Circle Love & Relationship

Saat Jatuh Cinta

Apakah kamu sedang berusaha sembuh dari patah hati? Jika iya, tahapan apa yang tengah kamu lalui sekarang? Atau kamu sedang ada di fase bingung dan galau? Mungkin sudah ada di fase let go? Kalau begitu aku akan lanjut untuk masuk ke fase selanjutnya dalam rangkaian tahapan move on yaitu kembali melakukan perjalanan pencarian tambatan hati baru. Bisa dibilang sebagai masa yang paling menyenangkan, masa pendekatan.

Tahapan berikutnya yang kita lalui saat move on adalah kembali mengalami masa PDKT dan kembali mengalami bagaimana rasanya suka kepada seseorang. Ada yang bilang kalau sedang jatuh cinta, rasanya itu menggelitik di perut, butterfly in my stomach. Kasmaran memengaruhi perubahan emosional dan kognitif kita. Saat kasmaran kita cenderung memfokuskan perhatian pada target personal yang kita punya, lebih obsesif, mudah teralih dan secara persisten memikirkan sosoknya yang sedang menjadi pusat dunia kita. 

Perasaan yang biasanya kita rasakan saat jatuh cinta adalah gabungan emosi yang meliputi perasaan ingin dicintai, euforia, mood swing, dan pola pikir bersedia melakukan apa pun untuk orang yang dicintai. Proses mulai suka sama orang adalah tahapan yang paling menyenangkan menurutku karena tidak ada tekanan sama sekali. Seperti saat kita tanpa sadar tersenyum saat mengingat potongan percakapan yang kita lakukan sebelum tidur. Sapaan pagi hari yang dia kirim, walaupun kita tahu sebenarnya itu hanya alasan agar bisa terus menyambung percakapan setiap harinya.

Perasaan yang biasanya kita rasakan saat jatuh cinta adalah gabungan emosi yang meliputi perasaan ingin dicintai, euforia, mood swing, dan pola pikir bersedia melakukan apa pun untuk orang yang dicintai.

Orang yang sedang kasmaran cenderung goal-directed dan mengubah kebiasaan mereka untuk membuat orang yang kita taksir terkesan atau pun agar bisa terus berkomunikasi dengan si dia. Mencoba nonton series yang dia ceritakan semalam suntuk atau bahkan mencoba memahami peraturan olahraga yang sama sekali belum pernah kita tonton sebelumnya. Sensasi kasmaran dikatakan juga setara dengan sensasi yang dirasakan saat orang menggunakan kokain. Meliputi perasaan gembira berlebih, energi ekstra, kesulitan tidur, dan juga penurunan selera makan. Tidak merasa lelah atau bosan karena ditutupi oleh rasa bahagia. Sama-sama candu, tapi jelas yang ini jauh lebih sehat.

Sensasi kasmaran dikatakan juga setara dengan sensasi yang dirasakan saat orang menggunakan kokain. Meliputi perasaan gembira berlebih, energi ekstra, kesulitan tidur, dan juga penurunan selera makan. Tidak merasa lelah atau bosan karena ditutupi oleh rasa bahagia. Sama-sama candu, tapi jelas yang ini jauh lebih sehat.

Dalam lagu Butterfly aku juga menceritakan bagaimana rasanya perasaan cinta dan kasmaran versiku sendiri. Menyenangkan rasanya saat kita sudah menerima perasaan jatuh cinta kembali yang sedang kita rasakan. Aku menjelaskan bagaimana rasa senang yang aku rasakan saat jatuh cinta. Jika pada tahapan-tahapan sebelumnya aku masih bertanya-tanya apakah ini yang dinamakan cinta? Bagaimana rasanya jatuh cinta?. Di tahap ini aku sudah menerima dan berusaha merayakan bahwa sepertinya aku memang sedang jatuh cinta. 

Aku menerima dan menikmati perasaan yang mungkin bisa saja dianggap terlalu cheesy. Rasanya tersipu pada kalimat-kalimat percakapan sederhana sebenarnya biasa kita dengar sehari-hari. Kenapa aku membuat lirik lagu Butterfly dengan kalimat yang ringan, karena aku ingin lebih personal dalam musik. Aku ingin saat aku menyanyikan lagu rasanya seperti cerita dengan teman. Melalui lagu Butterfly aku juga menggambarkan sudut pandang perempuan saat sedang kasmaran. Semua rasa gembira aku tuangkan di lagu ini, dari segi musik dan notas juga berbeda dengan lagu lain di album Camellia ini. Butterfly jadi lagu yang membangun mood aku, mungkin ketika lagi sedih atau penat bisa kembali membuat aku lebih gembira.

Saat kita curhat dengan sahabat terdekat dan menceritakan sesosok pria yang sedang dekat dengan kita belakangan ini. Semuanya masih terasa manis dan semarak. Bagaimana senyum dan sapaan sederhana yang ia ucapkan berhasil membuat hariku cerah. Lagu ini memang sangat sederhana, seperti halnya saat kita sedang kasmaran. Mungkin sebenarnya perasaan yang kita alami kompleks tapi, toh ekspresinya tetap sama yaitu kegembiraan yang aku rasakan saat sedang kembali merasakan yang dinamakan jatuh cinta.

Related Articles

Card image
Circle
Food For Thought: Memaknai Kehadiran Orang Lain

Sering kali kita berusaha untuk memaksakan cara kita untuk menunjukkan rasa kasih sayang terhadap orang lain tanpa berusaha saling memahami. Melaui serial dan film berikut kita bisa belajar memaknai kehadiran orang lain dalam hidup kita.

By Greatmind
30 April 2022
Card image
Circle
Bertemu Teman Lama

Terkadang kita sulit menemukan waktu yang tepat untuk bisa memulai percakapan dengan kawan yang mungkin dulu pernah menghabiskan banyak waktu dengan kita. Maka, tak jarang bulan suci ini juga menjadi momen yang tepat untuk digunakan sebagai cara menyambung kembali silaturahmi yang ada.

By Greatmind
23 April 2022
Card image
Circle
Bicara Tentang Perpisahan

Setiap orang punya caranya sendiri-sendiri saat melihat momen patah hati. Ada yang mungkin merasa berat dalam melewatkan momen-momen sepi setelahnya atau mungkin perubahan kebiasaan yang terjadi tiba-tiba. Buat saya sendiri, hal yang paling berat dari mengalami patah hati adalah ketika kita harus menjalani proses patah hati hingga kembali sembuh. 

By Elnanda Utomo
09 April 2022