Circle Lifehacks

Beropini Sebagai Perempuan

Perempuan tak jarang mendapatkan standar yang berbeda di masyarakat. Beberapa orang masih ada yang beranggapan bahwa perempuan tidak harus punya karir yang cemerlang atau gelar pendidikan lebih tinggi dari sarjana. Perempuan pekerja tak jarang mendapat wejangan untuk tidak hanya memikirkan karir, nanti susah jodoh, katanya. Padahal di zaman sekarang sepertinya perempuan sudah memiliki hak yang sama untuk memilih karir apa yang mereka inginkan atau setinggi apa tingkat pendidikan yang mereka mau tempuh.

Perempuan pekerja tak jarang mendapat wejangan untuk tidak hanya memikirkan karir, nanti susah jodoh, katanya. Padahal di zaman sekarang sepertinya perempuan sudah memiliki hak yang sama untuk memilih karir apa yang mereka inginkan atau setinggi apa tingkat pendidikan yang mereka mau tempuh.

Sekarang sudah banyak sosok perempuan yang menyuarakan bahwa perempuan juga berhak memilih pilihan hidup mereka sendiri. Di berbagai sektor pekerjaan, mulai dari dunia hiburan hingga pemerintahan kita sudah mulai melihat nama-nama yang pantas menjadi panutan. Tidak hanya bagi sesama perempuan tetapi juga manusia secara umum. Meski tetap saja masih ada suara-suara yang mengatakan bahwa pilihan yang mereka ambil mungkin tidak lazim menurut pandangan sosial yang sebelumnya diyakini dalam masyarakat.

Tidak banyak perempuan yang berani menyuarakan opininya yang dianggap melawan arus. Belum semua orang siap menerima opini yang berbeda, sehingga tak jarang individu yang dianggap vokal bisa saja mendapatkan respons yang tidak diinginkan. Butuh keberanian lebih untuk bisa tetap teguh pada pendirian meski dibayang-bayangi oleh kemungkinan dianggap aneh. Tapi internet sekarang juga memberikan ruang berekspresi dan bersuara yang lebih leluasa, terutama bagi perempuan.

Butuh keberanian lebih untuk bisa tetap teguh pada pendirian meski dibayang-bayangi oleh kemungkinan dianggap aneh. Tapi internet sekarang juga memberikan ruang berekspresi dan bersuara yang lebih leluasa, terutama bagi perempuan.

Untuk itu, Fimela juga ingin mengapresiasi sosok perempuan maupun brand yang telah memberikan pengaruh positif bagi perempuan. Fimela Fest 2021, adalah event yang dilakukan secara online pada 19 November kemarin juga menghadirkan beragam kategori yaitu Fimela Magnificent Woman, Fimela Magnificent Family, Fimela Magnificent Celebrity, Fimela Magnificent Make Up Artist, Fimela Magnificent Brand of Fashion,  Fimela Magnificent Fashion Designer,  Fimela Magnificent Most Wanted Beauty Brand,  Fimela Magnificent Government Office,  Fimela Magnificent Healthcare Company,  Fimela Magnificent Environmental Brand, serta  Fimela Magnificent Streaming Platform. 

Acara rutin tahunan yang kali ini ini digelar secara virtual bertujuan mengapresiasi sosok perempuan yang sudah berani bersuara dengan harapan akan ada lebih banyak sosok-sosok perempuan lainnya yang dapat menentukan pilihan hidupnya berdasarkan keputusannya sendiri. Tentu saja mungkin perjalanan menuju lingkungan yang nyaman bagi perempuan untuk beropini, tapi Fimela berharap melalui penghargaan ini kita bisa mengapresiasi beberapa sosok perempuan yang sudah hadir saat ini.

Related Articles

Card image
Circle
Kembali Merangkai Sebuah Keluarga

Selama aku tumbuh besar, aku tidak pernah merasa pantas untuk disayang. Mungkin karena aku tidak pernah merasakan kasih sayang hangat dari kedua orang tua saat kecil. Sejauh ingatan yang bisa aku kenang, sosok yang selalu hadir semasa aku kecil hingga remaja adalah Popo dan Kung-Kung.

By Greatmind
24 November 2023
Card image
Circle
Pernah Deep Talk Sama Orang Tua?

Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali lo ngobrol bareng ibu atau bapak? Bukan, bukan hanya sekedar bertanya sudah makan atau belum lalu kemudian selesai, melainkan perbincangan yang lebih mendalam mengenai apa yang sedang lo kerjakan atau usahakan.

By Greatmind x Folkative
26 August 2023
Card image
Circle
Berdaya dan Berkontribusi

Ketertarikanku untuk berbagi mengenai pengalaman dan tips pengembangan diri sebenarnya dimulai ketika aku bekerja di salah satu perusahaan konsultan keuangan di Jakarta. Saat itu, banyak yang bertanya melalui media sosial mengenai kiat untuk bisa bekarir di perusahaan tersebut. Lalu setelahnya, aku juga mulai berbagi mengenai topik pengembangan diri dan karir.

By Lavina Sabila
20 May 2023