Self Lifehacks

Kenangan dan Adaptasi Diri

Momen matahari terbenam entah mengapa selalu menjadi salah satu momen yang saya tunggu-tunggu dan berkesan secara pribadi untuk saya. Saya selalu merasa momen matahari terbenam juga memiliki makna simbolis, karena meskipun sangat indah, ia tidak bertahan selamanya. Menggambarkan memori-memori masa lalu yang sama miliki sedari saya kecil hingga hari ini.

Saya selalu merasa momen matahari terbenam juga memiliki makna simbolis, karena meskipun sangat indah, ia tidak bertahan selamanya. Menggambarkan memori-memori masa lalu yang sama miliki sedari saya kecil hingga hari ini.

Kita semua tentu memiliki berbagai kenangan indah, entah itu bersama diri sendiri atau bisa juga bersama orang-orang yang kita sayangi tapi sayangnya memang semua itu tidak berlangsung selamanya, meski begitu saya selalu merasa meski momen tersebut mungkin memang sudah berlalu tapi tetap dapat kita ingat sebagai sebuah kenangan yang membahagiakan.

Waktu selalu berjalan, begitu pula dengan momen-momen yang terus terjadi silih berganti. Sebelum pindah ke London untuk belajar di universitas, saya menghabiskan seluruh hidup saya di Thailand. Saat pertama kali pindah, sebenarnya rasanya masih baik-baik saja tetapi saya merasakan kesepian yang membuat saya kembali mengenang waktu yang sudah saya lalui sebelum pindah ke tempat yang baru.

Salah satu hal yang membantu saya beradaptasi dengan perubahan adalah musik. Saya bisa menghabiskan waktu sendiri sangat lama untuk membuat lagu. Banyak orang mungkin berpikir saat kita mulai memasuki lingkungan baru dalam hidup entah itu sekolah atau bekerja, kalau kita tidak langsung berbaur dengan teman-teman baru kita akan merasa kesepian. Sejujurnya saya adalah seorang introvert yang perlu usaha lebih untuk bisa berbincang dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. 

Saya akui juga, mungkin pada saat itu saya belum berusaha sekeras yang saya bisa untuk beradaptasi dan mendapat teman baru, mungkin itu juga salah satu alasan kenapa saya merasa cukup sulit dalam menghadapi perubahan. Walaupun mungkin perlu waktu yang lebih lama dari orang lain, yang terpenting adalah usaha kita untuk terus mencoba beradaptasi dengan situasi dan lingkungan yang sebelumnya masih terlalu asing untuk kita pahami.

Pengalaman saya beradaptasi dengan perubahan dan ingatan akan kenangan masa lalu ini juga saya ceritakan melalui lagu “Sunsets”. Melalui lagu ini saya ingin menyampaikan bahwa segala momen-momen bersama orang-orang terkasih mungkin memang sudah berlalu tetapi kita tetap bisa melihat kembali dan mengingat setiap momen tersebut sebagai sebuah kenangan manis di kepala dan hati kita. Saya hanya ingin melihat segala memori yang saya miliki di masa lalu dari sudut pandang yang lebih positif.

Segala momen-momen bersama orang-orang terkasih mungkin memang sudah berlalu tetapi kita tetap bisa melihat kembali dan mengingat setiap momen tersebut sebagai sebuah kenangan manis di kepala dan hati kita.

Saya harap siapapun yang mendengarkan lagu ini bisa relate dengan beberapa hal yang saya coba sampaikan. Saya juga berharap teman-teman di Indonesia bisa menikmati lagunya. Saya selalu berterima aksih karena selama ini saya juga sudah menerima banyak respon positif dari teman-teman semua. Semoga ke depannya teman-teman juga bisa terus menikmati karya musik saya berikutnya. Sekali lagi, terima kasih. 

Related Articles

Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024
Card image
Self
Pendewasaan dalam Hubungan

Pendewasaan diri tidak hadir begitu saja seiring usia, melainkan hasil dari pengalaman dan kesediaan untuk belajar menjadi lebih baik. Hal yang sama juga berlaku saat membangun hubungan bersama pasangan.

By Melisa Putri
06 April 2024