Society Lifehacks

Semua Orang Punya Pengaruh

Semenjak dunia media sosial merebak di tengah-tengah masyarakat, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah influencer atau Key Opinion Leader (KOL). Mereka dengan label ini biasanya membuat beragam konten menarik untuk menarik perhatian masyarakat agar dapat memengaruhi perilakunya. Tidak heran seorang influencer atau KOL pasti memiliki jumlah follower yang fantastis. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta. Kehadiran mereka tentu saja diharapkan untuk membuat sebuah perubahan yang baik. Sudah banyak influencer atau KOL yang saya lihat telah menebarkan kebaikan dan patut menjadi contoh masyarakat luas. Sayangnya, tidak semua bisa terus-menerus memberikan pengaruh baik. Jika mereka tidak menyadari adanya tanggung jawab sosial dalam pekerjaan ini salah-salah mereka justru menyebarkan pengaruh yang bisa berdampak buruk bagi banyak orang.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Menurut saya, para influencer dan KOL dapat berperan besar dalam memengaruhi perilaku masyarakat. Mereka sebenarnya bisa dibilang menjadi panutan atau idola yang dicontoh para pengikutnya. Jadi jika mereka menampilkan hal-hal yang tidak sesuai dengan protokol kesehatan, sama saja mereka mendorong masyarakat untuk merasa bahwa kita semua dalam keadaan normal. Misalnya dengan mengunggah foto-foto liburan dengan banyak orang tanpa memakai masker atau ikut pesta di klub seolah-olah virus Covid-19 hanyalah isapan jempol semata. Padahal faktanya kalau kita baca atau dengar berita, kurva pasien yang positif terjangkit virus ini terus naik. Ini berarti situasi di negara kita belum aman untuk tidak mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan. Sebaliknya, harusnya kita sadar bahwa ada masalah yang harus kita semua selesaikan bersama.

Sebenarnya saya tidak bermaksud memberikan kritik atau menyindir. Jujur, saya sebenarnya bingung. Mengapa banyak orang yang masih menganggap enteng masalah pandemi ini. Masih banyak yang tidak sadar untuk jaga jarak, pakai masker dan berada di rumah saja. Masih banyak yang bepergian ke tempat-tempat yang mungkin kurang esensial. Saya mengerti bahwa masih ada dari kita yang harus tetap bekerja di luar rumah. Profesi influencer pun mencari penghasilan dari bepergian untuk membuat konten. Bicara begini tentu saja saya tidak bermaksud untuk mematikan rezeki orang. Tapi menurut saya mungkin mereka bisa lebih memilah konten seperti apa yang bisa berdampak negatif sehingga tidak perlu ditampilkan. Kalau pun mereka harus menampilkan kegiatan mereka, saya rasa tidak ada salahnya mereka tetap menaati protokol kesehatan yang ada. 

Saya sendiri melihat ada beberapa teman influencer yang sudah melakukan itu. Mereka memberikan informasi tentang protokol kesehatan yang harus ditaati dan dilakukan ketika mereka harus pergi ke suatu tempat karena pekerjaan. Sehingga para follower pun bisa cukup sadar bahwa ada langkah panjang yang sebelumnya harus dilakukan sebelum memutuskan untuk liburan. Namun, hanya segelintir saja yang melakukan itu. Sepertinya lebih banyak influencer yang memamerkan gaya hidup normal seakan tidak terjadi apa-apa. Saya juga bukan siapa-siapa. Saya hanyalah warga negara yang punya kekhawatiran pandemi ini terus berlangsung dan situasi semakin parah. Saya juga sama seperti kebanyakan orang, ingin ini semua cepat selesai. Jadi menurut saya sepertinya tidak ada salahnya jika kita mencoba mengingatkan dan berusaha menyebarkan kesadaran bagi banyak orang bahwa kita belum berada dalam keadaan normal. 

Menurut saya sepertinya tidak ada salahnya jika kita mencoba mengingatkan dan berusaha menyebarkan kesadaran bagi banyak orang bahwa kita belum berada dalam keadaan normal. 

Jangankan para influencer, mereka yang punya jumlah follower hanya ratusan saja bisa memengaruhi orang lain. Seperti ketika kita melihat ada foto teman yang pakai baju bagus lalu kita bertanya, “Bajunya bagus, beli di mana?”. Ini berarti kita sudah mendapat pengaruh dari dia. Jadi kalau kita unggah foto berkumpul dengan banyak orang di restoran, tidak pakai masker, bisa saja kita menyebarkan pesan yang keliru pada orang lain. Mereka bisa berpikir, “Dia saja sudah boleh begini berarti kita sudah aman, ya.” Pada dasarnya, kita tidak bisa mengendalikan persepsi orang terhadap konten yang kita punya di media sosial. Sosial media berisikan pecahan-pecahan kecil hidup orang yang kebanyakan hanya menunjukkan hal-hal bagus saja. Ketika kita melihat ada seseorang yang mengunggah video berpesta di Bali bersama banyak temannya, kita mungkin hanya melihat kesenangan mereka saja. Tapi tidak tahu berapa banyak orang yang positif setelah pesta itu.

Jangankan para influencer, mereka yang punya jumlah follower hanya ratusan saja bisa memengaruhi orang lain.

Menurut saya, sekarang ini lebih baik kita memilih untuk mengikuti aturan pemerintah saja. Terlepas dari persepsi tentang kinerja mereka yang sudah baik atau belum. Kalau memang diminta untuk PSBB, berada di rumah saja, taati itu. Tidak ada lagi yang berlibur. Akan tetapi jika memang diperbolehkan untuk keluar rumah atau keluar kota dengan alasan mendukung perputaran ekonomi, kita sendiri yang harus punya kesadaran tinggi untuk bertanggung jawab atas diri sendiri dan orang lain. Jangan sampai kita berada dalam “gelembung” yang seolah membebaskan kita dari protokol kesehatan sehingga bisa berbuat apa saja lalu merugikan orang lain. Kalau kita tidak peduli pada diri sendiri, bagaimana dengan nasib orang lain? Bagi saya yang terpenting sekarang adalah saya tidak mau tertular dan menularkan penyakit kepada orang lain. 

Jangan sampai kita berada dalam “gelembung” yang seolah membebaskan kita dari protokol kesehatan sehingga bisa berbuat apa saja lalu merugikan orang lain. Kalau kita tidak peduli pada diri sendiri, bagaimana dengan nasib orang lain?

(Disclaimer: artikel ini disusun oleh tim editorial berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber)

Related Articles

Card image
Society
Kembali Merangkul Hidup dengan Filsafat Mandala Cakravartin

Mengusahakan kehidupan yang komplit, penuh, utuh, barangkali adalah tujuan semua manusia. Siapa yang tidak mau hidupnya berkelimpahan, sehat, tenang dan bahagia? Namun ternyata dalam hidup ada juga luka, tragedi dan malapetaka. Semakin ditolak, semakin diri ini tercerai berai.

By Hendrick Tanuwidjaja
10 June 2023
Card image
Society
Melatih Keraguan yang Sehat dalam Menerima Informasi

Satu hal yang rasanya menjadi cukup penting dalam menyambut tahun politik di 2024 mendatang adalah akses informasi terkait isu-isu politik yang relevan dan kredibel. Generasi muda, khususnya para pemilih pemula sepertinya cukup kebingungan untuk mencari informasi yang dapat dipercaya dan tepat sasaran.

By Abigail Limuria
15 April 2023
Card image
Society
Optimisme dan Keresahan Generasi Muda Indonesia

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 2022 lalu, British Council Indonesia meluncurkan hasil riset NEXT Generation. Studi yang dilakukan di 19 negara termasuk Indonesia ini bertujuan untuk melihat aspirasi serta kegelisahan yang dimiliki anak muda di negara masing-masing.

By Ari Sutanti
25 March 2023