Society Planet & People

Kontribusi Kolektif Untuk Bumi

Helga Angelina

@helgaangelina

Pendiri Bisnis Makanan Sehat

Isu lingkungan adalah salah satu topik yang menjadi fokus pembahasan banyak pihak dalam beberapa waktu terakhir. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat berkontribusi dalam mempertahankan kondisi bumi yang kita tinggali bersama, salah satunya adalah dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Kita dapat mengurangi jejak karbon individu hingga 40% dengan mengganti konsumsi daging merah ke protein nabati. Angka ini meningkat hingga 60% bila kita menerapkan pola makan vegan dua kali sehari, bahkan hingga 85% jika bersedia menerapkan pola makan ini sepenuhnya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat berkontribusi dalam mempertahankan kondisi bumi yang kita tinggali bersama, salah satunya adalah dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Kita dapat mengurangi jejak karbon individu hingga 40% dengan mengganti konsumsi daging merah ke protein nabati. Angka ini meningkat hingga 60% bila kita menerapkan pola makan vegan dua kali sehari, bahkan hingga 85% jika bersedia menerapkan pola makan ini sepenuhnya.

Penerapan pola makan berbasis nabati, walaupun hanya satu kali sehari, bisa menghemat rata-rata hingga 4.200 liter air dan mengurangi emisi gas karbon dioksida sebanyak 9 kilogram per tahun. Kini kita tidak mungkin hanya mempromosikan pola makan sehat tanpa melihat kesanggupan bumi dalam memproduksi bahan makanan tersebut. Seperti yang telah sering disuarakan, protein hewani terutama daging merah dan produk susu adalah makanan yang paling tidak ramah bumi karena menjadi kontributor utama gas metana dan menghabiskan banyak sekali lahan serta air dalam proses produksinya.

Seperti yang telah sering disuarakan, protein hewani terutama daging merah dan produk susu adalah makanan yang paling tidak ramah bumi karena menjadi kontributor utama gas metana dan menghabiskan banyak sekali lahan serta air dalam proses produksinya.

Di Indonesia sendiri pola makan vegan sudah mulai dikenal, khususnya dengan adanya beberapa figur publik yang menyuarakan pilihan mereka untuk menerapkan pola makan ini bagi kesehatan, kelestarian bumi, maupun kesejahteraan hewan. Perubahan iklim menjadi salah satu isu yang mendorong berkembangnya pola makan vegan di Indonesia. Banyak generasi muda yang mulai mengadopsi pola makan vegan atau flexitarian (flexible) vegetarian. Riset dari PWC juga menunjukkan Indonesia adalah negara yang paling reseptif terhadap makanan berbahan nabati di Asia Tenggara. Indonesia pada dasarnya kaya akan sayur, buah, kacang-kacangan, dan polong-polongan yang dulu memenuhi 80% sumber kalori nenek moyang kita. 

Riset dari PWC juga menunjukkan Indonesia adalah negara yang paling reseptif terhadap makanan berbahan nabati di Asia Tenggara. Indonesia pada dasarnya kaya akan sayur, buah, kacang-kacangan, dan polong-polongan yang dulu memenuhi 80% sumber kalori nenek moyang kita. 

Pada bulan Januari 2022, Burgreens dan Green Rebel meluncurkan program “Veganuary Indonesia” Sebuah ajakan untuk mengonsumsi makanan berbasis 100% nabati sebanyak satu kali sehari. Program ini berjalan selama satu bulan untuk meningkatkan kesehatan serta upaya nyata untuk lebih melindungi lingkungan. Program ini pertama kali diinisasi oleh organisasi nirlaba di Inggris pada tahun 2014 lalu. Pada tahun 2021, kampanye ini berhasil diikuti oleh 500.000 orang dari berbagai negara untuk ikut serta dalam menjaga bumi melalui makan yang dikonsumsi. 

Kampanye ini ditujukan bagi teman-teman yang ingin menjadi lebih sehat, hidup lebih ramah lingkungan, atau bagi mereka yang ingin menjadi vegan karena alasan etis tetapi mungkin membutuhkan proses transisi untuk menuju sepenuhnya plant-based. Pada kampanye kali ini kami berhasil mengajak lebih dari 300 orang yang berkomitmen untuk menerapkan pola makan vegan satu hingga tiga kali dalam sehari sepanjang bulan Januari 2022. Animo yang kami dapatkan terkait kampanye Veganuary Indonesia ini juga sangat baik. Teman-teman partisipan sangat aktif untuk ikut berbagai program Green Class, seperti plant-based nutrition dan planetary healthy diet. Rasanya sangat seru melihat teman-teman juga saling membagikan pengalaman mereka kepada lingkungan mereka masing-masing. Tentunya juga saling bekerja sama melakukan hal baik untuk bumi secara kolektif.

Teman-teman partisipan sangat aktif untuk ikut berbagai program Green Class, seperti plant-based nutrition dan planetary healthy diet. Rasanya sangat seru melihat teman-teman juga saling membagikan pengalaman mereka kepada lingkungan mereka masing-masing. Tentunya juga saling bekerja sama melakukan hal baik untuk bumi secara kolektif.

Kami juga berencana untuk mengadakan program Veganuary Indonesia secara rutin kedepannya. Bertujuan untuk mengedukasi msayarakat tentang manfaat kesehatan dan lingkungan dari penerapan pola makan ini. Memberikan kemudahan akses serta jaminan kualitas makanan berbahan nabati adalah misi utama Burgreens dan Green Family. Tujuan jangka panjang kami adalah mengajak 50% generasi millenials dan gen z di Indonesia untuk mengadopsi planetary healthy diet sehingga kita dapat berpartisipasi aktif untuk mengurangi emisi karbon dan menjaga bumi tetap lestari demi generasi selanjutnya. Kita punya tenggat waktu 8 tahun untuk bisa mengurangi emisi karbon secara signifikan, cara tercepat adalah dengan beralih dari protein hewani ke nabati. Diet change, not climate change.

Kita punya tenggat waktu 8 tahun untuk bisa mengurangi emisi karbon secara signifikan, cara tercepat adalah dengan beralih dari protein hewani ke nabati. Diet change, not climate change.

Related Articles

Card image
Society
Kembali Merangkul Hidup dengan Filsafat Mandala Cakravartin

Mengusahakan kehidupan yang komplit, penuh, utuh, barangkali adalah tujuan semua manusia. Siapa yang tidak mau hidupnya berkelimpahan, sehat, tenang dan bahagia? Namun ternyata dalam hidup ada juga luka, tragedi dan malapetaka. Semakin ditolak, semakin diri ini tercerai berai.

By Hendrick Tanuwidjaja
10 June 2023
Card image
Society
Melatih Keraguan yang Sehat dalam Menerima Informasi

Satu hal yang rasanya menjadi cukup penting dalam menyambut tahun politik di 2024 mendatang adalah akses informasi terkait isu-isu politik yang relevan dan kredibel. Generasi muda, khususnya para pemilih pemula sepertinya cukup kebingungan untuk mencari informasi yang dapat dipercaya dan tepat sasaran.

By Abigail Limuria
15 April 2023
Card image
Society
Optimisme dan Keresahan Generasi Muda Indonesia

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 2022 lalu, British Council Indonesia meluncurkan hasil riset NEXT Generation. Studi yang dilakukan di 19 negara termasuk Indonesia ini bertujuan untuk melihat aspirasi serta kegelisahan yang dimiliki anak muda di negara masing-masing.

By Ari Sutanti
25 March 2023