Circle Lifehacks

Pelukan Yang Menyembuhkan

Alvin Bolang

@jakarta1000islands

Pendekap Profesional

Ilustrasi Oleh: Salv Studio

Pelukan selalu bisa memberi ketenangan, kebahagiaan dan kesembuhan. Melakukannya pun mudah. Sayangnya, kita tak selalu bisa dengan mudah memberi dan mendapatkannya.

Seberapa sering kita memeluk orang-orang terkasih setiap hari? Meski terlihat sebagai sebuah tindakan kecil dan sederhana, sebuah pelukan bisa menjadi penawar bagi banyak sekali rasa tak menyenangkan, juga membuat rasa bahagia menjadi lebih bermakna. Dalam keadaan duka, sebuah pelukan akan menjadi penawar yang membuat seseorang lebih tenang sementara dalam keadaan bahagia, pelukan akan bisa membuat kebahagiaan itu berkali-kali lipat terlihat lebih indah.

Berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat pelukan. Beberapa manfaat itu antara lain, bisa mengurangi stres, melindungi tubuh dari penyakit, meningkatkan kesehatan, membuat lebih bahagia, membantu mengurangi rasa takut, dan mengurangi rasa sakit. Sayangnya, tak semua orang punya keberuntungan memiliki keluarga atau sahabat yang bisa memberikan pelukan. Di beberapa negara seperti Jepang, Amerika, dan beberapa negara lain, profesi sebagai pendekap atau professional cuddler memang telah banyak dilakoni dan mendapat sambutan yang sangat baik karena ada banyak sekali orang yang tak memiliki keistimewaan untuk memiliki orang-orang yang bisa setiap saat memberi mereka pelukan.

Hal ini mengispirasi saya menjadi pendekap. Barangkali profesi ini memang masih terasa asing di sini. Tapi saya merasa, ada banyak sekali orang yang akan bisa terbantu dengan keberadaan saya sebagai pendekap. Tugas seorang pendekap cuma satu – menjadi teman yang mampu mendengar dan memberi semua perhatian yang baik kepada klien secara profesional. Saya menyebut layanan ini dengan nama Prodekap yang ditujukan secara khusus untuk orang-orang yang mengalami kelelahan secara mental atau juga yang sekedar membutuhkan teman yang dapat dipercaya.

Masing-masing orang punya alasan tersendiri kenapa mereka membutuhkan pelukan. Sebab secara alami, semua orang memiliki kebutuhan untuk didengarkan atau diberi pelukan yang hangat dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti “bagaimana keadaanmu hari ini?” Sesederhana itu. Sayangnya, kesederhanaan itu telah berubah menjadi barang mewah belakangan ini.

Secara alami, semua orang memiliki kebutuhan untuk didengarkan atau diberi pelukan yang hangat dengan pertanyaan sederhana seperti ‘bagaimana keadaanmu hari ini?’

Dari pengalaman memberikan layanan Prodekap ini, saya melihat serta membuktikan sendiri bagaimana luar biasanya kekuatan dari sebuah pelukan. Saya melihat bagaimana sebuah pelukan mampu menyerap energi negatif dari seseorang. Seseorang bisa kembali merasa percaya diri, menemukan kelegaan, kembali bersemangat, dan merasa nyaman – lalu bisa pulang dengan senyum dan energi positif. Sejauh ini, tanggapan yang saya peroleh juga sangat positif. Semua orang yang datang pada saya untuk mendapat layanan Prodekap ini sangat menghargai dan bisa bekerja sama dengan baik, tidak ada yang macam-macam atau menjurus pada hal-hal di luar batas norma. Semua datang dengan niat baik karena pada dasarnya mereka memang punya hati yang sangat baik.

Terus terang, saya senang sekali dengan tanggapan yang sangat positif pada Prodekap. Selama ini kita masih salah dalam menanggapi pelukan, padahal pelukan adalah sarana jembatan penghubung emosi antar manusia dan sangat baik untuk kesehatan jiwa. Kita membutuhkan lebih banyak informasi yang terbuka dan terpercaya untuk bisa mensosialisasikan pentingnya pelukan bagi manusia, dan dapat melakukannya dengan baik sebagai sebuah bentuk afeksi yang sangat manusiawi. Anggapan yang kerap mengaitkan pelukan melulu pada ranah sensual, perlu dikikis perlahan, agar kita bisa mendudukkan pelukan sebagai sebuah kebutuhan mendasar manusia tanpa harus menyeretnya pada dikotomi baik-buruk dan benar-salah. Sebab, kita semua butuh mendapat dan memberikan manfaat baik dari pelukan.

Pelukan mampu menyerap energi negatif dari seseorang, memberi rasa percaya diri, membantu menemukan kelegaan, kembali bersemangat, dan rasa nyaman.

Related Articles

Card image
Circle
Kembali Merangkai Sebuah Keluarga

Selama aku tumbuh besar, aku tidak pernah merasa pantas untuk disayang. Mungkin karena aku tidak pernah merasakan kasih sayang hangat dari kedua orang tua saat kecil. Sejauh ingatan yang bisa aku kenang, sosok yang selalu hadir semasa aku kecil hingga remaja adalah Popo dan Kung-Kung.

By Greatmind
24 November 2023
Card image
Circle
Pernah Deep Talk Sama Orang Tua?

Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali lo ngobrol bareng ibu atau bapak? Bukan, bukan hanya sekedar bertanya sudah makan atau belum lalu kemudian selesai, melainkan perbincangan yang lebih mendalam mengenai apa yang sedang lo kerjakan atau usahakan.

By Greatmind x Folkative
26 August 2023
Card image
Circle
Berdaya dan Berkontribusi

Ketertarikanku untuk berbagi mengenai pengalaman dan tips pengembangan diri sebenarnya dimulai ketika aku bekerja di salah satu perusahaan konsultan keuangan di Jakarta. Saat itu, banyak yang bertanya melalui media sosial mengenai kiat untuk bisa bekarir di perusahaan tersebut. Lalu setelahnya, aku juga mulai berbagi mengenai topik pengembangan diri dan karir.

By Lavina Sabila
20 May 2023