Self Lifehacks

Berjalan Penuh Kesadaran

Nadine Alexandra

@nadinealexandradewi

Aktris & Pemerhati Lingkungan Hidup

Manusia mudah sekali dipengaruhi oleh konsep baru. Ketika ada sebuah pembaharuan kita seakan tidak mau ketinggalan dan cenderung terobsesi. Seperti ketika kemajuan teknologi hadir dan mengubah pemahaman kita soal menjadi produktif. Seseorang yang dinilai produktif adalah seseorang yang sibuk, yang aktif memperlihatkan seberapa padat jadwalnya, yang ke sana kemari menghabiskan waktu dengan sejumlah kegiatan berbeda di berbagai lokasi. Padahal mungkin kesibukannya bukan untuk memenuhi kebutuhan. Mungkin secara tidak sadar hanya untuk semata-mata memenuhi ekspektasi masyarakat saja. 

Lambat laun, kita terbiasa untuk mempercepat langkah agar dapat mencapai banyak tujuan dan memenuhi kebutuhan untuk melakukan banyak hal. Tanpa sadar kita telah didoktrin bahwa untuk menghasilkan yang terbaik membutuhkan upaya dengan perjuangan keras penuh penderitaan. Tanpa sadar, setiap hari untuk memenuhi kesibukan kita berjalan tergesa-gesa tanpa memerhatikan kondisi tubuh dan membiarkan ketegangan bersemayam dalam jiwa raga. Seolah kita menyimpan bola yang mengepal dalam dada. Memikirkan ke mana tujuannya, kapan sampai di sana, apa yang akan dilakukan setelah sampai. Menyibukkan fisik dan otak kita sampai tak sadar menaruhnya dalam risiko burnout

Tanpa sadar, setiap hari untuk memenuhi kesibukan kita berjalan tergesa-gesa tanpa memerhatikan kondisi tubuh dan membiarkan ketegangan bersemayam dalam jiwa raga.

Sebenarnya tidak ada yang salah memiliki banyak kebutuhan dan keinginan untuk memenuhi segalanya. Namun tak berarti harus mengoperasikan tubuh kita dalam ketegangan dan stres sampai-sampai kita sibuk memikirkan hal-hal yang tidak esensial dalam hidup. Bukan berarti juga kita harus diam di rumah, tidak melakukan apa-apa. Hanya saja tahu kapan harus melambatkan langkah sehingga dapat menghadirkan kesadaran penuh pada hidup kita di masa ini, detik ini, menit ini. Berjalan dengan santai dan penuh kesadaran dapat membantu kita merasakan energi dalam tubuh juga menikmati lingkungan di sekitar. Kita dapat melatih pikiran dan fisik untuk lebih relaks, lebih cermat mengamati situasi tertentu. Sejatinya, perilaku yang santai dapat membantu kita lebih bijak mengambil keputusan. Kinerja otak bekerja dengan lebih baik dan efektif ketika berada dalam frekuensi yang stabil ketimbang saat berada dalam tegangan tinggi. 

Berjalan dengan santai dan penuh kesadaran dapat membantu kita merasakan energi dalam tubuh juga menikmati lingkungan di sekitar.

Kalau dipikir-pikir kebiasaan kita terburu-buru seperti mencurangi hukum alam di semesta. Alam itu butuh waktu untuk berkembang. Bunga-bunga butuh waktu untuk bermekaran indah. Lalu kenapa kita justru selalu ingin instan? Ya, kita mempercepat langkah agar dapat menghemat waktu. Apabila kita menghemat waktu untuk mengupayakan keseimbangan hidup memang tidak apa-apa. Tetapi jika kita menghemat waktu hanya untuk menambah kesibukan bukannya kita justru hanya akan membuang waktu untuk tidak menikmati apa yang sedang kita lakukan? Keinginan cepat sampai di tujuan membawa kita pada kegusaran yang memunculkan bibit masalah. Sedangkan untuk merasa bahagia, menurut saya, kita harus mulai meminimalisir berbagai aspek kehidupan.

Alam butuh waktu untuk berkembang. Lalu kenapa kita justru selalu ingin instan?

Merasa bahagia adalah pilihan. Di setiap langkah kita bisa merasa bahagia jika kita mau menyadari apa yang membuat kita bahagia tanpa melakukan aktivitas tertentu yang dipercaya dapat meningkatkan kebahagiaan. Mempercepat langkah hanya akan menjauhkan kita pada apa yang bermakna di sekitar. Menciptakan kebisingan dalam pikiran yang terus bergaung dan menyangkal adanya kenikmatan dari menghargai waktu. Sebaliknya, menerapkan mindful walking atau berjalan penuh kesadaran, penuh ketenangan dapat membantu kita merasakan kebahagiaan dari setiap kesempatan. Menikmati kehadiran pohon-pohon, keindahan langit, atau sekadar merasakan setiap hembusan napas sebagai tanda syukur masih diberikan nyawa. Pada dasarnya, bahagia adalah pilihan. Saat kita memilih untuk merasakan kebahagiaan dengan berjalan santai kita sebetulnya sedang menambahkan waktu untuk meningkatkan kebahagiaan tersebut.

Mempercepat langkah hanya akan menjauhkan kita pada apa yang bermakna di sekitar.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024