Society Planet & People

Menggalang Suara Untuk Perubahan

Arief Aziz

@arief_aziz

Direktur Perusahaan Sosial

Fotografi Oleh: Miguel Bruna (Unsplash)

Banyak petisi yang dilemparkan ke publik yang berangkat dari berbagai permasalahan. Permasalahan bisa datang dari skala kecil, daerah terpencil, hingga pemikiran yang sangat sederhana namun membutuhkan perubahan. Perubahan bisa dilakukan dengan cara mengubah kebijakan. Persoalannya, bagaimana agar ide perubahan itu bisa didengarkan dan diputuskan oleh pembuat kebijakan?

Banyak orang terkoneksi melintasi batas geografis dan budaya untuk mendukung kegiatan sosial yang menjadi perhatian mereka. Mereka percaya apa yang mereka lakukan akan memberikan dampak perubahan yang nyata bagi lingkungan, sistem, atau bahkan sikap.

Memang, tidak semua petisi berhasil mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat. Tapi yakinlah petisi bisa menjadi sebuah alat yang powerful jika memang digunakan dengan baik. Ada banyak faktor sehingga petisi sulit didorong, salah satunya bisa jadi pemerintah juga belum siap melakukan perubahan. Meski demikian tingkat keberhasilan petisi dari semua pengguna change.org bisa dihitung setidaknya hampir 30%.

Petisi bisa menjadi alat perubahan. Hal itu terjadi pada saat seorang pengambil keputusan mendapatkan dukungan atau justru tekanan yang luas dari masyarakat. Yang biasanya terjadi, petisi itu dimulai oleh orang yang pas, dengan isu yang pas, tuntutannya juga pas, dan dialamatkan atau dipetisi pada pihak yang pas juga.

Seperti apa yang dirasa ‘pas’? Yakni yang permintaannya tidak realistis, tidak seperti yang abstrak misalnya seperti bubarkan DPR, atau enyahkan korupsi – terlalu muluk-muluk dan tidak mungkin. Dari situ kita kemudian mengenal istilah, apakah sebuah petisi itu ‘winable’ atau tidak.

Petisi bisa menjadi alat perubahan saat seorang pengambil keputusan mendapatkan dukungan atau justru tekanan yang luas dari masyarakat.

Kedua, alamat petisinya harus tepat sasaran. Kalau misalnya mau perubahan di kawasan provinsi atau kota harusnya ditujukan ke Pemprov atau Pemkot, tapi kalau misalnya di skala nasional bisa ditujukan ke Presiden. Tidak semua petisi mengusung isu nasional. Saat isunya sangat lokal, misalnya kriminalitas di sebuah daerah tentu saja menujukan isu tersebut pada presiden atau DPR agar didengar akan menjadi sulit.

Jangan lupa pula dengan momentum. Ini penting. Pengusung petisi harus peka pada isu terkini saat orang sedang concern dengan sesuatu hal. Pendeknya petisi harus diluncurkan cepat setelah kejadian. Jangan sampai menunggu terlalu lama saat orang sudah tidak lagi membicarakannya.

Petisi seperti Dwi-Fungsi ABRI pada saat artikel ini dituliskan sudah hampir mencapai 40.000 dukungan. Padahal awal-awal diluncurkan hanya berjalan mulai dari jumlah ratusan. Saat ini terjadi, orang mulai melirik, kemudian media mulai tertarik untuk meliput. Keberhasilan atau kemenangan petisi juga ditentukan penggagas yang aktif. Mereka mau menyebarkan petisinya atau tidak, aktif menghubungi media atau tidak, bahkan bisa saja aktif menghubungi pengambil keputusan untuk mengadakan audiensi untuk penyerahan petisi. Dengan demikian, semakin lama pengambil keputusan akan semakin melihat bahwa petisi yang dilontarkan itu penting untuk masyarakat, dan publik juga peduli pada suatu isu.

Pengusung petisi harus peka pada isu terkini saat orang sedang concern dengan sesuatu hal. Pendeknya petisi harus diluncurkan cepat setelah kejadian.

Banyak petisi yang dimulai oleh influencer atau selebritas. Meski demikian yang kita lihat selebritas tidak serta-merta membuat dukungannya menjadi banyak. Memang selebritas bisa menambah kredibilitas dari sebuah petisi. Bisa saja orang lain kurang yakin pada suatu isu, tapi saat yang bicara adalah Glenn Fredly tentang hutan Indonesia Timur, mungkin publik akan lebih tenang untuk mendukungnya. Atau Melanie Subono yang meluncurkan petisi tentang buruh migran, Melanie sudah sangat paham atas isunya, sehingga orang yang hendak mendukung mudah teryakinkan. Ini bisa jadi menciptakan suatu kredibilitas.

Rangkuman dari ketepatan dan kesungguhan penggagas petisi akan menarik minat publik untuk memberikan dukungan. Dengan ini maka akan semakin besar kemungkinan bagi pengambil keputusan untuk memberikan perhatian dan paham betapa besarnya kepentingan yang sedang diperjuangkan oleh orang banyak.

Keberhasilan suatu petisi juga ditentukan oleh penggagas yang aktif apakah mereka mau menyebarkan petisinya atau tidak.

Related Articles

Card image
Society
Memahami Wibu: Obsesi terhadap J-Culture

Wibu atau weeb adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang non-Japanese yang terobsesi atau sangat menggemari kultur Jepang, khususnya yang terkait dengan game, manga, atau anime. Meskipun istilah weeb itu sendiri baru muncul di 4chan, sebuah situs berbagi gambar populer sekitar 1 dekade lalu, kultur wibu (atau Japanophilia) sebenarnya sudah lahir sejak era 80-90an.

By Pirrou Sophie
04 June 2022
Card image
Society
Tenang Bercerita

Tempaan hidup secara lahir dan batin yang awalnya disimpan dan menumpuk karena mungkin belum paham bagaimana cara merespon perasaan yang hadir. Kemudian emosi dan perasaan itu akhirnya muncul dalam bentuk rasa cemas berlebih yang saya rasakan.

By Syafwin Ramadhan Bajumi
23 April 2022
Card image
Society
Apresiasi Seni di Ruang Publik

Ketika berbicara mengenai apresiasi seni, menurut saya hal ini bisa dilakukan mulai dari cara-cara yang sederhana. Bisa kita mulai dengan memajang karya seni di halaman rumah kita. Kalau mungkin kita memiliki properti lain seperti villa atau restoran, tempat-tempat tersebut juga bisa menjadi opsi bagi kita untuk mengapresiasi karya seni yang juga bisa dilihat oleh publik.

By Hafidh Ahmad Irfanda
16 April 2022