Self Health & Wellness

Hubungan Beracun dengan Diri Sendiri

Yulia Baltschun

@yuliabaltschun

Praktisi Diet & Kebugaran

Kamu mungkin lebih familiar ketika membicarakan abusive relationship atau hubungan yang disertai dengan kekerasan jika berkaitan dengan pasangan dalam hubungan romantis. Ternyata hubungan tak sehat ini juga bisa terjadi dalam hubungan kita dengan diri kita sendiri. Konteks "abusive relationship" memang luas, dan nyatanya, kita lebih banyak melakukan toxic relationship dengan diri sendiri dibandingkan dengan pasangan.

Mungkin kamu nggak akan percaya dan justru malah bertanya di dalam hati "Memang apa sih yang aku lakukan ke tubuh sendiri? Aku kan cinta banget sama diriku apa adanya". Atau mungkin kamu penganut prinsip YOLO bahwa hidup hanya sekali, jadi kamu akan melakukan apa pun yang buat dirimu bahagia? Jangan sampai kamu malah melupakan apa yang tubuh kamu perlukan dan apa yang sebenarnya tubuh kamu tidak perlukan.

Mungkin kamu penganut prinsip YOLO bahwa hidup hanya sekali, jadi kamu akan melakukan apa pun yang buat dirimu bahagia? Jangan sampai kamu malah melupakan apa yang tubuh kamu perlukan dan apa yang sebenarnya tubuh kamu tidak perlukan.

Hidup di lingkungan yang serba cepat, membuat kita tanpa sadar menjadi sosok "manusia instan" Hanya dengan godaan kupon diskon, "poof", mudah sekali kita tergoda untuk akhirnya mengonsumsi makanan cepat saji. Sedangkan apakah makanan cepat saji sendiri memiliki kandungan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh kita?

Let's say, kamu lagi ngidam mie pedas saat ini. Tubuh kamu pun akan tetap mengerti dan mengolah makanan tersebut. Tapi bukan berarti tubuh kamu mendapatkan vitamin, mineral, dan gizi yang dibutuhkan, lho. Bayangkan ini terjadi hingga seminggu kemudian, dan kamu masih mengonsumsi makanan yang tidak sarat gizi seperti martabak manis, gorengan, makanan instan lainnya. Tapi kamu berharap tubuhmu mengerti dirimu dan tetap bisa memiliki tubuh yang sehat tanpa hambatan dan body goals? Oh tidak semudah itu...

Well, untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, tubuh kita sendiri butuh banyak zat, vitamin dan mineral untuk memastikan kinerja organ & hormon lainnya bisa bekerja sesuai kapasitasnya! Jadi, hentikan toxic relationships yang menyiksa diri kamu sendiri! 

Kamu akan mengalami beberapa side effect yang pasti akan kamu rasakan kalau kamu tetap saja makan makanan yang minim gizi. Badan kamu mulai tidak mampu berkerja dengan optimal. Biasanya tubuh kita akan memberikan sinyal seperti sembelit, perut buncit, gampang sakit, dan lain-lain. Terus, kamu tega menyalahkan tubuhmu sendiri? Padahal selama ini tubuhmu sudah berusaha mengerti kebutuhanmu, lho, atau jangan-jangan kamu hanya memanfaatkan  tubuhmu untuk "sekedar hidup" saja? Padahal kamu sendiri yang nanti bakal kesusahan kalau tubuhmu mulai "ngambek".

Terus, kamu tega menyalahkan tubuhmu sendiri? Padahal selama ini tubuhmu sudah berusaha mengerti kebutuhanmu, lho, atau jangan-jangan kamu hanya memanfaatkan  tubuhmu untuk "sekedar hidup" saja? Padahal kamu sendiri yang nanti bakal kesusahan kalau tubuhmu mulai "ngambek".

Jadi, jangan pernah menganggap tubuh kamu hanya sebatas “tempat parkir” saja, tubuhmu adalah investasi masa depan kamu. Selama kamu memperlakukan tubuhmu dengan kasih sayang, makan makanan yang komplit gizi, workout dengan rutin, perbaiki kebiasaan buruk, tubuh tidak akan jadi penghambatmu di masa mendatang. Remember, taking care of your body is not a life restriction, it’s an action of Love.

Jadi, jangan pernah menganggap tubuh kamu hanya sebatas “tempat parkir” saja, tubuhmu adalah investasi masa depan kamu. 

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024