Society Food For Thought

Food For Thought: Menjalin Koneksi

Talissa Febra

@uncleanjobs

Penulis

Ilustrasi Oleh: Dwi Febriyan

Tidak dapat dipungkiri, manusia membutuhkan satu sama lainnya untuk merasa terlengkapi. Berikut ini ada beberapa judul film bagi Anda yang sedang berada dalam suatu hubungan, mengenang satu torehan kisah, atau tengah belajar menyuarakan pikiran, untuk dapat memberi inspirasi dalam berkomunikasi.

To All the Boys I've Loved Before

To All the Boys I’ve Loved Before yang diangkat dari buku Jenny Han berjudul sama menceritakan kisah Lara Jean Covey, seorang gadis berusia 16 tahun yang dunianya berubah ketika surat-surat cinta yang ditulisnya untuk lima laki-laki tiba-tiba terkirim tanpa sepengetahuan Lara Jean. Film ini memberikan kita dua hal yang masih sulit ditemukan di rom-com: karakter perempuan yang tahu siapa dirinya dan mampu mengomunikasikan keinginannya dengan baik, serta karakter laki-laki yang dewasa secara emosional serta menghargai batasan-batasan yang diberikan oleh karakter perempuan. To All the Boys I’ve Loved Before menggambarkan bahwa komunikasi yang baik akan menghasilkan koneksi yang organik di mana perasaan bisa tumbuh.

Us and Them

Hubungan Jian Qing dan Xiao Xiao dalam Us and Them berawal dari sebuah kebetulan: pada Chinese New Year 2007, mereka mengendarai kereta yang sama dari Beijing dan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan mereka dengan berjalan kaki ketika kereta mereka terhenti di tengah jalan. Setelah kembali ke Beijing, mereka tetap menjaga pertemanan yang sudah terjalin. Ketika kedekatan Jian Qing dan Xiao Xiao semakin erat, mereka pun tidak bisa membantah bahwa mereka berdua menginginkan sesuatu yang lebih. Us and Them kemudian menggunakan setiap Chinese New Year di hampir satu dekade selanjutnya untuk menggambarkan poin-poin penting dalam hubungan dan kehidupan mereka. Saat hubungan mereka telah berakhir, ayah Jian Qing mengirimkan surat kepada Xiao Xiao, mendoakan kebahagiaan untuk mereka berdua meskipun tanpa satu sama lain. bahwa di dalam sebuah hubungan romantis tidak hanya melibatkan dua orang saja, tetapi juga orang-orang lain yang bersinggungan dengan hubungan di antara kedua orang tersebut.

Related Articles

Card image
Society
Kembali Merangkul Hidup dengan Filsafat Mandala Cakravartin

Mengusahakan kehidupan yang komplit, penuh, utuh, barangkali adalah tujuan semua manusia. Siapa yang tidak mau hidupnya berkelimpahan, sehat, tenang dan bahagia? Namun ternyata dalam hidup ada juga luka, tragedi dan malapetaka. Semakin ditolak, semakin diri ini tercerai berai.

By Hendrick Tanuwidjaja
10 June 2023
Card image
Society
Melatih Keraguan yang Sehat dalam Menerima Informasi

Satu hal yang rasanya menjadi cukup penting dalam menyambut tahun politik di 2024 mendatang adalah akses informasi terkait isu-isu politik yang relevan dan kredibel. Generasi muda, khususnya para pemilih pemula sepertinya cukup kebingungan untuk mencari informasi yang dapat dipercaya dan tepat sasaran.

By Abigail Limuria
15 April 2023
Card image
Society
Optimisme dan Keresahan Generasi Muda Indonesia

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 2022 lalu, British Council Indonesia meluncurkan hasil riset NEXT Generation. Studi yang dilakukan di 19 negara termasuk Indonesia ini bertujuan untuk melihat aspirasi serta kegelisahan yang dimiliki anak muda di negara masing-masing.

By Ari Sutanti
25 March 2023