Self Lifehacks

Apa Itu Berpikir Kreatif?

Kreativitas adalah sebuah hal terpenting yang bisa kamu miliki di dunia. Kata kreatif sendiri berasal dari kata kreasi. Poin yang membedakan kata kreatif dengan kata sifat lain adalah ketika kita menciptakan sesuatu. Kita berada di era saat dunia mengalami perkembangan dan perubahan yang sangat cepat. Sistem-sistem yang kemarin kita gunakan mungkin banyak yang sudah tidak berlaku lagi di hari ini. Begitu juga sistem yang kita pakai hari ini mungkin tidak lagi relevan di keesokan hari. Untuk bisa beradaptasi, kemampuan berpikir kreatif menjadi sangat-sangat dibutuhkan dan krusial.

Kata kreatif sendiri berasal dari kata kreasi. Poin yang membedakan kata kreatif dengan kata sifat lain adalah ketika kita menciptakan sesuatu

Saat membahas mengenai berpikir kreatif, banyak orang yang mungkin punya stigma yang kurang tepat. Banyak di antara kita yang akan langsung mengasosiasikan kreativitas dengan pekerjaan seperti bermusik, bermain film , atau desaign. Sebenarnya kalau kita berbicara tentang berpikir kreatif itu sesederhana menjadi kreatif dalam menemukan solusi terhadap masalah yang kita hadapi. 

Saya ambil contoh misalnya pekerjaan saya sebagai seorang pengusaha yang tidak bergerak di industri kreatif pada umumnya, saya juga punya tuntutan untuk berpikir kreatif. Ketika ada masalah di pekerjaan, apa yang akan saya lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut, keputusan seperti apa yang akan saya ambil?

Apa yang akan kamu lakukan saat tidak punya budget yang cukup untuk strategi marketing?

Apa yang terjadi ketika anda dituntut oleh klien untuk menyelesaikan masalah dengan banyak batasan dari perusahaan? Di sini lah kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan.

Bagaimana cara kita menemukan solusi dan membangkitkan kemampuan berpikir kreatif diri dan juga rekan kerja kita. Ini adalah contoh penerapan berpikir kreatif yang sering kali kita butuhkan dan gunakan di pekerjaan sehari-hari walaupun mungkin bukan tentang industri kreatif pada umumnya.

Sudut pandang kita dalam melihat kemampuan berpikir kreatif saya rasa juga bisa diganti. Konteksnya bukan tentang tipe berpikir kreatif apa yang dibutuhkan dalam hidup tapi lebih kepada seberapa penting dan efektif cara berpikir kita.

Ketika kita mulai menerapkan cara berpikir kreatif dalam keseharian, itu sama artinya dengan kita mengambil kendali akan hidup kita.

Kita memiliki kendali akan keputusan di jam berapa kita akan bangun pagi. Kita memutuskan kapan kita mengalokasikan perhatian pada kesehatan rohani dan jasmani, hingga apa yang harus kita perbaiki dalam diri. Saat kita mengaktifkan kemampuan berpikir kreatif kita mengambil kontrol akan keputusan yang kita buat dalam hidup. Pasti teman-teman tidak mau menjadi salah satu orang yang selalu terlambat dan terburu-buru karena tidak punya kendali akan hidup. 

Ketika kita memikirkan kata kreatif sebenarnya kita memikirkan sebuah proses penciptaan. Saya cukup yakin bahwa semua orang ingin menjalankan hidup yang kita ciptakan secara sadar. Bukan hidup yang dijalani secara tidak sengaja. Dalam konteks pekerjaan, bisnsi, musik, bahkan hidup ketika menciptakan hidup kita membutuhkan kemampuan berpikir kreatif yang dilakukan secara sadar. Juga didukung dengan keinginan bahwa kita ingin menghidupi hidup yang kita ciptakan secara sadar.

Saya cukup yakin bahwa semua orang ingin menjalankan hidup yang kita ciptakan secara sadar. Bukan hidup yang dijalani secara tidak sengaja. Dalam konteks pekerjaan, bisnsi, musik, bahkan hidup ketika menciptakan hidup kita membutuhkan kemampuan berpikir kreatif yang dilakukan secara sadar.

Related Articles

Card image
Self
Kesadaran: Pemotong Ilusi Waktu

1 hari = 24 jam. Rasanya semua orang tahu "fakta" ini. Dengan estimasi 15 derajat garis bujur per jam, seluruh dunia ini terbagi menjadi zona-zona waktu. Tetapi apakah seseorang yang tinggal di zona WIT (Waktu Indonesia Timur) hidup di masa depan dan yang tinggal di zona WIB (Waktu Indonesia Barat) hidup di masa lalu?

By Sugiarto
17 February 2024
Card image
Self
Sebuah Pesan Hangat dari Perpisahan

Setiap hubungan yang dimulai tentu pada akhirnya akan selesai, meski kita tidak pernah tau kapan atau bagaimana itu akan terjadi. Di saat kita harus berpisah dengan seseorang, baik itu teman atau terlebih pasangan, akan ada banyak perasaan yang kemudian muncul dalam satu waktu.

By Kaleb J
17 February 2024
Card image
Self
Momen Manis Saat Jatuh Cinta

Ketika berbicara tentang momen jatuh cinta, setiap orang tentu memiliki kisahnya masing-masing. Bahkan setiap zaman memiliki pesona cara berinteraksi yang berbeda-beda, termasuk saat jatuh cinta.

By Jasmine Nadya
10 February 2024