Society Planet & People

Perempuan Punya Pilihan

Sebagai seorang wanita yang tinggal di Indonesia, saya merasa sampai sekarang masih ada banyak tantangan yang kita hadapi. Berangkat dari pengalaman saya pribadi. Saya merasa halangan pertama sebagai individu justru datang dari dalam diri sendiri, meragukan kemampuan kita dan mempertanyakan apakah kita mampu mengemban suatu peran tertentu.

Saya merasa halangan pertama sebagai individu justru datang dari dalam diri sendiri, meragukan kemampuan kita dan mempertanyakan apakah kita mampu mengemban suatu peran tertentu.

Salah satu contoh halangan yang saya hadapi adalah ketakutan dalam diri ketika saya diharuskan berbicara di depan publik dan ini adalah halangan yang sangat nyata untuk menghambat langkah saya dalam berkarir. Setelahnya saya belajar bahwa pada dasarnya barrier tersebut harus dipatahkan dengan cara memberanikan diri, lebih banyak menambah wawasan, bisa lewat membaca ataupun berbincang dengan lebih banyak orang.

Dari sisi eksternal juga halangan tersebut hadir dalam bentuk pemahaman yang kita bawa sedari kecil, bahwa perempuan tidak perlu memiliki pendidikan tinggi dan karir yang cemerlang. Ini bukan sekedar slogan menurut saya, ini kampanye yang sejak zaman dahulu sudah dirasakan oleh perempuan terlebih di Indonesia. Sedari dulu ditanamkan bahwa tugas perempuan adalah mengasuh anak dan mengurus pekerjaan rumah tangga. Padahal, ada juga perempuan di luar sana yang sanggup membagi waktu untuk keluarga dan juga pekerjaan di luar rumah.

Menurut saya, perempuan seharusnya bisa menentukan nilai dirinya sendiri, pilihan karir apa yang ingin kita jalani harusnya adalah hasil keputusan yang kita buat dari dalam hati secara sadar dan tanpa paksaan. Di sisi lain, perempuan yang memilih untuk tinggal di rumah, menjadi stay at home mom juga perlu kita dukung dan tidak dipandang sebelah mata. Istilah ibu rumah tangga juga sepertinya harus diperbaharui kembali. Di dalam Bahasa Inggris, juga sudah jarang kita temui istilah house wife karena lebih umum kita jumpai disebut dengan istilah stay at home mom. 

Menurut saya, perempuan seharusnya bisa menentukan nilai dirinya sendiri, pilihan karir apa yang ingin kita jalani harusnya adalah hasil keputusan yang kita buat dari dalam hati secara sadar dan tanpa paksaan.

Saat seorang perempuan dengan bahagia dan tanpa paksaan memutuskan untuk mencurahkan seluruh waktunya untuk keluarga juga bukan hal yang mudah. Menjadi perempuan berdaya menurut saya artinya adalah saat kita bisa memutuskan pilihan untuk diri kita sendiri, secara sadar dan bahagia tanpa paksaan dari pihak luar untuk memutuskan jalan terbaik bagi hidup kita. Versi terbaik dari seorang perempuan mungkin adalah dengan menjadi ibu pekerja, ada pula yang memutuskan menajdi stay at home mom, atau memilih untuk tidak menikah, apa pun pilihannya itu semua saya kira perlu kita dukung.

Menjadi perempuan berdaya menurut saya artinya adalah saat kita bisa memutuskan pilihan untuk diri kita sendiri, secara sadar dan bahagia tanpa paksaan dari pihak luar untuk memutuskan jalan terbaik bagi hidup kita.

Saya bersama teman-teman KumparanWOMAN juga telah menyelenggarakan Women’s Week 2022 yang mengusung tema #BreakTheBarriers dalam rangka peringatan hari perempuan internasional. Acara tahunan dari KumparanWOMAN ini ingin mengajak perempuan di Indonesia untuk bisa mewujudkan aspirasi mereka. Ada empat fokus tema yang kita usung yaitu kesetaraan, keberagaman, inkusifitas, dan sustainability. Saya berharap setidaknya melalui event ini para perempuan bisa terinspirasi. 

Menurut saya terinspirasi adalah langkah awal dalam mengerjakan suatu hal. Ketika kita membaca buku misalnya, lalu kita terinspirasi, kita mungkin belum tahu akan menjalankan hal tersebut atau tidak tapi pikiran kita telah terbuka akan ide-ide baru. Saya percaya bahwa inspirasi bisa membawa kita melangkah dan membawa perubahan. Saya harap acara yang rencananya akan diselenggarakan setiap tahun ini dapat memberikan kontribusi pada perempuan Indonesia. Kita harus percaya bahwa kita punya kemampuan, bahwa perempuan punya pilihan dalam hidup dan kita harus percaya pada setiap keputusan yang telah kita pilih.

Saya percaya bahwa inspirasi bisa membawa kita melangkah dan membawa perubahan.

Related Articles

Card image
Society
Kembali Merangkul Hidup dengan Filsafat Mandala Cakravartin

Mengusahakan kehidupan yang komplit, penuh, utuh, barangkali adalah tujuan semua manusia. Siapa yang tidak mau hidupnya berkelimpahan, sehat, tenang dan bahagia? Namun ternyata dalam hidup ada juga luka, tragedi dan malapetaka. Semakin ditolak, semakin diri ini tercerai berai.

By Hendrick Tanuwidjaja
10 June 2023
Card image
Society
Melatih Keraguan yang Sehat dalam Menerima Informasi

Satu hal yang rasanya menjadi cukup penting dalam menyambut tahun politik di 2024 mendatang adalah akses informasi terkait isu-isu politik yang relevan dan kredibel. Generasi muda, khususnya para pemilih pemula sepertinya cukup kebingungan untuk mencari informasi yang dapat dipercaya dan tepat sasaran.

By Abigail Limuria
15 April 2023
Card image
Society
Optimisme dan Keresahan Generasi Muda Indonesia

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 2022 lalu, British Council Indonesia meluncurkan hasil riset NEXT Generation. Studi yang dilakukan di 19 negara termasuk Indonesia ini bertujuan untuk melihat aspirasi serta kegelisahan yang dimiliki anak muda di negara masing-masing.

By Ari Sutanti
25 March 2023