Society Planet & People

Masker Untuk Semua

Penggunaan masker di masa pandemi adalah sebuah keharusan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sayangnya, saat ini masih banyak yang belum disiplin menggunakan masker. Satu dan lain hal bisa jadi karena kurangnya edukasi akan bahaya virus maupun keterbatasan akses untuk memiliki masker. Padahal menggunakan masker adalah hal yang sangat krusial dalam memerangi penyebaran virus corona. Berangkat dari kekhawatiran akan dampak berkelanjutan dari kondisi pandemi yang sedang kita alami bersama ini, saya dan sekelompok teman membentuk gerakan #MaskerUntukIndonesia. Gerakan ini menjadi bentuk dukungan terhadap pemerintah yang tiada henti menghimbau masyarakat untuk memakai masker kain saat beraktivitas di luar rumah guna menekan angka penyebaran virus corona.

Menggunakan masker adalah hal yang sangat krusial dalam memerangi penyebaran virus corona.

Kami juga menyadari betul sudah banyak pihak-pihak yang juga melakukan pergerakan yang sama. Meskipun begitu kami menemukan masih adanya kendala dalam pendistribusian masker-masker tersebut untuk sampai di masyarakat luas. Mereka yang berada di daerah-daerah tertentu —utamanya yang jauh dari pusat kota, masih belum mendapatkan akses terhadap masker kain. Sehingga kami berupaya untuk memperluas jangkauan penyaluran masker. Kami bekerja sama dengan 9 mitra distribusi yang menyalurkan masker hingga ke Ternate, Sumba, Palembang, Bengkulu, Jambi, Maros (Sulawesi Selatan), hingga Papua Barat. 

Tidak berhenti di sana, demi meningkatkan kesadaran masyarakat kami juga berjaringan dengan berbagai figur publik serta UMKM agar turut menyebarluaskan gerakan ini. Selain juga berkolaborasi dengan para seniman dan pegiat dunia kreatif agar bisa menarik dan meningkatkan minat masyarakat untuk memakai masker. Beragam desain menarik yang ditampilkan memiliki makna tersendiri serta para kolaborator ini juga membantu menyuarakan akan visi gerakan kami sehingga pesan pentingnya masker ini dapat lebih luas disebarkan. Kami juga berharap dengan berkolaborasi dengan para seniman serta brand lokal masyarakat dapat meningkatkan apresiasi mereka terhadap karya seni lokal hasil anak bangsa. Saat ini kami memiliki lebih dari 200 desain. Tentu saja ke depannya kami akan menambahkan jumlah desain dari kolaborator yang berbeda agar menambah variasi serta penyebarluasan jangkauan informasi tentang gerakan ini.

Tidak berhenti di sana, demi meningkatkan kesadaran masyarakat kami juga berjaringan dengan berbagai figur publik serta UMKM agar turut menyebarluaskan gerakan ini. Selain juga berkolaborasi dengan para seniman dan pegiat dunia kreatif agar bisa menarik dan meningkatkan minat masyarakat untuk memakai masker.

Di samping itu kami juga tidak berhenti untuk terus membuat konten-konten edukatif lewat akun media sosial kami. Harapannya adalah supaya berbagai usaha tersebut bisa mendorong masyarakat untuk bergotong royong dan bergerak bersama melindungi diri dan sesama dengan menggunakan masker. Sebab dengan mereka membeli satu masker, mereka sekaligus berdonasi untuk membagikan tiga masker kepada mereka yang membutuhkan. Tujuan kami tentu mengumpulkan sebanyak-banyaknya masker untuk dibagikan pada pihak yang belum punya akses memiliki masker kain. Terutama masyarakat pra sejahtera agar terhindar dari virus corona. Setiap minggu kami mendistribusikan donasi masker ke mitra penyaluran yang mana setiap pelanggan bisa memilih mitra penyaluran yang mereka inginkan di setiap pemesanan dalam situs. Secara berkala kami akan memperbarui data jumlah pesanan dan donasi terkumpul secara transparan dalam situs. 

Harapannya adalah supaya berbagai usaha tersebut bisa mendorong masyarakat untuk bergotong royong dan bergerak bersama melindungi diri dan sesama dengan menggunakan masker.

Sampai saat ini kami sungguh bersyukur dan berterima kasih yang amat sangat atas antusiasme masyarakat yang sudah berkontribusi dalam gerakan ini. Bahkan di tanggal 13 Juli lalu kami telah mencapai lebih dari 500.000 masker untuk dibagikan. Meskipun begitu kami merasa jumlah tersebut belum cukup dan berharap untuk mencapai satu juta pemesanan masker. Dengan demikian kami dapat membagikan tiga juta masker kepada lebih banyak orang yang membutuhkan.

Related Articles

Card image
Society
Memahami Wibu: Obsesi terhadap J-Culture

Wibu atau weeb adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang non-Japanese yang terobsesi atau sangat menggemari kultur Jepang, khususnya yang terkait dengan game, manga, atau anime. Meskipun istilah weeb itu sendiri baru muncul di 4chan, sebuah situs berbagi gambar populer sekitar 1 dekade lalu, kultur wibu (atau Japanophilia) sebenarnya sudah lahir sejak era 80-90an.

By Pirrou Sophie
04 June 2022
Card image
Society
Tenang Bercerita

Tempaan hidup secara lahir dan batin yang awalnya disimpan dan menumpuk karena mungkin belum paham bagaimana cara merespon perasaan yang hadir. Kemudian emosi dan perasaan itu akhirnya muncul dalam bentuk rasa cemas berlebih yang saya rasakan.

By Syafwin Ramadhan Bajumi
23 April 2022
Card image
Society
Apresiasi Seni di Ruang Publik

Ketika berbicara mengenai apresiasi seni, menurut saya hal ini bisa dilakukan mulai dari cara-cara yang sederhana. Bisa kita mulai dengan memajang karya seni di halaman rumah kita. Kalau mungkin kita memiliki properti lain seperti villa atau restoran, tempat-tempat tersebut juga bisa menjadi opsi bagi kita untuk mengapresiasi karya seni yang juga bisa dilihat oleh publik.

By Hafidh Ahmad Irfanda
16 April 2022