Society Planet & People

Sahabat Manusia Paling Setia

Pada dasarnya kita harus memahami secara fundamental bahwa segala sesuatu yang ada di bumi ini saling terkoneksi. Apa pun yang kita lakukan akan membawa dampak bagi makhluk hidup lainnya. Karenanya manusia harus dapat hidup berdampingan dengan harmonis di bumi. Berbagi tempat dengan makhluk lainnya.

Sebagai satwa domestik yang telah hidup berdampingan dengan manusia sejak ribuan tahun lalu, anjing dan kucing memiliki habitat yang sama seperti kita. Sayangnya kita terkadang seakan merasa menjadi makhluk paling superior dengan menyia-nyiakan keberadaan hewan-hewan ini. Membuangnya ke jalanan atau yang terburuk - menyiksanya, hanya karena tidak menginginkan mereka.

Butuh suatu kesadaran bahwa hewan juga dapat menjadi sahabat bagi manusia. Dari hewan kita dapat belajar banyak, terutama bagaimana cara untuk mencintai sepenuh hati tanpa pamrih.

Related Articles

Card image
Society
Memahami Wibu: Obsesi terhadap J-Culture

Wibu atau weeb adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang non-Japanese yang terobsesi atau sangat menggemari kultur Jepang, khususnya yang terkait dengan game, manga, atau anime. Meskipun istilah weeb itu sendiri baru muncul di 4chan, sebuah situs berbagi gambar populer sekitar 1 dekade lalu, kultur wibu (atau Japanophilia) sebenarnya sudah lahir sejak era 80-90an.

By Pirrou Sophie
04 June 2022
Card image
Society
Tenang Bercerita

Tempaan hidup secara lahir dan batin yang awalnya disimpan dan menumpuk karena mungkin belum paham bagaimana cara merespon perasaan yang hadir. Kemudian emosi dan perasaan itu akhirnya muncul dalam bentuk rasa cemas berlebih yang saya rasakan.

By Syafwin Ramadhan Bajumi
23 April 2022
Card image
Society
Apresiasi Seni di Ruang Publik

Ketika berbicara mengenai apresiasi seni, menurut saya hal ini bisa dilakukan mulai dari cara-cara yang sederhana. Bisa kita mulai dengan memajang karya seni di halaman rumah kita. Kalau mungkin kita memiliki properti lain seperti villa atau restoran, tempat-tempat tersebut juga bisa menjadi opsi bagi kita untuk mengapresiasi karya seni yang juga bisa dilihat oleh publik.

By Hafidh Ahmad Irfanda
16 April 2022