Self Art & Culture

Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Apa yang biasanya kamu lakukan saat ingin menjernihkan pikiran atau kembali memantik kreativitas dalam diri?

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

Lantas, bagi teman-teman yang tinggal di kota besar, khususnya Jakarta terkadang merasa kesulitan untuk menemukan ruang terbuka hijau untuk beraktivitas, baik sendiri maupun bersama orang-orang tersayang. Di akhir bulan April tahun ini, Art Jakarta Gardens akan kembali hadir menyapa warga Jakarta dan para penggemar seni di Tanah Air. Pada tanggal 23-28 April 2024 di Hutan Kota by Plataran, Art Jakarta Gardens akan menghadirkan 23 galeri dan juga 30 patung luar ruang.

Di gelaran kali ini, Art Jakarta Gardens menjanjikan pameran yang lebih menarik dan pendekatan yang lebih segar dalam menyajikan karya seni. Beberapa program unggulan yang bisa kamu nantikan adalah Sculpture Garden. Pekan seni ini akan memajang karta patung para seniman lintas generasi, beberapa nama yang akan turut menampilkan karyanya adalah G. Sidharta, Nyoman Nuarta, hingga Dian Hardiansyah.

Penyelenggaraan pekan seni di ruang terbuka ini hadir dengan semangat untuk turut mengajak masyarakat untuk mengapresiasi karya seni. Teman-teman yang berkunjung akan mendapat kesempatan untuk menjelajahi kekayaan ekspresi artistik di tengah kota Jakarta. Tidak lupa dengan beragam karya kolaborasi mengangumkan jejeran partner penyelenggaraan Art Jakarta Gardens dengan seniman-seniman Indonesia.

Beberapa kolaborasi yang bisa kamu nantikan antara lain Bibit x Erwin Windu Pranata yang akan memamerkan patung tiup yang terinspirasi dari penjelajahan kebun miliknya, Treasury x Naufal Abshar yang akan menghadirkan instalasi bertajuk “Gold is King”, Xiaomi x Davy Linggar yang akan menghadirkan karya fotografi. Kebebasan berkarya dan kolaborasi jadi kunci penting dalam karya seni yang akan ditampilkan.

Jika kamu sedang mencari tempat yang tepat untuk sejenak menjernihkan pikiran di ruang terbuka, Art Jakarta Gardens bisa menjadi opsi yang bisa kamu pertimbangkan. Tiket Art Jakarta Gardens akan mulai tersedia secara daring mulai Selasa 2 April 2024.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024