Circle Art & Culture

Keragaman Emosi dan Keindahan dalam Film

SeBioskop rasanya menjadi salah satu tempat yang dirindukan selama pandemi dalam beberapa tahun terakhir ini. Setelah keadaan sudah berangsur membaik, sekarang kita sudah bisa kembali menonton film bersama dengan orang-orang terkasih sambil tentu saja tetap mengikuti protokol yang berlaku. Setiap orang mungkin memiliki pengalamannya masing-masing saat mononton film, juga mungkin punya film andalan yang selalu diputar saat merasa jenuh atau mungkin butuh teman saat makan siang.

Film sebagai salah satu produk budaya juga bisa mengenalkan kita pada budaya dan juga hal-hal baru yang mungkin selama ini jarang kita temui sehari-hari. Bisa jadi karena hal tersebut merupakan budaya dari negara lain atau bisa juga karena kisah-kisah tersebut luput dari padangan kita saat berkegiatan. 

Ada banyak cara untuk bisa menikmati film, mulai dari menonton di layar ponsel, bioskop, hingga pemutaran dalam festival film. Film-film yang diputarkan dalam festival biasanya merupakan film yang memiliki ciri khas tersendiri dengan suguhan cerita yang mungkin jarang kita temui. Di tahun ini, Sundance Film Festival Asia kembali diselenggarakan Hadir secara online dan juga offline di Jakarta pada 25-28 Agustus 2022.

Sundance Film Festival: Asia akan menampilkan tujuh film panjang, terdiri dari empat karya fiksi dan tiga karya non-fiksi. Deretan film tersebut sudah melalui kurasi oleh tim programming Sundance. Di sepanjang penyelenggaraan festival, penonton juga berkesempatan untuk menyaksikan beragam panel diskusi dari pembicara yang berasal dari dalam dan luar negeri. 

Tidak hanya pemutaran film dan panel diskusi, untuk terus mendukung perkembangan industri perfilman, Sundance Institute juga akan mengadakah pelatihan penulisan naskah secara intensif selama festival berlangsung. Acara ini ditujukan untuk memberikan panggung serta dukungan bagi talenta-talenta baru dalam dunia perfilman Indonesia. Nantinya para talenta yang terpilih akan mendapatkan kesempatan dalam bentuk bimbingan kreatif dan kesempatan untuk berbincang dengan para pakar di industri film serta staf program Sundance Institute untuk mereka yang sedang mengerjakan film panjang pertama ataupun keduanya.

Sundance Film Festival: Asia berusaha untuk menawarkan kesempatan bagi individu-individu berbakat di dunia film independen untuk bisa saling berinteraksi dan memperdalam hubungan satu sama lain. Festival film ini akan dilangsungkan secara offline untuk pertama kali di Indonesia. Melalui acara ini diharapkan akan dapat memberikan pengalaman yang menghibur, keragaman emosi, dan juga keindahan melalui film-film yang disajikan pada para penonton di Indonesia.

Saat kita mungkin belum berkesempatan untuk bisa melihat banyak keragaman emosi dan keindahan, film memberikan kita peluang untuk bisa melihat hal tersebut bahkan dari rumah.

Tentu tidak semua hal dalam film bisa kita terima mentah-mentah, tapi kreativitas tanpa batas yang berusaha dihadirkan oleh individu-individu yang bergerak dibidangnya juga perlu mendapat dukungan. Terlebih untuk bisa lebih mengenalkan ragam keindahan yang dimiliki Indonesia pada dunia.

Related Articles

Card image
Circle
Pirrou's Talk: Mengendalikan Obsesi

Menurut Dr. Perpetua Neo, obsesi berawal saat kita merasa vulnerable–rentan. Obsesi berkembang ketika orang yang mencoba untuk “live in their heads” daripada “living their life”. Untuk yang sering dipanggil wibu, tidak perlu merasa beda, inferior atau tidak pede. Obsesi tidak hanya berlaku untuk wibu, loh. Selain kultur Jepang, di dunia ini banyak kok orang-orang yang terobsesi dengan hal lain. 

By Pirrou Sophie
05 November 2022
Card image
Circle
Optimalisasi Kesehatan Diri dan Lingkungan

Tumbuh besar sebagai seorang anak dari orang tua yang bekerja di bidang kesehatan secara tidak langsung menumbuhkan rasa ingin tahu saya mengenai sektor kesehatan. Ibu saya adalah seorang apoteker dan ayah saya bekerja di sebuah rumah sakit. Beberapa tahun kemudian, ayah saya juga membuat klinik kecil di rumah.

By Gigih Septianto
08 October 2022
Card image
Circle
Menikmati Waktu

Saat mendengar kata “timeline ideal” sebagai individu sebenarnya hanya sebuah cara untuk membuat hidup kita lebih tertata. Punya lini masa dalam hidup menurutku di satu sisi bisa membantu kita untuk menentukan apa yang ingin kita jalani agar tidak kewalahan akan banyak hal.

By Satine Zaneta
01 October 2022