Society Lifehacks

Bernaung Dalam Kenyamanan

Arti rumah bisa menjadi berbeda untuk setiap orang. Ada yang mengisyaratkan bahwa rumah adalah tempat pertama kita belajar segala sesuatu di dunia. Ada pula yang mendefinisikan rumah secara simbolis.  Bukan sebagai sebuah bangunan semata melainkan situasi di mana kita berada bersama orang-orang tercinta. Namun dari segala persepsi tentang rumah, satu yang pasti adalah kata “rumah” selalu menjadi ruang kita manusia bisa merasa aman dan nyaman. Jika kita bicara tentang rumah dalam konteks sebuah bangunan, kita pasti mendambakan sebuah tempat nan nyaman untuk kita melakukan keseharian. Juga sebuah tempat nan aman dengan atap yang melindungi dari panas dan hujan serta tembok yang kuat dari terpaan angin.

Agar lebih kerasan, tentu saja yang kita butuhkan tidak hanya ketiga faktor tersebut. Rumah yang ideal adalah rumah yang bisa membuat kita betah berlama-lama di dalamnya. Ruang yang bisa membuat kita semangat kala bangun tidur untuk memulai hari dan yang menenangkan pikiran, hati dan tubuh kala hendak menutup hari. Apalagi belakangan kita diharuskan untuk berada lebih banyak di rumah. Bayangkan jika baru menapakkan kaki di depan pintu saja kita sudah merasa enggan menghabiskan waktu di rumah. Bagaimana kita bisa menjalani keseharian di rumah dengan rasa gusar? Lalu bagaimana kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik di rumah selagi work from home jika suasana rumah tidak mendukung?

Rumah yang ideal adalah rumah yang bisa membuat kita betah berlama-lama di dalamnya.

Percaya tidak percaya ilmu feng shui atau ilmu topografi kuno dari Cina yang secara tidak langsung mempercayai bahwa setiap rumah memiliki aura positif atau negatif, mungkin ada benarnya. Rumah yang sudah bertahun-tahun tidak mengalami renovasi, dibiarkan mengalami kerusakan, kebocoran, sudah pasti menurunkan mood sang penghuni. Begitu juga dengan keberadaan dinding-dinding yang terlihat kusam tidak enak dipandang. Akhirnya berada di rumah justru memberikan energi negatif pada diri. Sebaliknya, tampilan rumah yang bersih, rapi, dengan warna-warna yang merepresentasikan karakter diri, bisa membuat kita berpikir lebih jernih dan meningkatkan suasana hati. Alhasil, kita akan bisa lebih produktif dan bahkan mengolah kreativitas di dalam ruang berenergi positif.

Apalagi bicara tentang keamanan, kita membutuhkan sebuah rumah yang bisa melindungi dari segala musim. Kita tahu benar pergantian musim tidaklah bisa diprediksi. Area yang tadinya tidak pernah mengalami kebanjiran bisa tiba-tiba mengalami kebanjiran. Di musim kemarau bisa tiba-tiba hujan deras sampai merusak atap rumah. Bukankah akan lebih baik kalau kita bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketimbang membenarkannya setelah kerusakan terjadi? Pencegahan menjadi amat penting terutama untuk rumah yang sudah berumur tahunan. Rumah yang telah menghadapi pergantian cuaca, ditempa oleh teriknya sinar matahari, lebatnya hujan, serta hembusan angin. Kondisinya tidaklah lagi sama seperti pertama kali kita membeli.

Tampilan rumah yang bersih, rapi, dengan warna-warna yang merepresentasikan karakter diri, bisa membuat kita berpikir lebih jernih dan meningkatkan suasana hati.

Sebentar lagi kita akan memasuki akhir tahun yang biasanya ditandai dengan musim hujan. Daripada terlambat memperbaiki rumah, lebih baik sudah mulai merencanakan renovasi sedini mungkin. Sehingga nanti perbaikan tidak terganggu dan tertunda karena musim hujan. Ditambah dengan semakin seringnya kita menghabiskan hari-hari di rumah, rasanya renovasi menjadi salah satu yang harus dilakukan. Jadi kita tidak lagi perlu mencari tempat lain yang lebih nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan. Hidup pun pasti akan lebih harmonis ketika kita bisa mengurangi segala gangguan dan distraksi. Rumah dalam kondisi sehat bisa membantu kita mencapai harmoni kehidupan tersebut.

Mencari cara untuk mendanai renovasi rumah pun kini sudah terbilang mudah. Salah satunya dengan mengajukan PermataKTA yang hadir untuk mewujudkan setiap rencana yang kita miliki termasuk untuk merenovasi rumah. Bahkan kita tak perlu beranjak keluar rumah sedikit pun untuk mengurus pengajuan. Semuanya bisa diproses secara online melalui aplikasi PermataMobileX. Dengan bunga mulai dari 0,88%, kita bisa memperoleh dana tunai hingga 300 juta rupiah. Jadi tak lagi perlu menunggu lama sampai menunda niatan memperbaiki rumah demi hidup yang lebih harmonis. Semua sudah tersedia di ujung jari. Untuk informasi perngajuan PermataKTA dapat menghubungi PermataTell 1500111 dan mengakses informasi di website PermataBank www.permatabank.co.id/kta.

Related Articles

Card image
Society
Sampah Sebagai Bagian Hidup

Secara filosofis sampah adalah sesuatu yang alami dan normal berada di kehidupan karena begitulah hukum alam. Ada input dan output. Namun, pertanyaannya adalah apa yang harus kita lakukan dengan output inI? Karena secara definisi, sampah adalah sisa dari kegiatan atau aktivitas manusia.

By Mohamad Bijaksana Junerosano
27 February 2021
Card image
Society
Kebaikan Dari Masa Lalu

Teknologi yang semakin canggih memang memudahkan kita melakukan banyak hal dalam keseharian. Namun, sebaiknya jangan sampai teknologi membuat kita terlena dan mengurangi upaya kita untuk bekerja lebih keras. Utamanya, dalam berkarya.

By Merdi Simanjuntak
20 February 2021
Card image
Society
Tebarkan Cinta

Perundungan atau bullying dalam bentuk apapun adalah sebuah epidemik. Ironisnya, Indonesia berada dalam salah satu urutan tertinggi untuk kasus bullying di dunia. Kalau kita mau negara kita semakin jaya, maju, masyarakatnya pun harus tumbuh dalam lingkungan yang sehat, positif dan mendukung perkembangan.

By Cinta Laura Kiehl
20 February 2021