Society Art & Culture

Seni Memberdayakan

Kita tahu tahun 2020 merupakan tahun yang amat menantang bagi kita semua. Rasanya setiap hari dalam tahun ini kita berupaya amat keras untuk kembali bangkit dari rasa putus asa, mencoba menyemangati diri terus-menerus agar tidak terpuruk. Jika mengingat lagi pengalaman saya menjadi pasien Covid-19, tahun ini mengajarkan banyak tentang perjuangan dan menjadi berdaya. Arti kata daya sendiri sebenarnya sangatlah beragam. Tergantung konteksnya apa. Salah satunya adalah memiliki kekuatan atau keinginan untuk maju terus apapun tantangannya. Saat terjangkit Covid-19, misalnya. Penting sekali untuk saya bisa tetap merasa berdaya dan tidak merasa terjebak dalam situasi. Utamanya adalah karena saya harus tetap jadi mental support untuk ibu dan adik karena mereka juga terjangkit. Apalagi untuk adik saya yang sempat dapat banyak hujatan hingga menurunkan kondisi mental dan fisiknya. Saya harus tetap berdaya, memiliki kemampuan untuk maju terus. Untuk sembuh.

Ujian tentang menjadi berdaya di hidup saya ternyata tidak hanya ada di aspek kesehatan saja melainkan juga di pekerjaan. Sebagai pegiat seni, situasi seperti sekarang ini merupakan sebuah tantangan besar untuk kami para pelaku seni. Tidak terkecuali seni pertunjukan. Padahal seni secara tidak langsung dapat membuat kita lebih berdaya. Kita pasti sering mendengar pernyataan, "Show must go on" dalam seni pertunjukan. Ini berarti apapun situasinya, pertunjukan tetap harus dimulai. Saya rasa ini sangat berkaitan dengan situasi pandemi yang sedang dihadapi bersama. Betapa pun sulitnya kondisi saat ini, hidup tetap harus berjalan. Entah hanya maju sedikit atau pelan-pelan, kita tetap harus menjalani hidup. Tetap harus berbuat sesuatu. 

Kita pasti sering mendengar pernyataan, "Show must go on" dalam seni pertunjukan. Ini berarti apapun situasinya, pertunjukan tetap harus dimulai.

Selain itu, seni pertunjukan terutama tari dan teater juga dapat memberikan dorongan untuk kita menjadi berdaya lewat pesan-pesan yang ada di dalamnya. Setiap kali selesai menyaksikan sebuah karya tari dan teater, saya seringkali mendapatkan sebuah refleksi, mempertanyakan sesuatu dan bahkan mendapatkan jawaban dari pertanyaan saya tentang hidup. Setelah keluar dari teater saya merasa "penuh" karena seakan ada jawaban-jawaban yang secara tidak langsung terjawab atau paling tidak menuntun pada pertanyaan lain. Menurut saya, ini dapat membuat kita berdaya untuk berpikir kritis bahkan untuk menuntun pada aktivisme.

Betapa pun sulitnya kondisi saat ini, hidup tetap harus berjalan. Entah hanya maju sedikit atau pelan-pelan, kita tetap harus menjalani hidup. Tetap harus berbuat sesuatu. 

Sayangnya, seni pertunjukan seperti tari dan teater belum banyak mendapat dukungan. Banyak penari-penari lulusan IKJ (Institut Kesenian Jakarta) yang punya potensi besar berakhir menjadi guru di sekolah-sekolah. Kurangnya struktur managerial yang bisa mendukung para penari membuat karya meletakan masalah yang mendalam dalam kelambatan produksi karya-karya tari Indonesia. Ini juga yang menjadi alasan mengapa regenerasi koreografer Indonesia terjadi setiap 20-30 sekali. Jika mau berkarya, lebih banyak mereka yang mengeluarkan biaya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Rasanya mereka semakin terhimpit situasi. Indonesian Dance Festival (IDF) yang biasanya dapat menjadi ajang para penari hebat Indonesia pun harus mengalami berbagai hambatan walaupun kami dalam tim tetap berusaha merealisasikannya demi tetap bisa memberdayakan para penari Indonesia.

Saya ingat ketika berada di ruang isolasi sebab terjangkit Covid-19, saya tidak punya pilihan lain selain berpikir positif. Sesuatu yang sebenarnya sudah diingatkan sejak kecil oleh ibu tapi baru saya aplikasikan sekarang. Saat masih kecil beliau sering bilang, "Ayo berpikir positif! Lontarkan afirmasi yang baik. Kalau kamu mau jalan-jalan keluar negeri bilang pada semesta. Pasti dikabulkan." Ternyata benar terjadi. Kala dewasa saya bisa pergi keluar negeri karena pekerjaan. Sekarang saya tambah percaya bahwa semesta memang akan memberikan apa yang diminta selama kita percaya. Selama kita berpikir positif dan optimis. 

Begitu pula dalam IDF. Kami tidak bisa menggelarnya jika kami tidak berpikir positif dan mencari segala cara agar tetap berlangsung. Sebab dari berpikir positif, kita bisa membentuk resilience atau ketahanan diri agar kita bisa berpikir sisi positif dari segala tantangan yang dihadapi. Agar kita selalu fokus pada hal yang baik dan mencari solusi dari hal yang sulit dilakukan. Sehingga pada akhirnya kita bisa menjadi present. Bisa hadir dan berkumpul bersama untuk memberikan motivasi pada satu sama lain. Pada akhirnya, kami berusaha untuk terus berdaya, mencari cara untuk bertahan dan hadir bukan semata-mata hanya demi terjadinya IDF. Ini sebagai langkah untuk tetap mempertahankan dunia seni tari Indonesia dan menghubungkannya dengan dunia. 

Sebab dari berpikir positif, kita bisa membentuk resilience atau ketahanan diri agar kita bisa berpikir sisi positif dari segala tantangan yang dihadapi.

Related Articles

Card image
Society
Kembali Merangkul Hidup dengan Filsafat Mandala Cakravartin

Mengusahakan kehidupan yang komplit, penuh, utuh, barangkali adalah tujuan semua manusia. Siapa yang tidak mau hidupnya berkelimpahan, sehat, tenang dan bahagia? Namun ternyata dalam hidup ada juga luka, tragedi dan malapetaka. Semakin ditolak, semakin diri ini tercerai berai.

By Hendrick Tanuwidjaja
10 June 2023
Card image
Society
Melatih Keraguan yang Sehat dalam Menerima Informasi

Satu hal yang rasanya menjadi cukup penting dalam menyambut tahun politik di 2024 mendatang adalah akses informasi terkait isu-isu politik yang relevan dan kredibel. Generasi muda, khususnya para pemilih pemula sepertinya cukup kebingungan untuk mencari informasi yang dapat dipercaya dan tepat sasaran.

By Abigail Limuria
15 April 2023
Card image
Society
Optimisme dan Keresahan Generasi Muda Indonesia

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 2022 lalu, British Council Indonesia meluncurkan hasil riset NEXT Generation. Studi yang dilakukan di 19 negara termasuk Indonesia ini bertujuan untuk melihat aspirasi serta kegelisahan yang dimiliki anak muda di negara masing-masing.

By Ari Sutanti
25 March 2023