Circle Work & Money

Mengurai Jadwal

Sulung Landung

@sulunglandung

Pendiri Artist Management

Ilustrasi Oleh: Salv Studio

Saya sangat sering mendapat pertanyaan dari klien maupun teman tentang apa yang paling menyenangkan sekaligus bikin pusing sebagai manajer artis. Dengan gamblang saya jawab, “Mengatur jadwal mereka.” Pekerjaan ini tidak pernah akan selesai, selama mereka masih eksis di industri hiburan. Jadwal adalah salah satu komponen terpenting dalam karir mereka.

Sebagai founder dari Avatara88 yang mengurus 14 orang artis, sangatlah tidak mudah mengatur jadwal sekaligus waktu mereka. Dalam satu hari beberapa artis pada waktu yang bersamaan mendapat pekerjaan. Ada yang menjadi bintang tamu di salah satu televisi, ada yang reading film terbaru mereka, yang lain menjalani shooting film terbarunya, ada juga yang sedang promosi film terbarunya, belum lagi yang terlibat di berbagai acara off air dalam waktu yang bersamaan.

Dalam mengatur jadwal semua artis yang bernaung di Avatara88, saya dibantu oleh empat manajer yang masing-masing membawahi beberapa artis. Kami mempunyai grup WhatsApp di antara saya dengan para manajer, grup WhatsApp antara artis dengan saya, dan manajer. Tujuannya adalah untuk koordinasi dan tidak ada jadwal yang terlewatkan. Grup WhatsApp ternyata sangat membantu kelancaran koordinasi dan mengatur jadwal para artis – semua jadwal yang sudah deal maupun masih berupa penawaran akan dibagikan di grup tersebut, semua permasalahan dan keterbenturan jadwal kami diskusikan dan bahas pula di sana.

Buat saya pribadi ini membutuhkan skill tersendiri di dalam membaca semua pesan yang masuk dengan permasalahan dan kompleksitas yang berbeda-beda. Saya harus membaca dengan seksama semua pesan yang masuk, memberi masukan, mengambil keputusan, dan berdiskusi dengan artis serta manajer untuk mencari solusinya.

Membutuhkan skill tersendiri di dalam membaca semua pesan yang masuk dengan permasalahan dan kompleksitas yang berbeda-beda.

Agar semua jadwal berjalan dengan lancar tentunya perlu komitmen dari artis untuk berkomitmen melaksanakan semua jadwal yang sudah disepakati dan disusun bersama. Saya sangat menyadari hal ini tidak mudah juga buat mereka terutama bagi artis yang sudah berkeluarga dan punya anak. Mereka harus juggling antara shooting, melakukan photoshoot, tampil di acara off air, menjadi bintang tamu, menghadiri acara, dan masih harus menyiapkan waktu untuk keluarga mereka. Saya selalu sampaikan kepada para manajer kami tidak boleh langsung ambil kerjaan tanpa berkonsultasi dengan para artis terlebih dahulu. Semua tawaran kami diskusikan terutama soal pengaturan jadwal, karena itu adalah hal yang paling krusial. Selama ini apakah kami pernah mengalami clash soal jadwal? Tentu saja pernah. Terus terang ini yang membuat pusing kepala!

Awal tahun ini salah satu artis Avatara88 mengalami bentrokan jadwal yang cukup memusingkan kepala. Pada waktu yang bersamaan harus shooting dua film. Film pertama shootingnya di Jakarta, sedangkan film lainnya di Banyuwangi, Jawa Timur. Kebayang kan betapa rumitnya situasi ini. Kami sudah mengatur sedemikian rupa tetap saja ada empat hari yang bentrok. Saya sangat bersyukur kedua sutradara adalah sosok yang akomodatif dan selalu mencari solusi, akhirnya setelah diatur sedemikian rupa oleh kedua belah pihak, ditemukan jalan keluar yang memungkinkan shooting kedua film ini berjalan dengan baik dan lancar.

Ada teman juga yang bertanya ke saya bagaimana saya meng-handle situasi ini selama bertahun tahun. Apakah saya tidak pernah stres dengan kondisi ini? Saya katakan mengatur jadwal artis adalah pekerjaan yang tidak pernah usai. Jadi sewaktu saya memutuskan mendirikan Avatara88 dan menjadi manajer artis saya sudah paham akan konsekuensi ini, kalau tidak siap dan merasa tertekan kepusingan mengatur jadwal jangan menjadi manajer artis. Saya selalu yakin, mau seribet apapun pengaturan jadwal, kalau ada intensi baik, memelihara kesabaran, tidak emosional, tidak terburu buru mengambil keputusan biar cepat beres, dan tidak dikuasi oleh emosi dan berkomunikasi secara intens dengan klien dan artis, pasti ada win-win solution-nya. Ini yang selalu menjadi keyakinan saya dalam berkerja dan berkarya.

Seribet apapun pengaturan jadwal, kalau ada intensi baik, memelihara kesabaran, tidak emosional, tidak terburu buru mengambil keputusan, dan tidak dikuasi oleh emosi, pasti ada win-win solution-nya.

Mengatur jadwal dan waktu para artis dengan segala macam warnanya adalah pembelajaran yang luar biasa buat saya dan para manajer. Kami belajar untuk mendengar, memahami, dan mengakomodir keinginan para artis untuk kemudian mencarikan solusi yang terbaik sehingga semuanya bisa berjalan dengan lancar. Kami pun harus bisa memahami dan mendengarkan keinginan klien sehingga tawaran yang diberikan bisa dieksekusi dengan lancar. Klien senang, artis merasa nyaman dan produktif berkarya, saya dan tim pun merasa bahagia karena bisa mengatur dan memberikan yang terbaik buat mereka. Tidak ada kerja keras yang dilakukan dari hati yang sia-sia. Ini adalah labor of love. Pekerjaan yang tidak pernah akan selesai selama memilih menjadi manajer artis. Untuk itu saya memilih merayakannya dengan penuh semangat dan sukacita.

Tidak ada kerja keras yang dilakukan dari hati yang sia-sia.

Related Articles

Card image
Circle
Perjalanan Melalui Kegagalan

Perasaan gagal dan ragu akan diri sendiri memang menjadi salah satu permasalahan yang sedang dihadapi oleh banyak orang, terlebih generasi Millennial dan Gen Z. Bagi mereka yang mungkin sudah memasuki tahun ke-5 atau 6 perjalanan karir mereka, mulai timbul pertanyaan apakah memang ini pilihan yang tepat untuk masa depan?. Merasa bahwa dirinya tidak berkembang, ditambah dengan segala potongan informasi semu yang terpampang di media sosial.

By Greatmind X Festival Pulih
27 November 2021
Card image
Circle
Keraguan Untuk Kembali Jatuh Cinta

Sebuah penelitian mengatakan bahwa komponen dari rasa cinta adalah rasa saling membutuhkan, saling percaya, optimisme, serta kegembiraan tetapi di sisi lain juga berhubungan dengan perasaan depresi, gelisah, serta kehilangan fokus dan sulit untuk berkonsentrasi. Fakta ini bisa terasa sangat kontradiktif. Jatuh cinta memang sering kali membuat kita bingung sebenarnya bagaimana kita menghadapi perasaan positif dan negatif yang datang bersamaan.

By Sivia Azizah
20 November 2021
Card image
Circle
Beropini Sebagai Perempuan

Perempuan tak jarang mendapatkan standar yang berbeda di masyarakat. Beberapa orang masih ada yang beranggapan bahwa perempuan tidak harus punya karir yang cemerlang atau gelar pendidikan lebih tinggi dari sarjana. Padahal di zaman sekarang sepertinya perempuan sudah memiliki hak yang sama untuk memilih karir apa yang mereka inginkan atau setinggi apa tingkat pendidikan yang mereka mau tempuh.

By Greatmind X Fimela Fest 2021
20 November 2021