Society Food For Thought

Food For Thought: Menjalin Koneksi

Talissa Febra

@uncleanjobs

Penulis

Ilustrasi Oleh: Dwi Febriyan

Tidak dapat dipungkiri, manusia membutuhkan satu sama lainnya untuk merasa terlengkapi. Berikut ini ada beberapa judul film bagi Anda yang sedang berada dalam suatu hubungan, mengenang satu torehan kisah, atau tengah belajar menyuarakan pikiran, untuk dapat memberi inspirasi dalam berkomunikasi.

To All the Boys I've Loved Before

To All the Boys I’ve Loved Before yang diangkat dari buku Jenny Han berjudul sama menceritakan kisah Lara Jean Covey, seorang gadis berusia 16 tahun yang dunianya berubah ketika surat-surat cinta yang ditulisnya untuk lima laki-laki tiba-tiba terkirim tanpa sepengetahuan Lara Jean. Film ini memberikan kita dua hal yang masih sulit ditemukan di rom-com: karakter perempuan yang tahu siapa dirinya dan mampu mengomunikasikan keinginannya dengan baik, serta karakter laki-laki yang dewasa secara emosional serta menghargai batasan-batasan yang diberikan oleh karakter perempuan. To All the Boys I’ve Loved Before menggambarkan bahwa komunikasi yang baik akan menghasilkan koneksi yang organik di mana perasaan bisa tumbuh.

Us and Them

Hubungan Jian Qing dan Xiao Xiao dalam Us and Them berawal dari sebuah kebetulan: pada Chinese New Year 2007, mereka mengendarai kereta yang sama dari Beijing dan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan mereka dengan berjalan kaki ketika kereta mereka terhenti di tengah jalan. Setelah kembali ke Beijing, mereka tetap menjaga pertemanan yang sudah terjalin. Ketika kedekatan Jian Qing dan Xiao Xiao semakin erat, mereka pun tidak bisa membantah bahwa mereka berdua menginginkan sesuatu yang lebih. Us and Them kemudian menggunakan setiap Chinese New Year di hampir satu dekade selanjutnya untuk menggambarkan poin-poin penting dalam hubungan dan kehidupan mereka. Saat hubungan mereka telah berakhir, ayah Jian Qing mengirimkan surat kepada Xiao Xiao, mendoakan kebahagiaan untuk mereka berdua meskipun tanpa satu sama lain. bahwa di dalam sebuah hubungan romantis tidak hanya melibatkan dua orang saja, tetapi juga orang-orang lain yang bersinggungan dengan hubungan di antara kedua orang tersebut.

Related Articles

Card image
Society
Kompetisi Mendorong Potensi

Tidak semua orang suka berkompetisi. Namun sadar atau tidak, semua orang pasti berkompetisi. Entah dengan orang lain atau dengan dirinya sendiri. Bahkan sebenarnya kompetisi dengan diri sendiri adalah yang tersulit tapi terpenting. Pada dasarnya, kehadiran kompetisi dalam hidup kita cukup signifikan. Jika tidak ada kompetisi, kita tidak akan melihat kemajuan. 

By Steven Koesno
05 June 2021
Card image
Society
Makna Sepotong Tempe

Tempe secara tidak langsung sebenarnya mewakili identitas kita sebagai orang Indonesia. Ia merepresentasikan keberagaman yang dimiliki Indonesia. Saat membuat tempe kita sebenarnya sedang berkontemplasi, menikmati waktu yang ada serta melatih kita untuk sabar dan mengelola energi positif. 

By Wida Winarno
05 June 2021
Card image
Society
Cerita Tentang Aroma

Aroma menjadi sesuatu hal yang tidak mudah dijelaskan tapi paling mudah diingat oleh otak kita. Ia bisa memercik nostalgia yang membuat kita merefleksikan kehidupan. Juga nostalgia yang membuat kita memahami bahwa kita sebagai manusia pasti akan diingat oleh manusia lainnya lewat aroma tubuh yang pernah tercium dari tubuh.

By Rizky Arief Dwi Prakoso
29 May 2021