Circle Work & Money

Berpisah Dengan Teman, Biasa Saja

Primo Rizky

@primorizky

Penulis & Penerbit

Ilustrasi Oleh: Mutualist Creative

Tak pernah ada yang tahu bagaimana cara semesta bekerja karena Tuhan tak memberikan kita cheat sheet atas apa yang akan terjadi selanjutnya. Hari ini tertawa, esok berduka. Yang kemarin masih bersama, lusa mungkin terpisah.
 

Kehidupan tak pernah dapat kita tebak. Segala sesuatu dapat dengan mudahnya berubah dalam sekejap mata – termasuk hubungan antar manusia. Ingatkah kamu dengan seseorang yang dulu pernah mewarnai hidup, namun kini semakin menjauh? Seperti teman-teman masa kecilmu, contohnya.

Dulu mungkin temanmu itu adalah orang yang selalu ada di sisi. Rekan yang setia tertawa dalam setiap canda dan menguatkan dalam keterpurukan. Dia adalah orang pertama yang tahu rahasia-rahasiamu. Dia yang berjanji untuk terus bersama hingga dewasa nanti.

Namun semua terkadang tak selalu berjalan sesuai rencana. Semakin kita beranjak dewasa, seringnya mereka akan terlupakan. Terkadang kita berjauhan bukan karena sebuah pertengkaran. Bisa saja tanpa ada alasan yang jelas, kita saling berlayar ke dua arah mata angin yang berbeda. Manusia berubah – penjelasan paling sederhana bagi sebuah perpisahan.

Faktanya, dalam hierarki hubungan antar manusia, pertemanan berada di tingkat terbawah. Pasangan, orangtua, anak – semuanya berada dalam prioritas teratas. Pertemanan merupakan hubungan yang unik karena tidak seperti keluarga, kita dapat memilih untuk menjadi bagian dari mereka. Pertemanan pun tidak seperti pernikahan karena kita tak terikat dalam struktur formal dengan mereka. Sifat hubungannya yang kita pilih atas kehendak sendiri ini menjadikan pertemanan sebagai ikatan yang rapuh.

Pada hakikatnya manusia adalah yang makhluk yang senantiasa berubah. Perubahannya pun kadang terjadi dalam waktu yang singkat. Bisa saja kita di esok hari bukan lah kita yang sama seperti hari ini. Mungkin nilai yang kita anut, pemikiran yang kita lahirkan, dan perasaan yang kita miliki akan berubah. Semakin dewasa, manusia pun akan semakin memikirkan kepentingan diri sendiri. Artinya, jalan hidup yang akan dilewati pun berbeda dan tak lagi berada di jalan yang sama dengan teman-teman kita.

Mungkin kita akan berusaha tetap menjaga pertemanan tersebut agar tidak menjauh. Salah satunya dengan bantuan teknologi. Di Facebook atau Instagram mungkin kita masih berteman, masih bertukar ucapan ulang tahun, atau saling menyukai foto anak-anak kita. Meski sifatnya ‘mekanis’, setidaknya langkah-langkah itu menjadi semacam life-support bagi keberlangsungan pertemanan.

Namun sesungguhnya tak ada yang salah dengan sebuah perpisahan – situasi yang lambat laun mengubah teman menjadi orang yang asing. Jalan hidup yang berbeda terkadang menjadikan beberapa orang tak lagi relevan. Konsep yang terdengar mengerikan memang. Tapi begitu lah hidup.

Related Articles

Card image
Circle
Kembali Merangkai Sebuah Keluarga

Selama aku tumbuh besar, aku tidak pernah merasa pantas untuk disayang. Mungkin karena aku tidak pernah merasakan kasih sayang hangat dari kedua orang tua saat kecil. Sejauh ingatan yang bisa aku kenang, sosok yang selalu hadir semasa aku kecil hingga remaja adalah Popo dan Kung-Kung.

By Greatmind
24 November 2023
Card image
Circle
Pernah Deep Talk Sama Orang Tua?

Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali lo ngobrol bareng ibu atau bapak? Bukan, bukan hanya sekedar bertanya sudah makan atau belum lalu kemudian selesai, melainkan perbincangan yang lebih mendalam mengenai apa yang sedang lo kerjakan atau usahakan.

By Greatmind x Folkative
26 August 2023
Card image
Circle
Berdaya dan Berkontribusi

Ketertarikanku untuk berbagi mengenai pengalaman dan tips pengembangan diri sebenarnya dimulai ketika aku bekerja di salah satu perusahaan konsultan keuangan di Jakarta. Saat itu, banyak yang bertanya melalui media sosial mengenai kiat untuk bisa bekarir di perusahaan tersebut. Lalu setelahnya, aku juga mulai berbagi mengenai topik pengembangan diri dan karir.

By Lavina Sabila
20 May 2023