Circle Food For Thought

Food For Thought: Memaknai Kehadiran Orang Lain

Kehadiran setiap orang dalam hidup kita memberikan memori dan cerita sendiri yang tak jarang sulit kita pahami. Sering kali kita berusaha untuk memaksakan cara kita untuk menunjukkan rasa kasih sayang terhadap orang lain tanpa berusaha saling berempati. Melaui serial dan film berikut kita bisa belajar memaknai kehadiran orang lain dalam hidup kita.

Hello, My Twenties! 2

Berkisah tentang lima perempuan muda yang tinggal bersama di Belle Epoque. Kelima individu ini tadinya adalah orang asing yang tidak mengenal satu sama lain dan datang dari beragam latar belakang. Mulai dari mahasiswi hingga pekerja. Setiap karakter dalam drama Korea ini memiliki trauma dan juga pengalaman masing-masing yang kemudian bertumbuh bersama untuk menyembuhkan trauma dan melalui perjalanan menjadi dewasa.

Di sini kita bisa melihat bagaimana prasangka yang kita punya terhadap orang lain belum tentu benar. Setiap orang pasti punya alasan akan sikap dan keputusan yang dirinya ambil. Peran dukungan orang lain dalam penyembuhan trauma juga menjadi salah satu poin menarik. Terutama dari penggambaran tokoh Jung Ye Eun yang mengalami trauma pasca mengalami kekerasan dalam hubungan sebagai sepasang kekasih. 

More Than Blue: The Series

Serial Taiwan ini merupakan sebuah karya adaptasi film Korea dari judul yang sama. Diawali dengan tantangan yang didapatkan oleh seorang produser musik Wang Po Han dan asistennya An Yi Chi yang harus menemukan pemegang hak cipta lagu yang akan digunakan dalam album terbaru penyanyi di label rekaman tempat mereka bekerja. Berbekal pengetahuan yang sangat minim, akhirnya Wang Po Han dan An Yi Chi berusaha menelusuri keberadaan K dan Cream sebagai pengarang dan penulis lirik untuk lagu yang akan mereka gunakan. 

Potongan-potongan petunjuk yang berhasil mereka temukan akhirnya mempertemukan mereka dengan Cindy, seorang fotografer yang pernah menjadikan K sebagai salah satu objek karyanya. Sayangnya Wang Po Han dan An Yi Chi harus menerima fakta bahwa K telah meninggal dunia sedangkan Cream tak lagi terdengar kabarnya.

Serial ini memberikan gambaran akan makna kehadiran orang lain dalam hidup kita. Setiap karakternya berusaha memberikan yang terbaik bagi orang yang mereka kasihi. K bahkan berusaha mencarikan Cream pendamping hidup setelah dirinya tahu bahwa mungkin sisa hidupnya tidak lama lagi. Di sisi lain Cream justru memutuskan untuk terus hadir dalam hidup K hingga akhir. Kita tidak akan pernah tahu kapan batas waktu kebersamaan kita dengan orang lain, kita hanya perlu hadir dan menghargai setiap momen yang dimiliki.

Sejuta Sayang Untuknya

Sejuta sayang untuknya adalah film karya sutradara Herwin Novianto. Menceritakan tentang Aktor Sagala, seorang pemain figuran yang berusaha keras untuk memenuhi seluruh kebutuhan anak semata wayangnya, Gina. Konflik kemudian hadir saat Gina yang menduduki bangku kelas tiga SMA menyadari kondisi keuangan keluarganya hingga dengan sengaja mendapat nilai rendah di ujian agar tidak perlu kuliah. Tanpa ia sangka justru keputusannya ini semakin memberatkan hati sang ayah.

Di usianya yang sudah senja, Aktor Sagala lantas terpaksa mempertimbangkan kembali mimpinya sebagai seorang aktor untuk memenuhi kebutuhan finansial keluarganya. Dilema antara memenuhi kebutuhan keluarga dan ego akan mimpi juga bisa kita lihat dalam film ini. Hubungan ayah dan anak ini kemudian semakin rumit ketika Gina secara diam-diam berusaha mencarikan pekerjaan lain untuk ayahnya. Mungkin kita terkadang sulit memahami bagaimana wujud perhatian yang diberikan orang lain terhadap kita, tak jarang kita hanya harus memahami bentuk kasih apa yang orang lain berikan pada diri kita. 

Related Articles

Card image
Circle
Mendukung Pemulihan Ekonomi Kreatif

Menjaga lebih sulit daripada mendapatkan sesuatu. Sepertinya istilah tersebut cukup sering kita dengar. Biasanya berhubungan dengan prestasi atau mungkin pencapaian yang bisa diraih oleh seorang individu. Memang mungkin benar.

By Greatmind
17 September 2022
Card image
Circle
Saling Mendukung Untuk Pulih Bersama

Dua tahun terakhir tentu menjadi masa-masa penuh tantangan bagi banyak orang. Mulai dari para pelajar yang harus rela tidak berjumpa tatap muka dengan teman-teman di sekolah, para pekerja kantoran yang tiba-tiba memiliki jam kerja yang lebih kabur, hingga para pengusaha dengan skala kecil dan menengah yang harus mengencangkan ikat pinggang bahkan gulung tikar dalam masa ini.

By Greatmind
27 August 2022
Card image
Circle
Menghidupkan Jakarta Sebagai Kota Buku

Jika kita berkaca mengenai akses yang masyarakat kita miliki terhadap buku, dibandingkan dengan warga Eropa misalnya, mungkin masih terbilang agak kurang. Pandemi juga secara tidak langsung memberi perubahan bagi pendistribusian buku kepada publik.

By Laura Prinsloo
27 August 2022