Self Lifehacks

Berani Memulai Hal Baru

Ledy Simarmata

@ledyans

Praktisi Industri Pertambangan

Sedini mungkin, seorang anak baik laki-laki maupun perempuan sebaiknya didorong untuk memiliki jiwa pemimpin. Tujuannya tidak hanya untuk mendapatkan posisi tinggi di dalam karier, tapi juga sebagai aset dalam menjalani proses kehidupan. Kepemimpinan tidak melulu hanya mengenai positional leadership, tapi yang lebih penting lagi, character driven leadership. Jika seseorang memiliki fondasi yang baik, nantinya ketika dipercayakan posisi sebagai pemimpin di masyarakat, niscaya dapat memberikan manfaat besar untuk orang yang dipimpin.

Kepemimpinan tidak melulu hanya mengenai positional leadership, tapi yang lebih penting lagi, character driven leadership.

Selain itu, pemimpin yang sukses bukan hanya seseorang yang berhasil menempati posisi teratas saja. Tentunya, keberhasilan menempati posisi-posisi puncak adalah sebuah pencapaian tersendiri yang patut diapresiasi. Tapi, seorang pemimpin yang sukses adalah individu yang juga menjadi inspirasi dan memberikan pengaruh positif terhadap orang lain. Biasanya mereka tetap dihormati terlepas dari posisi yang mereka miliki. Bahkan, mereka mampu menginspirasi lahirnya pemimpin-pemimpin yang lain. 

Memiliki kemauan untuk belajar adalah kualitas kepemimpinan lainnya yang tak kalah signifikan. Life is about making good investments. Hidup adalah tentang bagaimana kita menginvestasikan waktu pada hal-hal yang penting bagi kehidupan kita. Kita punya berbagai pilihan untuk menginvestasikan waktu. Salah satu investasi terbaik yang dapat kita lakukan adalah berinvestasi pada diri sendiri, yaitu dengan selalu belajar.  

Salah satu investasi terbaik yang dapat kita lakukan adalah berinvestasi pada diri sendiri, yaitu dengan selalu belajar.  

Saya dan adik saya dibesarkan oleh orang tua yang menaruh perhatian besar terhadap pendidikan. Mungkin karena orang tua kami tidak seberuntung saya dan adik saya dalam hal kesempatan mengejar pendidikan. Kedua orang tua kami juga meyakini bahwa pendidikan adalah jembatan untuk memperoleh hidup yang lebih baik.  

Saya mengawali karier di dunia pertelevisian, menjadi reporter dan pembaca berita di salah satu televisi swasta nasional Indonesia. Lalu saya mendapatkan beasiswa pasca sarjana S2 ke Inggris. Sekembalinya dari Inggris, saya kembali ke televisi, sebelum kemudian akhirnya masuk ke dunia yang baru, yaitu pertambangan. Saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Di tengah karier saya di perusahaan tambang, saya pergi ke Amerika Serikat untuk menempuh program mid-career fellowship, juga dengan beasiswa penuh. Semangat yang ditanamkan kedua orang tua saya nampaknya sedikit banyak berpengaruh dalam perjalanan karier dan pendidikan yang saya tempuh, termasuk dalam hal mencoba hal-hal baru.

Berbicara mengenai dunia pertambangan, seperti yang kita tahu, sampai sekarang masih ada persepsi bahwa industri pertambangan itu identik dengan laki-laki. Mungkin karena yang sering dibayangkan adalah sebatas kegiatan menambang saja. Padahal, ada beragam area kerja di industri pertambangan, yang tentunya dapat diisi baik oleh laki-laki dan perempuan. Meskipun saat ini representasi perempuan di industri pertambangan masih belum terlalu tinggi, namun saya yakin kedepannya hal ini akan meningkat. 

Studi menunjukkan, bahwa ada banyak manfaat dari keseimbangan representasi perempuan dan laki-laki dalam suatu perusahaan, di industri manapun. Perempuan dan laki-laki membawa warna, karakter, dan perspektif yang unik. Keberagaman gender, perempuan dan laki-laki, di sebuah institusi atau perusahaan akan mendorong proses pembuatan keputusan yang lebih optimal, mendorong inovasi, serta membantu sebuah perusahaan menjadi semakin kompetitif. Jika kembali menyinggung soal posisi kepemimpinan, saya meyakini bahwa perempuan dan laki-laki sama-sama dapat menjadi pemimpin yang baik di masyarakat, baik dalam pemerintahan, bisnis, politik, atau area lainnya. Perbedaan gaya kepemimpinan antara laki-laki dan perempuan hendaknya tidak dilihat sebagai hal yang janggal, namun justru dilihat sebagai aset yang dapat membawa manfaat bagi lebih banyak orang. 

Perbedaan gaya kepemimpinan antara laki-laki dan perempuan hendaknya tidak dilihat sebagai hal yang janggal, namun justru dilihat sebagai aset yang dapat membawa manfaat bagi lebih banyak orang. 

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024