Self Lifehacks

Cerita Perpisahan

Sejujurnya aku bahkan tidak ingat kapan awal mula aku mulai tertarik dengan musik. Satu hal yang aku ingat betul adalah aku mendengarkan banyak sekali musik dari berbagai genre dan musisi. Bahkan sebenarnya sangat random karena saat masih duduk di Sekolah Dasar aku mendengarkan Judika, Cherrybelle, dan Noah hingga One Direction, The Beatles, Billie Eilish, dan Taylor Swift.

Berawal dari kegemaran mendengarkan lagu, akhirnya aku juga mulai tertarik untuk belajar menulis musik sendiri. Di kelas 2 SD, aku ingat ketika aku mulai mencoba menulis lagu sendiri, meski melodinya selalu berubah setiap harinya. Lalu ketika mulai beranjak dewasa, di SMP aku mulai belajar gitar, dari sini aku mulai mengerti konsep musik dan aku juga tertarik dalam hal penulisan lirik di lagu.

Saat menulis lagu, aku paling sering memulai dari lirik. Menurutku lirik dalam lagu menjadi salah satu aspek yang paling aku prioritaskan. Aku berusaha menuliskan lagu yang mudah dipahami tetap juga tidak umum. Kalau masalah genre sendiri aku juga sedang mengeksplorasi banyak hal, meski kebanyakan lagu yang aku tulis memang ballad, tapi terkadang aku juga menulis lagu pop bahkan pop rock.

Tahun lalu aku baru saja merilis album pertama berjudul “Denial”. Baru-baru ini aku juga merilis bonus track untuk album ini yaitu lagu “Easy For You”. Sejauh ini, lagu-lagu yang aku tulis sebenarnya terinspirasi dari satu orang. Agak memalukan sebenarnya, tapi aku juga tidak pernah menyangka bahwa lagu “Easy For You” akan jadi penutup album perdana yang aku rilis.

Ini menjadi salah satu lagu yang proses pembuatannya paling kompleks diantara musik-musikku yang lain. Ditulis dengan kondisi writer’s block yang cukup berat, aku merasa beruntung akhirnya lagu ini bisa rampung dan rilis. Aku sebenarnya hingga hari ini juga masih berada dalam fase writer’s block dan aku rasa memang hal ini bukan hal yang sederhana, terutama bagi para pekerja kreatif termasuk musisi.

Lagu “Easy For You” sebenarnya bercerita tentang perpisahan dari sebuah hubungan yang bahkan tidak pernah terjadi. Pernah kah kamu merasakan hubungan sepihak? saat kamu jatuh cinta pada seseorang yang pada skenario-skenario tertentu bahkan dia tidak tau siapa kita. Hubungan seperti ini bisa jadi sangat tulus sekaligus juga rumit. Bagi kita mungkin hubungan yang tidak pernah ada ini entah kenapa sulit untuk di sudahi, di sisi lain orang tersebut mungkin tidak tau apa-apa.

Pernah kah kamu merasakan hubungan sepihak? saat kamu jatuh cinta pada seseorang yang pada skenario-skenario tertentu bahkan dia tidak tau siapa kita. Hubungan seperti ini bisa jadi sangat tulus sekaligus juga rumit.

Apa yang aku ceritakan di album perdanaku bisa dikatakan memang sangat personal dan mungkin banyak juga yang belum pernah mengalami hal serupa. Aku selalu merasa pada akhirnya akan selalu ada orang yang tidak sependapat dengan kita. Ketika berkarya menurutku hal pertama yang harus dipenuhi adalah kepuasan dari dalam diri sendiri, aku harus jadi orang pertama yang bisa menghargai apa yang aku buat. Aku juga tidak ingin memaksakan orang lain untuk selalu relate dengan apa yang aku buat. Meski begitu aku berharap teman-teman yang mendengarkan bisa menerima musik yang aku buat.

Aku selalu merasa pada akhirnya akan selalu ada orang yang tidak sependapat dengan kita. Ketika berkarya menurutku hal pertama yang harus dipenuhi adalah kepuasan dari dalam diri sendiri, aku harus jadi orang pertama yang bisa menghargai apa yang aku buat.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024