Self Art & Culture

Apresiasi Seni Oleh Publik

Karya seni memiliki banyak peran dalam kehidupan. Tidak hanya sebagai sebuah bentuk ekspresi diri sang seniman, karya seni juga merupakan salah satu cara untuk merespon perkembangan zaman dan kehidupan bermasyarakat di waktu tertentu. Interaksi antara karya seni, seniman, serta masyarakat luas memang mungkin belum banyak terjadi lantaran kesempatan yang belum terlalu terbuka.

Setiap karya punya pesan yang ingin disampaikan berdasarkan hasil buah pikiran dan juga pengalaman dari seorang seniman. Seni juga merupakan hasil dari proses kreatif. Meluangkan waktu untuk bisa melihat karya seni juga dapat menyegarkan pikiran sekaligus merangsang ide-ide kreatif individu. Tak jarang sebuah karya juga bisa menginspirasi karya-karya berikutnya. Tidak hanya itu, mengapresiasi seni juga berarti mengapresiasi karya cipta seorang seniman.

Setiap karya punya pesan yang ingin disampaikan berdasarkan hasil buah pikiran dan juga pengalaman dari seorang seniman. Seni juga merupakan hasil dari proses kreatif. Meluangkan waktu untuk bisa melihat karya seni juga dapat menyegarkan pikiran sekaligus merangsang ide-ide kreatif individu.

Salah satu kesempatan yang tidak boleh dilewatkan untuk bisa berinteraksi langsung dengan karya seni adalah Art Jakarta Gardens yang tahun ini kembali diselenggarakan untuk kedua kalinya pada 7-12 Februari 2023 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Melihat antusiasme publik yang cukup tinggi pada penyelenggaraan pertama di tahun lalu, Art Jakarta Gardens akhirnya kembali digelar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyelenggaraan Art Jakarta Gardens tahun ini memang terbilang lebih singkat karena kini keadaan pembatasan publik juga sudah lebih longgar sehingga waktu kunjungan yang diberikan juga lebih banyak. Jadi dapat dikatakan bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan efektivitas antara durasi waktu di tahun ini dan tahun lalu.

Tahun ini diharapkan para pengunjung juga lebih bisa menikmati pameran karya-karya seni serta kelas-kelas yang ditawarkan sebagai bagian dari rangkaian acara Art Jakarta Gardens. Persiapan yang lebih matang, diharapkan dapat memberikan pengalaman serta kesan yang lebih semarak dibandingkan tahun sebelumnya.

Pameran yang digelar di ruang terbuka ini juga memberikan kesempatan untuk masyarakat kota yang butuh waktu untuk rehat sebentar dengan suasana yang asri ditemani baragam karya seni dan sejumlah seniman baik dari dalam maupun luar negeri. Pada Gelaran Art Jakarta Gardens banyak nama-nama seniman muda yang ikut berpartisipasi dalam pameran, harapannya para seniman muda ini dapat memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapat perhatian dari para penikmat, kolektor, penggiat seni, serta masyarakat luas.

Agar dapat menikmati Art Jakarta Gardens dengan optimal, diharapkan teman-teman yang akan berkunjung bisa melihat semua karya seni yang disajikan. Karena dengan datang ke sebuah pameran seni kita juga bisa membuka sudut pandang baru dan juga bisa mencoba menafsirkan sendiri pesan yang ingin disampaikan dari setiap karya seni yang disuguhkan oleh Art Jakarta Gardens.

Sebuah pameran seni dengan konsep terbuka di ruang publik tentunya akan semakin memudahkan pengunjung dalam melihat setiap karya yang disuguhkan sekaligus menawarkan pengalaman baru dalam mengapresiasi karya seni.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024