Self Lifehacks

Bertahan dengan Jati Diri

Musik adalah salah satu medium yang bisa digunakan untuk mengutarakan pendapat kita. Entah itu mengenai topik kehidupan sehari-hari atau bahkan topik yang sedikit lebih serius seperti isu-isu sosial atau politik. Salah satu lagu yang cukup berperan penting dalam rangka mengungkapkan opini yang dimiliki terhadap kaum penguasa adalah lagu “Bento” dari Iwan Fals. Berangkat dari lagu tersebut sebagai inspirasi, kami kemudian berpikiran untuk juga membentuk seorang tokoh fiksi yang kemudian akan digunakan untuk menggambarkan fenomena yang kerap kali kita teruman di dunia politik, khususnya hubungan dia dengan para pendukungnya setelah berkuasa. 

Berdasarkan ide inilah kemudia kami membuat seorang tokoh fiksi bernama Ali atau Abdi Lara Insani yang secara arti dapat diterjemahkan sebagai pelayan penderitaan manusia. Ada banyak topik dan opini yang ingin kami ceritakan melalui tokoh Ali. Sebenarnya cerita yang disampaikan juga cukup general, mengenai oknum-oknum pejabat publik yang awalnya adalah seorang pemuda idealis yang memperjuangkan pesan tertentu namun ternyata dirinya berubah setelah dihadapkan dengan harta dan kekuasaan. 

Kami rasa ini juga bukan hanya bisa kita jumpai di dunia politik. Kita mungkin juga pernah melihat bagaimana seseorang bisa berubah setelah mendapatkan harta, popularitas, ataupun kekuasaan. Tak jarang seseorang bisa berubah begitu drastis hingga bisa menjadi seseorang yang selalui ia kritik di masa lalunya bahkan bisa menjadi sebuah siklus yang tidak pernah berhenti, kami juga belum bisa lantas memastikan tidak akan pernah terjebak dalam keadaan seperti itu.

Kita mungkin juga pernah melihat bagaimana seseorang bisa berubah setelah mendapatkan harta, popularitas, ataupun kekuasaan. Tak jarang seseorang bisa berubah begitu drastis hingga bisa menjadi seseorang yang selalui ia kritik di masa lalunya bahkan bisa menjadi sebuah siklus yang tidak pernah berhenti.

Cerita ini yang kemudian coba kami bagikan melalui rilisan album “Abdi Lara Insani”. Seluruh lagu dalam album ini menceritakan proses bagaimana perubahan dan perkembangan tokoh Ali dari mulai ia beranjak dewasa sebagai seorang pemuda yang ingin memperjuangkan hal yang ia percaya hingga kepercayaan itu runtuh setelah bertemu dengan kekuasaan. 

Baru-baru ini, kami juga merilis video klip untuk lagu Bintang Massa Aksi. Dari segi visual yang dihadirkan kami memang tidak berencana untuk meberikan interpretasi visual dari pesan lagu yang sebenar-benarnya. Melalui rilisan video klip ini sebenarnya kami ingin menggambarkan sifat dan juga dna kami sebagai sebuah band yang mungkin selama ini dikenal cukup serius dengan pesa-pesan lagu yang kami hadirkan. Padahal sebenarnya kami juga banyak bercanda dan main-main dalam berkarya. Meski, bahkan saat kami bermain-main pun eksekusi karya yang kami hadirkan akan selalu dipikirkan dengan matang. 

Siapapun kita, tidak menutup kemungkinkan bahwa hidup mungkin bisa mengarahkan kita berubah menjadi seseorang yang selama ini kita hindari. Hal paling penting untuk bisa menjauhkan kita dari hal tersebut adalah dengan selalu mengingat dari mana kita berasal. Bukan hanya bagi penguasa, bahkan diri kita sendiri juga sangat mungkin berubah saat bertemu dengan uang dan kekuasaan. Ali adalah sindirian yang kita berikan kepada dunia dan pengingat agar kita tida menjadi seperti itu kelak. Bagaimanapun caranya kita harus selalu rendah hati, selalu membumi. 

Siapapun kita, tidak menutup kemungkinkan bahwa hidup mungkin bisa mengarahkan kita berubah menjadi seseorang yang selama ini kita hindari. Hal paling penting untuk bisa menjauhkan kita dari hal tersebut adalah dengan selalu mengingat dari mana kita berasal. Bagaimanapun caranya kita harus selalu rendah hati, selalu membumi. 

Harapannya setelah menonton video klip dari lagu Bintang Massa Aksi teman-teman juga bisa menangkap kesan baru dari kami sebagai sebuah kelompok musik. Juga memberikan kesan bahwa berkarya tidak selalu harus dengan budget yang luar biasa. Sekaligus kami juga ingin memperlihatkan bahwa band ini tidak selalu serius kami juga banyak bercanda selama prosesnya dan semoga kesan ini bisa tersampaikan dengan baik. 

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024