Self Love & Relationship

Cara Mencintai Orang Lain

Awal mula interaksiku dengan dunia musik sebenarnya sudah dimulai sejak kecil. Salah satu inspirasiku dalam music adalah film-film musikal, seperti High School Musical atau Les Misérables. Aku juga sangat menikmati pertunjukan serta nyanyian khas Broadway. Bermula dari situ, akhirnya aku juga ikut aktif di berbagai kegiatan seni di sekolah seperti kelompok teater dan juga paduan suara.

Lalu ada satu momen ketika aku ikut serta dalam pertunjukkan paduan suara sekolah, aku dipercaya untuk tampil sebagai lead vokal. Kemudian guruku juga pernah bilang bahwa sepertinya aku punya potensi di bidang musik yang bisa dikembangkan, setelahnya aku mendapat dukungan dari orangtua dan akhirnya ikut beberapa les musik dan juga vokal.

Setelah lulus SMA, aku mulai tidak terlalu aktif lagi bermusik karena aku rasa aku harus mulai lebih fokus pada perkuliahan yang memang juga tidak memiliki hubungan dengan dunia musik. Bisa dikatakan aku mengambil rehat sejenak dalam bermusik, bukan benar-benar berhenti. Sesekali aku juga sempat membuat video cover sederhana yang aku edit dan aku unggah secara pribadi. Beberapa waktu setelahnya, aku mendapat DM dari Sony Music Indonesia. Awalnya aku sempat ragu, tapi setelah pertimbangan matang akhirnya aku bergabung dan baru saja merilis lagu baru berjudul “Uneasy”.

Proses kreatif dari lagu ini juga terbilang menarik. Dengan waktu kurang lebih 3-4 bulan, aku bekerjasama dengan seorang composer berbakat, Dianya namanya. Lucunya, saat menulis lagu ini aku harus curhat dulu dengan Dianya untuk bisa berdiskusi topik apa yang ingin aku ceritakan melalui lagu perdana yang akan aku rilis ini.

Lagu “Uneasy” bercerita tentang sebuah pasangan yang sebenarnya saling sayang tapi mereka sama-sama tidak yakin apakah mereka sebenarnya punya rasa yang sama atau tidak. Juga tentang hubungan yang sudah jenuh tapi tidak tahu bagaimana cara menyudahi hubungan yang ada. Saat berada dalam sebuah hubungan yang tidak lagi baik, kalau kamu memang benar-benar sayang, harus nya kamu bisa melepaskan dan merelakan hubungan ini untuk bisa sama-sama merasa lebih bahagia.

Tentu ini juga berangkat dari pengalaman yang pernah aku rasakan, sebuah hubungan yang cukup rumit. Sampai sekarang aku juga tidak tahu pasti bagaimana cara untuk menyikapi momen seperti ini. Aku selalu mencoba memberikan kesempatan bagi orang yang masih mau mencoba untuk berubah menjadi lebih baik. Aku percaya selama niatnya baik, orang tersebut masih bisa diberi kesempatan.

Aku selalu mencoba memberikan kesempatan bagi orang yang masih mau mencoba untuk berubah menjadi lebih baik. Aku percaya selama niatnya baik, orang tersebut masih bisa diberi kesempatan.

Menurutku, komunikasi adalah kunci hubungan yang sehat. Dalam artian, bukan hanya bisa menyampaikan apa yang kita mau, tetapi juga bisa mendengarkan dan mengapresiasi pendapat dan perasaan yang dimiliki oleh pasangan kita. Meski aku tidak tahu orang lain melihatku seperti apa, tapi aku merasa aku cukup bisa berkomunikasi dengan baik, meski tentu diri sendiri adalah prioritas utama.

Melalui lagu “Uneasy”, aku berharap teman-teman yang mendengarkan bisa beresonansi dengan melodi serta pesan yang ada dalam lirik lagu ini. Semoga teman-teman bisa relate dengan apa yang ingin aku sampaikan. Lagu ini juga sekaligus perkenalanku kepada publik sebagai seorang musisi, semoga karya-karyaku kedepannya bisa diterima dan dinikmati oleh teman-teman semua.

Ketika menjalin sebuah hubungan, pasti kita juga pernah merasa kesal ataupun benci dengan pasangan kita. Aku ingin menyampaikan bahwa rasa cinta dan benci sebenarnya tidak terpisahkan. Tidak akan ada cinta kalau kita tidak tahu benci, begitupun sebaliknya.

Aku juga ingin menyampaikan, bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik. You’re doing great, just love them the way you want. Jangan biarkan orang lain memaksa bagaimana caramu mencintai orang lain. Just do what you think it’s right.

Related Articles

Card image
Self
Janji Untuk Menyayangi Sepenuh Hati

Terkadang kita melihat kata janji, apalagi yang diucapkan oleh pasangan sebagai kata-kata manis tanpa arti. Padahal, sebenarnya janji adalah bentuk dari komitmen yang harus dijaga.

By Alvares
24 February 2024
Card image
Self
Kesadaran: Pemotong Ilusi Waktu

1 hari = 24 jam. Rasanya semua orang tahu "fakta" ini. Dengan estimasi 15 derajat garis bujur per jam, seluruh dunia ini terbagi menjadi zona-zona waktu. Tetapi apakah seseorang yang tinggal di zona WIT (Waktu Indonesia Timur) hidup di masa depan dan yang tinggal di zona WIB (Waktu Indonesia Barat) hidup di masa lalu?

By Sugiarto
17 February 2024
Card image
Self
Sebuah Pesan Hangat dari Perpisahan

Setiap hubungan yang dimulai tentu pada akhirnya akan selesai, meski kita tidak pernah tau kapan atau bagaimana itu akan terjadi. Di saat kita harus berpisah dengan seseorang, baik itu teman atau terlebih pasangan, akan ada banyak perasaan yang kemudian muncul dalam satu waktu.

By Kaleb J
17 February 2024