Society Food For Thought

Food For Thought: Menjalin Koneksi

Talissa Febra

@uncleanjobs

Penulis

Ilustrasi Oleh: Dwi Febriyan

Tidak dapat dipungkiri, manusia membutuhkan satu sama lainnya untuk merasa terlengkapi. Berikut ini ada beberapa judul film bagi Anda yang sedang berada dalam suatu hubungan, mengenang satu torehan kisah, atau tengah belajar menyuarakan pikiran, untuk dapat memberi inspirasi dalam berkomunikasi.

To All the Boys I've Loved Before

To All the Boys I’ve Loved Before yang diangkat dari buku Jenny Han berjudul sama menceritakan kisah Lara Jean Covey, seorang gadis berusia 16 tahun yang dunianya berubah ketika surat-surat cinta yang ditulisnya untuk lima laki-laki tiba-tiba terkirim tanpa sepengetahuan Lara Jean. Film ini memberikan kita dua hal yang masih sulit ditemukan di rom-com: karakter perempuan yang tahu siapa dirinya dan mampu mengomunikasikan keinginannya dengan baik, serta karakter laki-laki yang dewasa secara emosional serta menghargai batasan-batasan yang diberikan oleh karakter perempuan. To All the Boys I’ve Loved Before menggambarkan bahwa komunikasi yang baik akan menghasilkan koneksi yang organik di mana perasaan bisa tumbuh.

Us and Them

Hubungan Jian Qing dan Xiao Xiao dalam Us and Them berawal dari sebuah kebetulan: pada Chinese New Year 2007, mereka mengendarai kereta yang sama dari Beijing dan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan mereka dengan berjalan kaki ketika kereta mereka terhenti di tengah jalan. Setelah kembali ke Beijing, mereka tetap menjaga pertemanan yang sudah terjalin. Ketika kedekatan Jian Qing dan Xiao Xiao semakin erat, mereka pun tidak bisa membantah bahwa mereka berdua menginginkan sesuatu yang lebih. Us and Them kemudian menggunakan setiap Chinese New Year di hampir satu dekade selanjutnya untuk menggambarkan poin-poin penting dalam hubungan dan kehidupan mereka. Saat hubungan mereka telah berakhir, ayah Jian Qing mengirimkan surat kepada Xiao Xiao, mendoakan kebahagiaan untuk mereka berdua meskipun tanpa satu sama lain. bahwa di dalam sebuah hubungan romantis tidak hanya melibatkan dua orang saja, tetapi juga orang-orang lain yang bersinggungan dengan hubungan di antara kedua orang tersebut.

Related Articles

Card image
Society
Memahami Wibu: Obsesi terhadap J-Culture

Wibu atau weeb adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang non-Japanese yang terobsesi atau sangat menggemari kultur Jepang, khususnya yang terkait dengan game, manga, atau anime. Meskipun istilah weeb itu sendiri baru muncul di 4chan, sebuah situs berbagi gambar populer sekitar 1 dekade lalu, kultur wibu (atau Japanophilia) sebenarnya sudah lahir sejak era 80-90an.

By Pirrou Sophie
04 June 2022
Card image
Society
Tenang Bercerita

Tempaan hidup secara lahir dan batin yang awalnya disimpan dan menumpuk karena mungkin belum paham bagaimana cara merespon perasaan yang hadir. Kemudian emosi dan perasaan itu akhirnya muncul dalam bentuk rasa cemas berlebih yang saya rasakan.

By Syafwin Ramadhan Bajumi
23 April 2022
Card image
Society
Apresiasi Seni di Ruang Publik

Ketika berbicara mengenai apresiasi seni, menurut saya hal ini bisa dilakukan mulai dari cara-cara yang sederhana. Bisa kita mulai dengan memajang karya seni di halaman rumah kita. Kalau mungkin kita memiliki properti lain seperti villa atau restoran, tempat-tempat tersebut juga bisa menjadi opsi bagi kita untuk mengapresiasi karya seni yang juga bisa dilihat oleh publik.

By Hafidh Ahmad Irfanda
16 April 2022