Self Work & Money

Arti Sebuah Proses

Bagi saya, bisnis adalah jalan kita untuk mencapai tujuan hidup. Dulu, sebelum saya memulai brand RiaMiranda saya mulai berbisnis dengan menjadi reseller dari sejumlah brand lokal. Saya juga memulai karir dari langkah-langkah kecil, sebagai asisten desainer hingga fashion stylish. Kebetulan keluarga saya juga banyak yang berdagang dan berbisnis, sehingga ada kebiasaan-kebiasaan yang sudah diajarkan sejak saya kecil, yang bermanfaat bagi pengelolaan usaha saya. Misalnya, cara mengelola usaha, mengelola uang, hingga menjalin relasi dengan orang lain

Dulu saat saya memulai bisnis, pasar bagi baju muslim belum seluas dan sepopuler sekarang. Saat saya memulai berjualan baju muslim, saya yakin itu hanya untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri. Akhirnya saya memulai tren sendiri, berbekal personality, ditambah ilmu yang didapatkan dari sekolah dan juga proses research lainnya. Jadi, proses keyakinan itu dimulai dari langkah kecil yang terus tumbuh dan terbentuklah support system. Perjalanan kita menjalani bisnis ini yang saya sebut sebuah proses.

Proses keyakinan itu dimulai dari langkah kecil yang terus tumbuh dan terbentuklah support system. Perjalanan kita menjalani bisnis ini yang saya sebut sebuah proses.

Di tengah banyaknya brand baju muslim saat ini, brand RiaMiranda sudah berjalan selama 12 tahun sejak 2009 lalu. Seluruh perjalanan ini membuat saya banyak belajar. Proses membuat kita bisa belajar lebih konsisten dan bertahan dengan apa yang kita jalani. Jalan pintas tentu ada banyak, apalagi di era media sosial seperti sekarang. Semua memiliki kesempatan untuk berkembang dengan cepat, tapi setiap hal pasti ada waktunya masing-masing jadi percaya saja pada prosesnya. Do good and good things will follow.

Proses membuat kita bisa belajar lebih konsisten dan bertahan dengan apa yang kita jalani.

Saat ini semakin banyak brand yang memiliki kesadaran untuk mengangkat nilai sosial. Ini adalah hal yang baik karena semakin hari konsumen juga semakin cerdas dan kritis dalam membuat keputusan pembelian mereka. Semakin banyak yang mulai mempertimbangkan nilai-nilai yang dimiliki oleh sebuah brand dalam keputusan pembelian mereka.

Memberikan kebermanfaatan untuk sekitar adalah misi dari brand RiaMiranda itu sendiri karena aku ingin bisnis yang aku jalankan menjadi kendaraan aku dan tim untuk berbuat baik kepada sesama. Jadi, dampak yang dirasakan terlihat jelas hasilnya, terutama kedewasaan diriku sendiri.

Jalan pintas tentu ada banyak, apalagi di era media sosial seperti sekarang. Semua memiliki kesempatan untuk berkembang dengan cepat, tapi setiap hal pasti ada waktunya masing-masing jadi percaya saja pada prosesnya.

Beberapa hal yang dilakukan oleh brand RiaMiranda antara lain adalah dengan melakukan kegiatan donasi bersama saat terjadi bencana alam dan kegiatan pemberdayaan komunitas. Jadi kita memberi pelatihan atau penyuluhan kepada ibu-ibu akan suatu keahlian dari topik tententu. Saat kita mencintai apa yang kita jalani dan berbisnis dengan pola pikir bukan hanya mencari keuntungan semata, di sinilah biasanya bisnis kita bisa bertahan lebih lama.

Tidak ada salahnya mencoba banyak hal karena akan selalu ada pelajaran yang bisa kita ambil. Pada akhirnya kita akan menemukan apa yang terbaik bagi diri kita sendiri.

--

Berproses adalah sebuah fase yang akan selalu kita temui di sepanjang perjalanan hidup. Banyak makna, banyak kesan, serta banyak pelajaran yang sudah pasti dapat dipetik dari setiap proses yang ada.

Kali ini, Greatmind bersama Evermos menghadirkan Ria Miranda, seorang fashion designer di balik brand RiaMiranda, untuk berbagi pandangannya akan arti berproses. Mulai dari bagaimana ia mendirikan usaha, mencoba hal baru, hingga memaknai liku perjalanan yang ditemuinya. Pada akhirnya, setiap proses yang ada akan menorehkan kesan dan pelajaran yang membuat kita akan semakin merayakan hidup sepenuhnya.

Tentang Evermos

Evermos adalah sebuah platform social commerce yang mewadahi para pengusaha untuk saling belajar, bertumbuh, dan berbagi bersama melalui komunitas yang dimilikinya dalam mencapai cita #MudahBukaUsaha

Mari bergabung bersama kami di sini

#Evermos   

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024