Circle Art & Culture

Membangun Rasa Tanpa Kata

Kita sebagai manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Kita tidak dapat hidup sendiri dan tidak mungkin terputus dengan manusia-manusia yang lain. Atas dasar itu kemudian menjadi hal yang penting untuk mempertanyakan tujuan keberadaan kita di antara manusia lainnya.

Orang akan mengingat kita sebagai manusia yang seperti apa.

Dari awal berdirinya Papermoon Puppet Theatre, saya dan Iwan memulainya dengan tujuan sederhana – kami ingin bisa membawa berkah untuk banyak orang. Kami ingin bisa memberi arti lebih bagi setiap orang.

Lewat teater boneka lah ternyata berkah itu ternyata dapat tersalurkan. Saat orang tersentuh pada cerita yang kami bawakan. Saat mereka dapat bereaksi pada boneka-boneka yang kami gerakkan.

Dari sana saya akhirnya mempelajari bahwa manusia ternyata butuh jembatan untuk bicara. Terkadang bicara langsung dengan orang lain itu menjadi sesuatu yang sulit. Sementara lewat boneka – makhluk yang diam begitu saja apa adanya, membangun rasa justru lebih mudah. Meskipun tanpa kata-kata.

Related Articles

Card image
Circle
Berbagi Kasih Sayang Agar Lebih Bahagia

Afeksi adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh setiap individu, ini merupakan kebutuhan yang biasanya ingin kita dapatkan dari orang lain. Termasuk dari hubungan keluarga seperti orang tua dan saudara, guru, sahabat, hingga pasangan. 

By Greatmind
18 June 2022
Card image
Circle
Saling Mendengar dan Menghargai

Sebenarnya berkerja bersama saudara kandung ada kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sebagai kayak beradik, tentu kami tidak merasakan kesulitan untuk membangun hubungan emosional satu sama lain.

By Kanda Brothers
11 June 2022
Card image
Circle
Tak Perlu Canggung Bahas Pendidikan Seksual

Bagiku, ketika aku masih duduk di bangku SMP atau SMA aku merasa butuh sosok orang dewasa yang bisa diajak ngobrol dengan lebih terbuka mengenai topik-topik yang selama ini dianggap tabu. Jadi, tujuanku untuk mendalami pendidikan seksuall adalah agar topik ini dapat dinormalisir pembahasannya di negara kita.

By Zhafira Aqyla
28 May 2022