Circle Lifehacks

Berdiskusi Dengan Sehat

Greatmind

@greatmind.id

Redaksi

Ilustrasi Oleh: Salv Studio

Berbeda pendapat itu adalah hal yang biasa. Tetapi menghargai pendapat orang lain itu juga harus dibiasakan. Perlu perjuangan memang, apalagi saat pendapat kita berseberangan. Ada yang harus diingat, memutuskan pilihan dan pendapat itu juga didasari oleh wawasan, pandangan, serta pengalaman pribadi yang berbeda-beda.

Upayakan untuk selalu berdiskusi ketimbang harus berdebat kusir. Diskusi bersama dengan banyak orang bisa memperluas wawasan kita – juga bisa menemukan kesepakatan bersama untuk menemukan jalan keluar. Kita dapat membongkar suatu topik, membuat rencana aksi, atau menyelesaikan suatu masalah. Yang menjadi hal penting untuk diketahui, setiap orang punya peran yang sama kadarnya. Tidak ada pendapat yang buruk. Hargailah setiap pendapat karena setiap orang harus punya kontribusi.

Berbeda pendapat itu adalah hal yang biasa. Tetapi menghargai pendapat orang lain itu juga harus dibiasakan.

Sebelum memasuki diskusi, upayakan setiap ‘peserta’ melakukan riset agar apa yang diutarakan menjadi berbobot dan akan baik karena berdasarkan fakta sekaligus data. Bisa juga mengajukan pertanyaan untuk mendorong diskusi.

Meskipun demikian, saat belum memahami beberapa hal, ada baiknya juga mendapatkan informasi untuk klarifikasi. Kadang-kadang, orang mungkin tidak mengekspresikan diri sebaik yang mereka inginkan karena kurang informasi. Tetapi jika hal itu bisa ditanggulangi sebelum diskusi berlangsung maka apa yang menjadi sudut pandang kita akan cukup jelas.

Satu hal yang menarik menjelang pemilu adalah kita jadi terbiasa berdiskusi dengan orang yang acak. Pernahkah kita tiba-tiba berbincang dengan pengemudi taksi online tentang pilihannya? Manfaat diskusi juga memberi kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang biasanya tidak diajak bicara. Hal ini juga berarti ada kesempatan untuk belajar dari pengalaman orang lain yang akan memperluas wawasan. Jangan terlalu fokus dengan apa yang diyakini, karena dapat menutup kemungkinan mempelajari sesuatu yang baru.

Jangan terlalu fokus dengan apa yang diyakini, karena dapat menutup kemungkinan mempelajari sesuatu yang baru.

Bisa saja dalam sebuah diskusi ada kejutan pemikiran dari orang lain. Apapun itu, cobalah untuk berpikir sejenak sebelum merespons. Cobalah untuk menempatkan diri pada posisi orang lain untuk melihat dari mana pemikiran itu berasal.

Mendengarkan, adalah satu bagian penting dari diskusi. Dengarkan apa yang orang lain katakan. Berada dalam diskusi yang terpenting adalah pendapat dan kesepakatan bersama.

Untuk mendengarkan dengan baik, jangan hanya memikirkan apa yang ingin dikatakan. Sebaiknya, cobalah membuat catatan singkat meskipun hanya di benak tentang apa yang dikatakan orang lain, sehingga kita bisa menjadi rujukan saat mengemukakan pendapat. Namun sebaliknya, jika tidak memahami sesuatu, ajukan pertanyaan tindak lanjut. Orang lain kemungkinan akan menghargai bahwa ada ketertarikan dengan apa yang mereka katakan.

Yang tidak kalah penting, saat memiliki pemikiran yang bagus, pertahankan hingga tiba waktu yang tepat untuk dipaparkan. Jangan memotong pendapat orang lain saat mereka membagikan pemikiran. Kita dapat menuliskan beberapa kata untuk mengingatkan diri sendiri untuk membagikannya begitu giliran berbicara.

Cobalah untuk menempatkan diri pada posisi orang lain untuk melihat dari mana pemikiran itu berasal.

Related Articles

Card image
Circle
Perbedaan Bukan Halangan

Kita perlu akui bahwa di Indonesia, hubungan beda agama masih menjadi masalah besar. Kalau kita tidak mampu menyelesaikan masalahnya, saling kompromi saat berproses, pasti ada sesuatu yang terjadi di depan.  Kami berdua sama-sama yakin dan percaya bahwa memang agama itu sebuah hal yang diturunkan di bumi untuk hal-hal yang positif. Tidak mungkin kemudian kita berdua ribut, ujungnya karena agama.

By Della Dartyan
04 December 2021
Card image
Circle
Perjalanan Melalui Kegagalan

Perasaan gagal dan ragu akan diri sendiri memang menjadi salah satu permasalahan yang sedang dihadapi oleh banyak orang, terlebih generasi Millennial dan Gen Z. Bagi mereka yang mungkin sudah memasuki tahun ke-5 atau 6 perjalanan karir mereka, mulai timbul pertanyaan apakah memang ini pilihan yang tepat untuk masa depan?. Merasa bahwa dirinya tidak berkembang, ditambah dengan segala potongan informasi semu yang terpampang di media sosial.

By Greatmind X Festival Pulih
27 November 2021
Card image
Circle
Keraguan Untuk Kembali Jatuh Cinta

Sebuah penelitian mengatakan bahwa komponen dari rasa cinta adalah rasa saling membutuhkan, saling percaya, optimisme, serta kegembiraan tetapi di sisi lain juga berhubungan dengan perasaan depresi, gelisah, serta kehilangan fokus dan sulit untuk berkonsentrasi. Fakta ini bisa terasa sangat kontradiktif. Jatuh cinta memang sering kali membuat kita bingung sebenarnya bagaimana kita menghadapi perasaan positif dan negatif yang datang bersamaan.

By Sivia Azizah
20 November 2021