Society Art & Culture

Bercerita Dengan Karya

Rasanya kita bisa sepakat bahwa pandemi ini memang tidak mudah bagi semua orang. Musisi dan teman-teman dari industri musik juga tidak lepas dari dampak situasi ini. Bahkan saya pikir industri musik adalah salah satu sektor yang paling awal terdampak dan mungkin akan jadi yang terakhir untuk bisa bangkit. Di saat yang bersamaan saya dan teman-teman musisi lain juga tetap ingin sedikit membantu pihak yang terdampak situasi ini untuk setidaknya meringankan sedikit beban melalui apa yang kita bisa lakukan. Maka banyak juga musisi yang mencoba memaksimalkan sosial media yang kita punya untuk tampil secara virtual.

Untuk bisa tetap bertahan dan berkarya sekarang ini kita mau tidak mau harus mampu beradaptasi. Pada awalnya banyak juga yang berusaha tetap optimis sambil berharap keadaan akan pulih dalam waktu dekat, tapi sulit untuk memastikan kapan ini semua akan berakhir. Mau tidak mau kita lah yang harus bisa beradaptasi dengan keadaan. Kita telah sampai di titik yang bisa kita usahakan adalah mencari posisi ternyaman bagi kita untuk tetap produktif dalam berkarya dan berkomunikasi dengan penggemar serta masyarakat umum. 

Banyak keadaan tak terduga yang harus kita hadapi beberapa waktu ke belakang. Biasanya saat merencanakan sesuatu, kita mencoba melihat masalah apa yang ada di masyarakat dan apa yang bisa kita bantu untuk menguraikan masalah tersebut berdasarkan porsi masing-masing. Saat apa yang kita rencanakan tidak berjalan dengan semestinya, bukan berarti kita gagal dan selesai. Selalu ada jalan lain menuju keinginan kita, jika kita bersedia untuk lebih fleksibel dalam menghadapi masalah yang datang. Di saat seperti ini, kita dituntut untuk bisa lebih kreatif dalam mengatasi masalah-masalah yang hadir. Hal yang mungkin sebelumnya tidak biasa kita gunakan sebelum pandemi mulai coba kita maksimalkan, seperti teknologi dan lain sebagainya. Pada akhirnya kita dituntut untuk menjadi individu yang lebih luwes dalam menghadapi masalah, karena kita harus mulai terbiasa dengan segala ketidakpastian yang terjadi. 

Saat apa yang kita rencanakan tidak berjalan dengan semestinya, bukan berarti kita gagal dan selesai. Selalu ada jalan lain menuju keinginan kita, jika kita bersedia untuk lebih fleksibel dalam menghadapi masalah yang datang.

Saya dan teman-teman di Sun Eater percaya dengan prinsip telling stories that matter. Setiap langkah maupun karya yang kita buat berangkat dari sebuah cerita yang kita anggap penting untuk dibagikan dengan orang lain. Salah satu cara bagi kami untuk bercerita adalah melalui album kompilasi bertajuk “Sounds Cute Might Delete Later”. Album ini juga kami kerjakan bersama-sama dengan artis dari maupun di luar Sun Eater. Saya yakin setiap orang punya cerita yang pantas untuk dibagikan. Tidak hanya musisi, kami juga mengajak manager maupun fotografer kami yang memang tertarik untuk berbagi cerita melalui musik.

Saya dan teman-teman di Sun Eater percaya dengan prinsip telling stories that matter. Setiap langkah maupun karya yang kita buat berangkat dari sebuah cerita yang kita anggap penting untuk dibagikan dengan orang lain.

Salah satu hikmah yang bisa kita ambil dari situasi sekarang yakni sebagai momentum bagi kita untuk bisa berinovasi dan berkolaborasi dengan lebih banyak orang. Ada banyak cara untuk berbagi cerita, tidak hanya terbatas melalui musik. Melalui kolaborasi kita dapat lebih banyak berbagi cerita dengan beragam bentuk mulai dari buku, film, hingga mainan. Situasi yang seakan tanpa ujung saat ini adalah saat yang tepat bagi kita terutama teman-teman yang berkecimpung dalam dunia kreatif untuk saling bergandengan tangan dan memperluas jaringan untuk meramukan inovasi-inovasi baru. 

Saat kita ingin berkolaborasi, kita akan berusaha untuk mencari rekan dengan visi dan misi yang sejalan dengan kita. Terkadang sulit bagi kita untuk menemukan orang yang ingin bersama-sama melakukan inovasi dalam berkarya. Hal ini yang membuat Jakarta Metaverse dapat menjadi opsi menarik bagi kita dalam menemukan teman untuk dapat bekerjasama bertahan di situasi pandemi saat ini. Industri musik akan memulai fase baru, dapat dikatakan kita sedang memulai kembali industri yang terbilang sudah lama terbentuk ini. Artinya, mata kita dibukakan oleh fakta bahwa akan ada lebih banyak peluang yang tersedia jika kita dapat saling bekerjasama dalam berkarya. 

Related Articles

Card image
Society
Tenang Bercerita

Tempaan hidup secara lahir dan batin yang awalnya disimpan dan menumpuk karena mungkin belum paham bagaimana cara merespon perasaan yang hadir. Kemudian emosi dan perasaan itu akhirnya muncul dalam bentuk rasa cemas berlebih yang saya rasakan.

By Syafwin Ramadhan Bajumi
23 April 2022
Card image
Society
Apresiasi Seni di Ruang Publik

Ketika berbicara mengenai apresiasi seni, menurut saya hal ini bisa dilakukan mulai dari cara-cara yang sederhana. Bisa kita mulai dengan memajang karya seni di halaman rumah kita. Kalau mungkin kita memiliki properti lain seperti villa atau restoran, tempat-tempat tersebut juga bisa menjadi opsi bagi kita untuk mengapresiasi karya seni yang juga bisa dilihat oleh publik.

By Hafidh Ahmad Irfanda
16 April 2022
Card image
Society
Perempuan Punya Pilihan

Sebagai seorang wanita yang tinggal di Indonesia, saya merasa sampai sekarang masih ada banyak tantangan yang kita hadapi. Saya merasa halangan pertama justru datang dari dalam diri sendiri, meragukan kemampuan kita dan mempertanyakan apakah kita mampu mengemban suatu peran tertentu.

By Fitria Sofyani
09 April 2022