanpa bilang, mungkin kita perlu ambil waktu untuk diri kita sendiri. Entah itu menangis sendirian di kamar, mendengarkan lagu, atau malakukan hal-hal yang membuat diri kita sedikit lebih tenang.

Perasaan memang sering kali menjadi hal yang sulit untuk dikendalikan, tapi ada baiknya untuk tidak berekspektasi berlebihan pada seseorang. Agar ketika realita yang terjadi tidak sesuai harapan kita tidak akan merasa sesakit itu.

Aku berharap teman-teman yang akan mendengarkan lagu “Hilang Tanpa Bilang” bisa menikmati lagunya. Ke depannya aku berharap untuk bisa menjadi seorang musisi yang selalu bisa bercerita tentang kisah perjalanan hidupku. Semoga aku bisa lebih jujur dalam setiap karya yang aku bagikan dengan teman-teman semua.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024