Seiring dengan pertambahan usia, tak jarang kita dihadapkan dengan beberapa pilihan. Satu di antaranya adalah memilih teman. Ada pepatah yang mengatakan seharusnya kita berteman dengan semua orang. Nyatanya dalam kehidupan sehari-hari teman memang datang dan pergi. Bisa karena beragam alasan tapi umumnya dapat dibagi menjadi dua. Kita yang memilih untuk menjauh atau sebaliknya, teman kita yang memilih untuk melangkah ke arah yang berbeda. Memilih teman tidak ada salahnya, terkadang malah justru harus dilakukan. 

Tentu hal ini jangan disalahartikan, lantas menjadi pribadi yang ketus dan arogan kepada orang yang tidak kita asosiasikan sebagai teman. Senyum, sapa, salam. Slogan yang mungkin terakhir kali kita dengan saat masih menggunakan seragam putih abu-abu sebenarnya akan selalu relevan dalam setiap rentang usia. Menjadi ramah dan bersikap baik terhadap sesama rasanya bukan hanya perlu dilakukan kepada teman sepermainan, melainkan kepada setiap makhluk yang juga berbagi tempat tinggal bersama kita di bumi.

Menjadi ramah dan bersikap baik terhadap sesama rasanya bukan hanya perlu dilakukan kepada teman sepermainan, melainkan kepada setiap makhluk yang juga berbagi tempat tinggal bersama kita di bumi.

Ada beberapa penelitian ilmiah yang mengungkapkan sejumlah alasan mengapa ternyata memilih teman dapat menjadi penunjang kesejahteraan hidup kita. Alasan pertama adalah hasil penelitian dari Universitas Duke, Amerika Serikat. Penelitian yang dilakukan di tahun 2013 ini menyatakan bahwa berteman dengan orang yang memiliki kemauan yang keras dapat memengaruhi sikap kita dalam mencapai tujuan. Setiap orang bebas memiliki pandangan yang berbeda dalam memaknai tujuan hidup. Ada yang cenderung ambisius, ada pula yang memilih mengikuti arus kehidupan. Bagi kamu yang mungkin merasa memiliki kontrol diri yang terlalu rendah, berteman dengan orang yang lebih ambisius mungkin bisa membantu dirimu agar lebih seimbang.

Setiap orang bebas memiliki pandangan yang berbeda dalam memaknai tujuan hidup. Ada yang cenderung ambisius, ada pula yang memilih mengikuti arus kehidupan. Bagi kamu yang mungkin merasa memiliki kontrol diri yang terlalu rendah, berteman dengan orang yang lebih ambisius mungkin bisa membantu dirimu agar lebih seimbang.

Di sisi lain punya terlalu banyak teman tanpa hubungan yang sehat juga dapat mengarah pada peningkatan level depresi dalam diri kita. Media sosial contohnya, teknologi ini sebenarnya memungkinkan kita untuk mendapat lebih banyak “teman” yang bisa kita temukan di dunia nyata. Sayangnya, tidak semua orang dapat mengelola pertemanan digital ini dengan baik, beberapa di antara kita terkadang merasa terbebani dengan segala informasi yang melimpah ketika berkawan lewat internet. Tentu saja sudah sering kali kita dengar bahwa di media sosial orang hanya akan menampilkan sisi terbaik yang ingin ditampilkan, meski demikian terkadang informasi yang muncul terlalu cepat sehingga kita terlanjur memproses segala informasi begitu saja di dalam otak yang setelahnya dapat menimbulkan stress.

Alasan terkahir mengapa kita perlu memilih teman adalah karena lingkungan kita juga memiliki andil dalam pengambilan keputusan dalam hidup. Bisa jadi sesederhana menu makan siang, atau pilihan camilan sore antara cilok atau boba. Kemudian bisa menjadi pilihan yang lebih penting seperti jurusan kuliah hingga pilihan cara investasi keuangan. Selain itu penting juga untuk memilih teman yang mampu mengingatkan kita untuk tetap bersenang-senang dalam hidup, toh, kita tidak hanya robot yang bekerja. Kita juga butuh orang-orang yang mengingatkan kita bahwa kita tidak perlu dan memang tidak akan bisa menjadi sempurna.

Penting juga untuk memilih teman yang mampu mengingatkan kita untuk tetap bersenang-senang dalam hidup, toh, kita tidak hanya robot yang bekerja. Kita juga butuh orang-orang yang mengingatkan kita bahwa kita tidak perlu dan memang tidak akan bisa menjadi sempurna.

Jadi, kalau memang sedang merasa ada teman-teman masa kecil kita yang perlahan menjauh, kita tetap punya kendali akan keputusan yang kita ambil. Bisa diperjuangkan kembali jika memang dirasa itu yang kita butuhkan, atau sepakat untuk berjalan masing-masing. Tetap menyapa juga sama pentingnya dengan sepakat berjalan terpisah, sekadar ucapan selamat ulang tahun atau tahun baru juga bisa dilakukan, walaupun sudah tidak lagi memutuskan untuk berbagai keresahan, setidaknya untuk menghargai waktu yang dulu pernah dihabiskan. Memilih teman tidak masalah, tidak ada pihak yang salah melainkan hanya berbeda tujuan.

Jadi, kalau memang sedang merasa ada teman-teman masa kecil kita yang perlahan menjauh, kita tetap punya kendali akan keputusan yang kita ambil. Bisa diperjuangkan kembali jika memang dirasa itu yang kita butuhkan, atau sepakat untuk berjalan masing-masing. 

 

Referensi:

Shea, C. T., Davisson, E. K., & Fitzsimons, G. M. (2013). Riding other people’s coattails: Individuals with low self-control value self-control in other people. Psychological science, 24(6), 1031-1036.

Related Articles

Card image
Circle
Kembali Merangkai Sebuah Keluarga

Selama aku tumbuh besar, aku tidak pernah merasa pantas untuk disayang. Mungkin karena aku tidak pernah merasakan kasih sayang hangat dari kedua orang tua saat kecil. Sejauh ingatan yang bisa aku kenang, sosok yang selalu hadir semasa aku kecil hingga remaja adalah Popo dan Kung-Kung.

By Greatmind
24 November 2023
Card image
Circle
Pernah Deep Talk Sama Orang Tua?

Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali lo ngobrol bareng ibu atau bapak? Bukan, bukan hanya sekedar bertanya sudah makan atau belum lalu kemudian selesai, melainkan perbincangan yang lebih mendalam mengenai apa yang sedang lo kerjakan atau usahakan.

By Greatmind x Folkative
26 August 2023
Card image
Circle
Berdaya dan Berkontribusi

Ketertarikanku untuk berbagi mengenai pengalaman dan tips pengembangan diri sebenarnya dimulai ketika aku bekerja di salah satu perusahaan konsultan keuangan di Jakarta. Saat itu, banyak yang bertanya melalui media sosial mengenai kiat untuk bisa bekarir di perusahaan tersebut. Lalu setelahnya, aku juga mulai berbagi mengenai topik pengembangan diri dan karir.

By Lavina Sabila
20 May 2023