Self Lifehacks

Mengapresiasi Setiap Kehadiran

Setiap orang punya caranya sendiri dalam menyampaikan rasa sayang. Aku mengungkapkan rasa sayangku melalui waktu kebersamaan dan hadiah yang kuberikan. Memang lebih rumit rasanya untuk bisa menghabiskan waktu bersama orang terdekat terutama teman dan sahabat belakangan ini. Aku sendiri sebisa mungkin berusaha untuk tetap menjalin hubungan dengan menanyakan kabar teman-temanku melalui aplikasi chat ataupun video call. Tidak dapat dipungkiri bahwa rasa rindu berkumpul bersama teman-teman memang semakin terasa terutama saat masa PPKM mulai diberlakukan. 

Rasa sayang dan syukurku terhadap kehadiran orang-orang terkasih di hidupku pun aku sampaikan dalam lagu “Tiada Cinta Selain Kamu”. Aku sendiri memaknai pesan dalam lagu ini dengan sudut pandang bagaimana keluarga dan teman-teman terdekatku selalu ada saat aku butuh dukungan. Lirik dalam lagu ini aku hubungkan dengan pengalaman ku berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan kelaurga dan sahabat. Setiap orang dapat memaknai pesan dalam lagu ini menurut prespektifnya masing-masing bisa hubungan dengan pasangan, sahabat, keluarga, atau bahkan alam sekalipun.

Aku tahu bahwa mungkin tidak semua orang selamanya akan hadir dalam hidupku. People come to our life for a reason. Aku pun pernah merasakan bagaimana rasanya saat akhirnya teman baikku perlahan menjauh. Tidak mudah menerima hal ini, bahkan cukup membuatku merasa terpuruk. Tapi dari pengalaman itu aku sadar, selalu ada pelajaran yang bisa aku ambil dari hal ini. Di saat yang bersamaan aku juga belajar bagaimana cara menjaga hubungan pertemanan sebaik yang aku bisa.

Aku tahu bahwa mungkin tidak semua orang selamanya akan hadir dalam hidupku. Aku pun pernah merasakan bagaimana rasanya saat akhirnya teman baikku perlahan menjauh. Tidak mudah menerima hal ini, bahkan cukup membuatku merasa terpuruk.

Menjalin hubungan pertemanan jarak jauh memang butuh usaha lebih. Salah satu siasatku adalah untuk mencoba tetap menyapa teman-temanku sesuai waktu nun jauh di sana. Meski mungkin balasannya tak secepat sebelumnya, tapi aku tetap mengusahakan percakapan kita terus berlanjut. Dulu mungkin aku akan khawatir ketika tidak menerima balasan dengan cepat, tetapi seiring berjalannya waktu aku mulai paham bahwa setiap orang punya kesibukannya masing-masing. Aku tidak ingin membebani pikiranku dengan hal-hal kecil yang sebenarnya hanya terjadi di dalam kepalaku sendiri. Setiap hubungan baik itu pertemanan atau keluarga sekalipun kita tetap butuh ruang untuk diri kita sendiri. 

Setiap hubungan baik itu pertemanan atau keluarga sekalipun kita tetap butuh ruang untuk diri kita sendiri. 

Terkadang pertemanan juga bisa datang dari mana saja entah itu virtual maupun pertemuan secara langsung. Aku dan teman-temanku juga memiliki kepribadian yang berbeda, tapi juga bisa saling melengkapi satu sama lain. Saling melengkapi juga berarti bisa saling berbeda pendapat dalam menilai suatu hal. Untuk itu, aku berusaha untuk tidak terlalu melibatkan perasaan personal saat mengalami perbedaan pendapat. Karena hubungan pertemanan, selayaknya hubungan antar manusia lainnya dibutuhkan rasa toleransi dan saling percaya satu sama lain. Di saat yang bersamaan, perbedaan pendapat juga menjadi hal yang menarik perhatianku. Bagaimana individu bisa memiliki pola pikir dan sudut pandang yang berbeda dalam menyikapi situasi atau permasalahan yang sama. 

Saling melengkapi juga berarti bisa saling berbeda pendapat dalam menilai suatu hal.

Di masa pandemi saat ini penting untuk terus menjalin hubungan dengan orang-orang terdekat kita. Jangan ragu untuk mulai menyapa dan menanyakan kabar teman atau sahabat kita yang belum bisa kita temui secara langsung. Tunjukkan bahwa kita menghargai kehadiran mereka dalam hidup kita, karena kita tidak pernah tahu kapan berita buruk akan datang. Salah satu caraku mengapresiasi kehadiran orang-orang terkasih dalam hidupku adalah melalui lagu terbaru yang aku rilis ini.

Jangan ragu untuk mulai menyapa dan menanyakan kabar teman atau sahabat kita yang belum bisa kita temui secara langsung. Tunjukan bahwa kita menghargai kehadiran mereka dalam hidup kita, karena kita tidak pernah tahu kapan berita buruk akan datang.

Related Articles

Card image
Self
Tantangan Meregulasi Emosi

Pada dasarnya bukan emosi yang membuat kita melalui turbulensi perasaan melainkan cara kita menafsirkan emosi sehingga kita merasa tidak sanggup menoleransi emosi yang dirasakan. Intensitas emosi yang kita rasakan bisa dipengaruhi berbagai hal seperti trauma masa kecil atau kondisi fisik yang sedang memburuk. Kondisi-kondisi ini dapat memperparah situasi, ditambah dengan regulasi emosi yang belum optimal.

By David Irianto
11 September 2021
Card image
Self
Musik Sebagai Medium Bercerita

Apapun yang kita lalui dalam hidup entah itu sangat menyiksa atau sangat membahagiakan, melalui musik kita selalu dapat menyajikannya menjadi sesuatu yang indah. Musik mampu menghantarkan kejadian yang sangat buruk sekalipun menjadi sesuatu karya yang menawan. Sekelam apa pun pengalaman yang kita rasakan, aku percaya itu tetap bisa disampaikan dari perspektif yang artistik. 

By FLØRE
11 September 2021
Card image
Self
Belajar Dari Perjalanan

Terjebak di negeri asing saat pandemi masih baru terdengar memberikan banyak perlajaran untukku. Keriuhan yang terjadi lantaran runtutan pembatalan penerbangan dari berbagai negara juga sempat membuatku cemas untuk sesaat. Pandemi ini cukup berdampak padaku yang terbiasa hidup dari satu acara ke acara lainnya. Tanpa diduga pekerjaanku harus hilang dalam sekejap mata. Banyak hal terjadi di awal tahun 2020 lalu, baik dari segi finansial maupun personal.

By Chiki Fawzi
11 September 2021