Society Planet & People

Perempuan Punya Pilihan

Sebagai seorang wanita yang tinggal di Indonesia, saya merasa sampai sekarang masih ada banyak tantangan yang kita hadapi. Berangkat dari pengalaman saya pribadi. Saya merasa halangan pertama sebagai individu justru datang dari dalam diri sendiri, meragukan kemampuan kita dan mempertanyakan apakah kita mampu mengemban suatu peran tertentu.

Saya merasa halangan pertama sebagai individu justru datang dari dalam diri sendiri, meragukan kemampuan kita dan mempertanyakan apakah kita mampu mengemban suatu peran tertentu.

Salah satu contoh halangan yang saya hadapi adalah ketakutan dalam diri ketika saya diharuskan berbicara di depan publik dan ini adalah halangan yang sangat nyata untuk menghambat langkah saya dalam berkarir. Setelahnya saya belajar bahwa pada dasarnya barrier tersebut harus dipatahkan dengan cara memberanikan diri, lebih banyak menambah wawasan, bisa lewat membaca ataupun berbincang dengan lebih banyak orang.

Dari sisi eksternal juga halangan tersebut hadir dalam bentuk pemahaman yang kita bawa sedari kecil, bahwa perempuan tidak perlu memiliki pendidikan tinggi dan karir yang cemerlang. Ini bukan sekedar slogan menurut saya, ini kampanye yang sejak zaman dahulu sudah dirasakan oleh perempuan terlebih di Indonesia. Sedari dulu ditanamkan bahwa tugas perempuan adalah mengasuh anak dan mengurus pekerjaan rumah tangga. Padahal, ada juga perempuan di luar sana yang sanggup membagi waktu untuk keluarga dan juga pekerjaan di luar rumah.

Menurut saya, perempuan seharusnya bisa menentukan nilai dirinya sendiri, pilihan karir apa yang ingin kita jalani harusnya adalah hasil keputusan yang kita buat dari dalam hati secara sadar dan tanpa paksaan. Di sisi lain, perempuan yang memilih untuk tinggal di rumah, menjadi stay at home mom juga perlu kita dukung dan tidak dipandang sebelah mata. Istilah ibu rumah tangga juga sepertinya harus diperbaharui kembali. Di dalam Bahasa Inggris, juga sudah jarang kita temui istilah house wife karena lebih umum kita jumpai disebut dengan istilah stay at home mom. 

Menurut saya, perempuan seharusnya bisa menentukan nilai dirinya sendiri, pilihan karir apa yang ingin kita jalani harusnya adalah hasil keputusan yang kita buat dari dalam hati secara sadar dan tanpa paksaan.

Saat seorang perempuan dengan bahagia dan tanpa paksaan memutuskan untuk mencurahkan seluruh waktunya untuk keluarga juga bukan hal yang mudah. Menjadi perempuan berdaya menurut saya artinya adalah saat kita bisa memutuskan pilihan untuk diri kita sendiri, secara sadar dan bahagia tanpa paksaan dari pihak luar untuk memutuskan jalan terbaik bagi hidup kita. Versi terbaik dari seorang perempuan mungkin adalah dengan menjadi ibu pekerja, ada pula yang memutuskan menajdi stay at home mom, atau memilih untuk tidak menikah, apa pun pilihannya itu semua saya kira perlu kita dukung.

Menjadi perempuan berdaya menurut saya artinya adalah saat kita bisa memutuskan pilihan untuk diri kita sendiri, secara sadar dan bahagia tanpa paksaan dari pihak luar untuk memutuskan jalan terbaik bagi hidup kita.

Saya bersama teman-teman KumparanWOMAN juga telah menyelenggarakan Women’s Week 2022 yang mengusung tema #BreakTheBarriers dalam rangka peringatan hari perempuan internasional. Acara tahunan dari KumparanWOMAN ini ingin mengajak perempuan di Indonesia untuk bisa mewujudkan aspirasi mereka. Ada empat fokus tema yang kita usung yaitu kesetaraan, keberagaman, inkusifitas, dan sustainability. Saya berharap setidaknya melalui event ini para perempuan bisa terinspirasi. 

Menurut saya terinspirasi adalah langkah awal dalam mengerjakan suatu hal. Ketika kita membaca buku misalnya, lalu kita terinspirasi, kita mungkin belum tahu akan menjalankan hal tersebut atau tidak tapi pikiran kita telah terbuka akan ide-ide baru. Saya percaya bahwa inspirasi bisa membawa kita melangkah dan membawa perubahan. Saya harap acara yang rencananya akan diselenggarakan setiap tahun ini dapat memberikan kontribusi pada perempuan Indonesia. Kita harus percaya bahwa kita punya kemampuan, bahwa perempuan punya pilihan dalam hidup dan kita harus percaya pada setiap keputusan yang telah kita pilih.

Saya percaya bahwa inspirasi bisa membawa kita melangkah dan membawa perubahan.

Related Articles

Card image
Society
Memahami Wibu: Obsesi terhadap J-Culture

Wibu atau weeb adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang non-Japanese yang terobsesi atau sangat menggemari kultur Jepang, khususnya yang terkait dengan game, manga, atau anime. Meskipun istilah weeb itu sendiri baru muncul di 4chan, sebuah situs berbagi gambar populer sekitar 1 dekade lalu, kultur wibu (atau Japanophilia) sebenarnya sudah lahir sejak era 80-90an.

By Pirrou Sophie
04 June 2022
Card image
Society
Tenang Bercerita

Tempaan hidup secara lahir dan batin yang awalnya disimpan dan menumpuk karena mungkin belum paham bagaimana cara merespon perasaan yang hadir. Kemudian emosi dan perasaan itu akhirnya muncul dalam bentuk rasa cemas berlebih yang saya rasakan.

By Syafwin Ramadhan Bajumi
23 April 2022
Card image
Society
Apresiasi Seni di Ruang Publik

Ketika berbicara mengenai apresiasi seni, menurut saya hal ini bisa dilakukan mulai dari cara-cara yang sederhana. Bisa kita mulai dengan memajang karya seni di halaman rumah kita. Kalau mungkin kita memiliki properti lain seperti villa atau restoran, tempat-tempat tersebut juga bisa menjadi opsi bagi kita untuk mengapresiasi karya seni yang juga bisa dilihat oleh publik.

By Hafidh Ahmad Irfanda
16 April 2022