Self Lifehacks

Apa Itu Berpikir Kreatif?

Kreativitas adalah sebuah hal terpenting yang bisa kamu miliki di dunia. Kata kreatif sendiri berasal dari kata kreasi. Poin yang membedakan kata kreatif dengan kata sifat lain adalah ketika kita menciptakan sesuatu. Kita berada di era saat dunia mengalami perkembangan dan perubahan yang sangat cepat. Sistem-sistem yang kemarin kita gunakan mungkin banyak yang sudah tidak berlaku lagi di hari ini. Begitu juga sistem yang kita pakai hari ini mungkin tidak lagi relevan di keesokan hari. Untuk bisa beradaptasi, kemampuan berpikir kreatif menjadi sangat-sangat dibutuhkan dan krusial.

Kata kreatif sendiri berasal dari kata kreasi. Poin yang membedakan kata kreatif dengan kata sifat lain adalah ketika kita menciptakan sesuatu

Saat membahas mengenai berpikir kreatif, banyak orang yang mungkin punya stigma yang kurang tepat. Banyak di antara kita yang akan langsung mengasosiasikan kreativitas dengan pekerjaan seperti bermusik, bermain film , atau desaign. Sebenarnya kalau kita berbicara tentang berpikir kreatif itu sesederhana menjadi kreatif dalam menemukan solusi terhadap masalah yang kita hadapi. 

Saya ambil contoh misalnya pekerjaan saya sebagai seorang pengusaha yang tidak bergerak di industri kreatif pada umumnya, saya juga punya tuntutan untuk berpikir kreatif. Ketika ada masalah di pekerjaan, apa yang akan saya lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut, keputusan seperti apa yang akan saya ambil?

Apa yang akan kamu lakukan saat tidak punya budget yang cukup untuk strategi marketing?

Apa yang terjadi ketika anda dituntut oleh klien untuk menyelesaikan masalah dengan banyak batasan dari perusahaan? Di sini lah kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan.

Bagaimana cara kita menemukan solusi dan membangkitkan kemampuan berpikir kreatif diri dan juga rekan kerja kita. Ini adalah contoh penerapan berpikir kreatif yang sering kali kita butuhkan dan gunakan di pekerjaan sehari-hari walaupun mungkin bukan tentang industri kreatif pada umumnya.

Sudut pandang kita dalam melihat kemampuan berpikir kreatif saya rasa juga bisa diganti. Konteksnya bukan tentang tipe berpikir kreatif apa yang dibutuhkan dalam hidup tapi lebih kepada seberapa penting dan efektif cara berpikir kita.

Ketika kita mulai menerapkan cara berpikir kreatif dalam keseharian, itu sama artinya dengan kita mengambil kendali akan hidup kita.

Kita memiliki kendali akan keputusan di jam berapa kita akan bangun pagi. Kita memutuskan kapan kita mengalokasikan perhatian pada kesehatan rohani dan jasmani, hingga apa yang harus kita perbaiki dalam diri. Saat kita mengaktifkan kemampuan berpikir kreatif kita mengambil kontrol akan keputusan yang kita buat dalam hidup. Pasti teman-teman tidak mau menjadi salah satu orang yang selalu terlambat dan terburu-buru karena tidak punya kendali akan hidup. 

Ketika kita memikirkan kata kreatif sebenarnya kita memikirkan sebuah proses penciptaan. Saya cukup yakin bahwa semua orang ingin menjalankan hidup yang kita ciptakan secara sadar. Bukan hidup yang dijalani secara tidak sengaja. Dalam konteks pekerjaan, bisnsi, musik, bahkan hidup ketika menciptakan hidup kita membutuhkan kemampuan berpikir kreatif yang dilakukan secara sadar. Juga didukung dengan keinginan bahwa kita ingin menghidupi hidup yang kita ciptakan secara sadar.

Saya cukup yakin bahwa semua orang ingin menjalankan hidup yang kita ciptakan secara sadar. Bukan hidup yang dijalani secara tidak sengaja. Dalam konteks pekerjaan, bisnsi, musik, bahkan hidup ketika menciptakan hidup kita membutuhkan kemampuan berpikir kreatif yang dilakukan secara sadar.

Related Articles

Card image
Self
Mendengar dengan Tulus

Saat kita bersedia belajar mendengar dengan sepenuh hati pada dasarnya kita juga menambah kemampuan dan referensi kita untuk berbicara dengan orang lain. Manusia memang harus bisa saling mendengarkan dan didengarkan untuk bisa merasa berarti bukan?

By Greatmind
14 May 2022
Card image
Self
Good Enough: Apa Itu Libur?

Apa itu libur? Terlepas dari se-workaholic nya seseorang, kita semua sepakat kalau kita butuh liburan untuk berbagai alasan. Yup, meskipun kita semua suka libur, ternyata nggak sedikit juga orang yang merasa bersalah salah dirinya meliburkan diri. Kok bisa?

By Nurul Idzni
14 May 2022
Card image
Self
Semua Akan Berakhir

"Jika hari ini adalah hari terakhir hidup Anda, apa yang Anda akan lakukan?" Hal terpenting dalam kehidupan ketika kita menemukan alasan untuk hidup adalah, kita bisa memahami semua akan berakhir, dan mulai melihat dunia dengan sudut pandang baru.

By Joshua Budiman
14 May 2022