Self Lifehacks

Apa Itu Berpikir Kreatif?

Kreativitas adalah sebuah hal terpenting yang bisa kamu miliki di dunia. Kata kreatif sendiri berasal dari kata kreasi. Poin yang membedakan kata kreatif dengan kata sifat lain adalah ketika kita menciptakan sesuatu. Kita berada di era saat dunia mengalami perkembangan dan perubahan yang sangat cepat. Sistem-sistem yang kemarin kita gunakan mungkin banyak yang sudah tidak berlaku lagi di hari ini. Begitu juga sistem yang kita pakai hari ini mungkin tidak lagi relevan di keesokan hari. Untuk bisa beradaptasi, kemampuan berpikir kreatif menjadi sangat-sangat dibutuhkan dan krusial.

Kata kreatif sendiri berasal dari kata kreasi. Poin yang membedakan kata kreatif dengan kata sifat lain adalah ketika kita menciptakan sesuatu

Saat membahas mengenai berpikir kreatif, banyak orang yang mungkin punya stigma yang kurang tepat. Banyak di antara kita yang akan langsung mengasosiasikan kreativitas dengan pekerjaan seperti bermusik, bermain film , atau desaign. Sebenarnya kalau kita berbicara tentang berpikir kreatif itu sesederhana menjadi kreatif dalam menemukan solusi terhadap masalah yang kita hadapi. 

Saya ambil contoh misalnya pekerjaan saya sebagai seorang pengusaha yang tidak bergerak di industri kreatif pada umumnya, saya juga punya tuntutan untuk berpikir kreatif. Ketika ada masalah di pekerjaan, apa yang akan saya lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut, keputusan seperti apa yang akan saya ambil?

Apa yang akan kamu lakukan saat tidak punya budget yang cukup untuk strategi marketing?

Apa yang terjadi ketika anda dituntut oleh klien untuk menyelesaikan masalah dengan banyak batasan dari perusahaan? Di sini lah kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan.

Bagaimana cara kita menemukan solusi dan membangkitkan kemampuan berpikir kreatif diri dan juga rekan kerja kita. Ini adalah contoh penerapan berpikir kreatif yang sering kali kita butuhkan dan gunakan di pekerjaan sehari-hari walaupun mungkin bukan tentang industri kreatif pada umumnya.

Sudut pandang kita dalam melihat kemampuan berpikir kreatif saya rasa juga bisa diganti. Konteksnya bukan tentang tipe berpikir kreatif apa yang dibutuhkan dalam hidup tapi lebih kepada seberapa penting dan efektif cara berpikir kita.

Ketika kita mulai menerapkan cara berpikir kreatif dalam keseharian, itu sama artinya dengan kita mengambil kendali akan hidup kita.

Kita memiliki kendali akan keputusan di jam berapa kita akan bangun pagi. Kita memutuskan kapan kita mengalokasikan perhatian pada kesehatan rohani dan jasmani, hingga apa yang harus kita perbaiki dalam diri. Saat kita mengaktifkan kemampuan berpikir kreatif kita mengambil kontrol akan keputusan yang kita buat dalam hidup. Pasti teman-teman tidak mau menjadi salah satu orang yang selalu terlambat dan terburu-buru karena tidak punya kendali akan hidup. 

Ketika kita memikirkan kata kreatif sebenarnya kita memikirkan sebuah proses penciptaan. Saya cukup yakin bahwa semua orang ingin menjalankan hidup yang kita ciptakan secara sadar. Bukan hidup yang dijalani secara tidak sengaja. Dalam konteks pekerjaan, bisnsi, musik, bahkan hidup ketika menciptakan hidup kita membutuhkan kemampuan berpikir kreatif yang dilakukan secara sadar. Juga didukung dengan keinginan bahwa kita ingin menghidupi hidup yang kita ciptakan secara sadar.

Saya cukup yakin bahwa semua orang ingin menjalankan hidup yang kita ciptakan secara sadar. Bukan hidup yang dijalani secara tidak sengaja. Dalam konteks pekerjaan, bisnsi, musik, bahkan hidup ketika menciptakan hidup kita membutuhkan kemampuan berpikir kreatif yang dilakukan secara sadar.

Related Articles

Card image
Self
Perbedaan dalam Kecantikan

Perempuan dan kecantikan adalah dua hal yang tidak akan pernah terpisahkan. Cantik kini bisa ditafsirkan dengan beragam cara, setiap orang bebas memiliki makna cantik yang berbeda-beda sesuai dengan hatinya. Berbeda justru jadi kekuatan terbesar kecantikan khas Indonesia yang seharusnya kita rayakan bersama.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
01 June 2024
Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024