Society Planet & People

Masker Untuk Semua

Penggunaan masker di masa pandemi adalah sebuah keharusan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sayangnya, saat ini masih banyak yang belum disiplin menggunakan masker. Satu dan lain hal bisa jadi karena kurangnya edukasi akan bahaya virus maupun keterbatasan akses untuk memiliki masker. Padahal menggunakan masker adalah hal yang sangat krusial dalam memerangi penyebaran virus corona. Berangkat dari kekhawatiran akan dampak berkelanjutan dari kondisi pandemi yang sedang kita alami bersama ini, saya dan sekelompok teman membentuk gerakan #MaskerUntukIndonesia. Gerakan ini menjadi bentuk dukungan terhadap pemerintah yang tiada henti menghimbau masyarakat untuk memakai masker kain saat beraktivitas di luar rumah guna menekan angka penyebaran virus corona.

Menggunakan masker adalah hal yang sangat krusial dalam memerangi penyebaran virus corona.

Kami juga menyadari betul sudah banyak pihak-pihak yang juga melakukan pergerakan yang sama. Meskipun begitu kami menemukan masih adanya kendala dalam pendistribusian masker-masker tersebut untuk sampai di masyarakat luas. Mereka yang berada di daerah-daerah tertentu —utamanya yang jauh dari pusat kota, masih belum mendapatkan akses terhadap masker kain. Sehingga kami berupaya untuk memperluas jangkauan penyaluran masker. Kami bekerja sama dengan 9 mitra distribusi yang menyalurkan masker hingga ke Ternate, Sumba, Palembang, Bengkulu, Jambi, Maros (Sulawesi Selatan), hingga Papua Barat. 

Tidak berhenti di sana, demi meningkatkan kesadaran masyarakat kami juga berjaringan dengan berbagai figur publik serta UMKM agar turut menyebarluaskan gerakan ini. Selain juga berkolaborasi dengan para seniman dan pegiat dunia kreatif agar bisa menarik dan meningkatkan minat masyarakat untuk memakai masker. Beragam desain menarik yang ditampilkan memiliki makna tersendiri serta para kolaborator ini juga membantu menyuarakan akan visi gerakan kami sehingga pesan pentingnya masker ini dapat lebih luas disebarkan. Kami juga berharap dengan berkolaborasi dengan para seniman serta brand lokal masyarakat dapat meningkatkan apresiasi mereka terhadap karya seni lokal hasil anak bangsa. Saat ini kami memiliki lebih dari 200 desain. Tentu saja ke depannya kami akan menambahkan jumlah desain dari kolaborator yang berbeda agar menambah variasi serta penyebarluasan jangkauan informasi tentang gerakan ini.

Tidak berhenti di sana, demi meningkatkan kesadaran masyarakat kami juga berjaringan dengan berbagai figur publik serta UMKM agar turut menyebarluaskan gerakan ini. Selain juga berkolaborasi dengan para seniman dan pegiat dunia kreatif agar bisa menarik dan meningkatkan minat masyarakat untuk memakai masker.

Di samping itu kami juga tidak berhenti untuk terus membuat konten-konten edukatif lewat akun media sosial kami. Harapannya adalah supaya berbagai usaha tersebut bisa mendorong masyarakat untuk bergotong royong dan bergerak bersama melindungi diri dan sesama dengan menggunakan masker. Sebab dengan mereka membeli satu masker, mereka sekaligus berdonasi untuk membagikan tiga masker kepada mereka yang membutuhkan. Tujuan kami tentu mengumpulkan sebanyak-banyaknya masker untuk dibagikan pada pihak yang belum punya akses memiliki masker kain. Terutama masyarakat pra sejahtera agar terhindar dari virus corona. Setiap minggu kami mendistribusikan donasi masker ke mitra penyaluran yang mana setiap pelanggan bisa memilih mitra penyaluran yang mereka inginkan di setiap pemesanan dalam situs. Secara berkala kami akan memperbarui data jumlah pesanan dan donasi terkumpul secara transparan dalam situs. 

Harapannya adalah supaya berbagai usaha tersebut bisa mendorong masyarakat untuk bergotong royong dan bergerak bersama melindungi diri dan sesama dengan menggunakan masker.

Sampai saat ini kami sungguh bersyukur dan berterima kasih yang amat sangat atas antusiasme masyarakat yang sudah berkontribusi dalam gerakan ini. Bahkan di tanggal 13 Juli lalu kami telah mencapai lebih dari 500.000 masker untuk dibagikan. Meskipun begitu kami merasa jumlah tersebut belum cukup dan berharap untuk mencapai satu juta pemesanan masker. Dengan demikian kami dapat membagikan tiga juta masker kepada lebih banyak orang yang membutuhkan.

Related Articles

Card image
Society
Kembali Merangkul Hidup dengan Filsafat Mandala Cakravartin

Mengusahakan kehidupan yang komplit, penuh, utuh, barangkali adalah tujuan semua manusia. Siapa yang tidak mau hidupnya berkelimpahan, sehat, tenang dan bahagia? Namun ternyata dalam hidup ada juga luka, tragedi dan malapetaka. Semakin ditolak, semakin diri ini tercerai berai.

By Hendrick Tanuwidjaja
10 June 2023
Card image
Society
Melatih Keraguan yang Sehat dalam Menerima Informasi

Satu hal yang rasanya menjadi cukup penting dalam menyambut tahun politik di 2024 mendatang adalah akses informasi terkait isu-isu politik yang relevan dan kredibel. Generasi muda, khususnya para pemilih pemula sepertinya cukup kebingungan untuk mencari informasi yang dapat dipercaya dan tepat sasaran.

By Abigail Limuria
15 April 2023
Card image
Society
Optimisme dan Keresahan Generasi Muda Indonesia

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 2022 lalu, British Council Indonesia meluncurkan hasil riset NEXT Generation. Studi yang dilakukan di 19 negara termasuk Indonesia ini bertujuan untuk melihat aspirasi serta kegelisahan yang dimiliki anak muda di negara masing-masing.

By Ari Sutanti
25 March 2023