Society Work & Money

Kebangkitan Ekonomi Kala Pandemi

Memasuki tahun ketiga pandemi terjadi di Indonesia tentu saja ada banyak sektor yang terdampak akan situasi ini, salah satunya adalah perekonomian. Pemerintah pada dasarnya sudah mencanangkan tahun ini sebagai fase pemulihan. Di lihat dari angka pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 lalu, memang menunjukkan angka yang tidak terlalu baik, hanya sekitar 3,69% dan untuk tahun ini pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi nasional ke angka 5,2%. Artinya, memang tahun ini diharapkan menjadi tahun kebangkitan. Perlu diakui memang untuk memenuhi target tersebut bukan perkara mudah, pemerintah perlu menyiapkan program serta strategi yang tepat juga diiringi dengan kolaborasi bersama masyarakt untuk meraih target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan. Tentu proses ini juga harus kita kawal dan awasi apakah target dan program pemerintah tersebut dapat berjalan dengan baik atau tidak. 

Ketika membicarakan perekonomian di Indonesia tentu saja tidak lepas dari peran UMKM. Kalau kita lihat memang sejak pandemi dimulai hingga sekarang, saya rasa ini bisa menajdi momentum transformasi ekonomi Indonesia yang didorong oleh UMKM. Alasan pertama adalah dengan banyaknya populasi anak muda yang kita miliki, mecapai 44% dari total populasi tanah air. Jika merujuk pada data BPS 73% dari populasi anak muda di Indonesia memiliki minat dalam berwirausaha. Ini dapat menjadi gambaran bahwa mau tidak mau di masa mendatang pilihan pekerjaan akan beralih ke UMKM itu tadi. Kalau kita berkaca pada krisis ekonomi pada tahun 1998, lokomotif perbaikan perekonomian pada saat itu adalah UMKM. Maka tren ini harus didorong oleh pemerintah sebagai upaya melahirkan pengusaha-pengusaha baru yang kompetitif dan produktif.

Kalau kita berkaca pada krisis ekonomi pada tahun 1998, lokomotif perbaikan perekonomian pada saat itu adalah UMKM. Maka tren ini harus didorong oleh pemerintah sebagai upaya melahirkan pengusaha-pengusaha baru yang kompetitif dan produktif.

Alasan kedua potensi UMKM dalam kebangkitan perekonomian kita saya rasa dapat dilihat dari potensi ekonomi digital. Pada akhirnya memang iklim bisnis kita akan beralih ke dunia digital. Contohnya saja, catatan transaksi e-commerce tahun lalu terbilang tinggi, angkanya mencapai 395 triliun rupiah. Nah, di tahun 2022 kita yakin angka ini akan terus meningkat. Melihat angka konsumen yang juga besar, sekitar 21 juta konsumen, hal ini juga dapat menggairahkan ekonomi digital agar terus berkembang.

Merdeka.com sebagai media juga merasa harus mengawal proses kebangkitan ekonomi Indonesia pasca pandemi ini. Maka ini menjadi alasan terlaksananya Forum Ekonomi Merdeka 2022 dengan tema Indonesia Bangkit. Melalui event ini kami berharap dapat menyumbangkan ide untuk Indonesia. Bagaimana strategi dan kebijakan yang harus dilakukan oleh pemerintah agar dapat menjaga pertumbuhan ekonomi ke tren yang positif. Ada banyak aspek yang perlu menjadi perhatian meliputi ekonomi makro dan mikro, salah satunya UMKM. Media dalam hal ini hanya dapat berkontribusi sebagai pendorong pemerintah karena tentu saja kita tidak bisa ikut campur dalam ranah penentuan kebijakan. Tapi tentu saja program yang dilakukan pemerintah perlu kita kawal, kalau ada yang berjalan kurang baik harus kita kritisi bersama.

Maka dalam forum diskusi kemarin kami juga turut mengundang Pak Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta beberapa individu yang juga terlibat dalam ranah ekonomi Indonesia. Bayangkan kalau target pertumbuhan ekonomi Indonesia tercapai, diiringi dengan kemudahan pemuda kita berwirausaha. Mendapatkan bantuan modal usaha serta pembelajaran berbisnis yang efektif dari pemerintah, rasanya kita tidak perlu lagi kelimpungan dalam angka pengangguran karena semua orang sudah berpikir untuk menjadi wirausahawan. 

Bayangkan kalau target pertumbuhan ekonomi Indonesia tercapai, diiringi dengan kemudahan pemuda kita berwirausaha. Mendapatkan bantuan modal usaha serta pembelajaran berbisnis yang efektif dari pemerintah, rasanya kita tidak perlu lagi kelimpungan dalam angka pengangguran karena semua orang sudah berpikir untuk menjadi wirausahawan. 

Related Articles

Card image
Society
Kembali Merangkul Hidup dengan Filsafat Mandala Cakravartin

Mengusahakan kehidupan yang komplit, penuh, utuh, barangkali adalah tujuan semua manusia. Siapa yang tidak mau hidupnya berkelimpahan, sehat, tenang dan bahagia? Namun ternyata dalam hidup ada juga luka, tragedi dan malapetaka. Semakin ditolak, semakin diri ini tercerai berai.

By Hendrick Tanuwidjaja
10 June 2023
Card image
Society
Melatih Keraguan yang Sehat dalam Menerima Informasi

Satu hal yang rasanya menjadi cukup penting dalam menyambut tahun politik di 2024 mendatang adalah akses informasi terkait isu-isu politik yang relevan dan kredibel. Generasi muda, khususnya para pemilih pemula sepertinya cukup kebingungan untuk mencari informasi yang dapat dipercaya dan tepat sasaran.

By Abigail Limuria
15 April 2023
Card image
Society
Optimisme dan Keresahan Generasi Muda Indonesia

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 2022 lalu, British Council Indonesia meluncurkan hasil riset NEXT Generation. Studi yang dilakukan di 19 negara termasuk Indonesia ini bertujuan untuk melihat aspirasi serta kegelisahan yang dimiliki anak muda di negara masing-masing.

By Ari Sutanti
25 March 2023