Self Art & Culture

Apresiasi Seni Oleh Publik

Karya seni memiliki banyak peran dalam kehidupan. Tidak hanya sebagai sebuah bentuk ekspresi diri sang seniman, karya seni juga merupakan salah satu cara untuk merespon perkembangan zaman dan kehidupan bermasyarakat di waktu tertentu. Interaksi antara karya seni, seniman, serta masyarakat luas memang mungkin belum banyak terjadi lantaran kesempatan yang belum terlalu terbuka.

Setiap karya punya pesan yang ingin disampaikan berdasarkan hasil buah pikiran dan juga pengalaman dari seorang seniman. Seni juga merupakan hasil dari proses kreatif. Meluangkan waktu untuk bisa melihat karya seni juga dapat menyegarkan pikiran sekaligus merangsang ide-ide kreatif individu. Tak jarang sebuah karya juga bisa menginspirasi karya-karya berikutnya. Tidak hanya itu, mengapresiasi seni juga berarti mengapresiasi karya cipta seorang seniman.

Setiap karya punya pesan yang ingin disampaikan berdasarkan hasil buah pikiran dan juga pengalaman dari seorang seniman. Seni juga merupakan hasil dari proses kreatif. Meluangkan waktu untuk bisa melihat karya seni juga dapat menyegarkan pikiran sekaligus merangsang ide-ide kreatif individu.

Salah satu kesempatan yang tidak boleh dilewatkan untuk bisa berinteraksi langsung dengan karya seni adalah Art Jakarta Gardens yang tahun ini kembali diselenggarakan untuk kedua kalinya pada 7-12 Februari 2023 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Melihat antusiasme publik yang cukup tinggi pada penyelenggaraan pertama di tahun lalu, Art Jakarta Gardens akhirnya kembali digelar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyelenggaraan Art Jakarta Gardens tahun ini memang terbilang lebih singkat karena kini keadaan pembatasan publik juga sudah lebih longgar sehingga waktu kunjungan yang diberikan juga lebih banyak. Jadi dapat dikatakan bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan efektivitas antara durasi waktu di tahun ini dan tahun lalu.

Tahun ini diharapkan para pengunjung juga lebih bisa menikmati pameran karya-karya seni serta kelas-kelas yang ditawarkan sebagai bagian dari rangkaian acara Art Jakarta Gardens. Persiapan yang lebih matang, diharapkan dapat memberikan pengalaman serta kesan yang lebih semarak dibandingkan tahun sebelumnya.

Pameran yang digelar di ruang terbuka ini juga memberikan kesempatan untuk masyarakat kota yang butuh waktu untuk rehat sebentar dengan suasana yang asri ditemani baragam karya seni dan sejumlah seniman baik dari dalam maupun luar negeri. Pada Gelaran Art Jakarta Gardens banyak nama-nama seniman muda yang ikut berpartisipasi dalam pameran, harapannya para seniman muda ini dapat memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapat perhatian dari para penikmat, kolektor, penggiat seni, serta masyarakat luas.

Agar dapat menikmati Art Jakarta Gardens dengan optimal, diharapkan teman-teman yang akan berkunjung bisa melihat semua karya seni yang disajikan. Karena dengan datang ke sebuah pameran seni kita juga bisa membuka sudut pandang baru dan juga bisa mencoba menafsirkan sendiri pesan yang ingin disampaikan dari setiap karya seni yang disuguhkan oleh Art Jakarta Gardens.

Sebuah pameran seni dengan konsep terbuka di ruang publik tentunya akan semakin memudahkan pengunjung dalam melihat setiap karya yang disuguhkan sekaligus menawarkan pengalaman baru dalam mengapresiasi karya seni.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024